Cara Mengatasi Gagal Flashing MIUI Via TWRP dengan Mudah

Diposting pada

Ingin ganti ROM tak perlu takut error jika Anda mengikuti cara mengatasi gagal flashing MIUI via TWRP berikut ini. Dengan cara ini Anda bisa berganti ROM tanpa takut terjadi error atau gagal flashing.

Anda pengguna HP Xiaomi dan sering berganti ROM, Anda harus juga tahu cara mengatasi gagal flashing MIUI via TWRP. Cara ini akan sangat membantu ketika setelah melakukan custom ROM dan ingin kembali ke MIUI. Salah satu cara flashingnya adalah melalui TWRP ini. Namun tak jarang pula ketika melakukan flashing ini terjadi error. Inilah fungsinya Anda mengetahui cara tersebut.

Cara Mengatasi Gagal Flashing MIUI Via TWRP dengan Mudah

Mana yang Lebih Baik, Custom ROM Atau MIUI?

Sebelum mencari tahu bagaimana cara mengatasi gagal flashing MIUI via TWRP, ada satu pertanyaan yang mungkin sering ditanyakan oleh pengguna Xiaomi. Pasti banyak juga pengguna HP Xiaomi yang penasaran, mana yang lebih baik, apakah menggunakan custom ROM ataukah menggunakan ROM bawaan dari Xiaomi, MIUI? Jika ditanya demikian, maka sebenarnya tergantung pada pengguna dan penggunaannya.

Jika Anda lebih nyaman menggunakan MIUI, maka tidak perlu menggunakan custom ROM. Namun tak jarang pula pengguna yang lebih nyaman jika menggunakan custom ROM, karena itu lebih memilih custom ROM. Hal penting yang harus Anda perhatikan adalah ketika menginstal ROM apapun itu, pastikan filenya lengkap dan tidak ada yang corrupt. Jika ada file yang corrupt maka otomatis akan membuat proses instalasi tidak bisa berjalan sempurna.

Cara Mengatasi Gagal Flashing MIUI Via TWRP

Gagal saat flashing MIUI via TWRP mungkin sering terjadi bagi Anda yang suka bergonta-ganti ROM. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa trik mengatasi gagal flashing MIUI via TWRP yang mudah. Trik pertama adalah dengan melakukan wipe dulu sebelum melakukan flashing. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka TeamWin > Wipe

Langkah pertama sebagai cara mengatasi gagal flashing MIUI via TWRP yang pertama adalah buka ‘TeamWin’. Di dalamnya nanti Anda akan menemukan beberapa menu. Klik pada menu ‘Wipe’.

2. Pilih ‘Advanced Wipe’ dan Wipe Cache dan Data

Langkah selanjutnya, di dalam menu ‘Wipe’ akan ada beberapa menu lagi. Pilih ‘Advanced Wipe’. Setelah itu akan ditampilkan pada bagian mana saja yang akan dilakukan wipe. Untuk memilih bagian yang akan dibersihkan, centang pada ‘Dalvik Cache’, ‘Cache, ‘System’ dan ‘Data’.

3. Swipe to Wipe

Terakhir, untuk melanjutkan proses pembersihan, lakukan perintah swipe to wipe yang artinya geser untuk melanjutkan proses pembersihan. Jika sudah selesai Anda bisa kembali ke menu utama. Proses pembersihan ini adalah proses yang penting dalam cara mengatasi gagal flashing MIUI via TWRP.

Nah, setelah melakukan pembersihan, untuk menghindari agar tidak terjadi kesalahan atau error, Anda juga harus melakukan unmount pada partition systemnya. Langkah ini juga menjadi cara mengatasi gagal flashing MIUI via TWRP yang sering terjadi saat berpindah ROM.

1. Pilih Mount

Di dalam TWRP yang merupakan aplikasi pemulihan ini akan tersedia berbagai pilihan menu yang bisa Anda gunakan. Selain menu wipe yang digunakan untuk membersihkan cache tadi, di dalam cara mengatasi gagal flashing MIUI via TWRP, Anda juga harus melakukan unmount pada sistem partition yang digunakan.

Untuk melakukan unmount ini, pada TWRP pilih menu ‘Mount’ terlebih dahulu. Setelah itu akan ditampilkan pilihan apa saja yang ingin Anda unmount.

2. Centang Cache

Sama seperti langkah wipe sebelumnya, bagian yang harus Anda unmount adalah bagian cache. Berikan centang pada bagian data dan cache. Namun berbeda dengan prosedur sebelumnya, pada proses ini, jangan mencentang pada bagian sistem.

3. Kembali ke Menu Utama

Jika sudah mencentang semua dan melakukan proses unmount, selanjutnya kembali ke menu utama.

Jika sudah selesai, maka proses atau cara mengatasi gagal flashing MIUI via TWRP sudah bisa Anda lanjutkan ke proses selanjutnya. Proses selanjutnya ini adalah proses instalasi. Berikut ini adalah langkah-langkah instalasinya.

A. Pilih Menu Instal

Masih dari TWRP, setelah melakukan proses wiping dan unmount seperti yang dijelaskan sebelumnya, langkah selanjutnya adalah memulai proses instalasi. Untuk memulai proses instalasi ini, dari aplikasi TWRP, pilih menu ‘Install’.

B. Pilih ROM yang Diinginkan

Jika sudah memilih menu ‘Install’, selanjutnya Anda harus memilih ROM yang ingin Anda download. Akan ada beberapa jenis ROM yang bisa Anda pilih. Tinggal pilih ROM mana yang ingin Anda gunakan.

C. Swipe to Install

Sama seperti pada proses sebelumnya, untuk melanjutkan proses selanjutnya, tinggal swipe layar. Pilih swipe to install untuk melanjutkan proses instalasi.

Langkah terakhir dari cara mengatasi gagal flashing MIUI via TWRP adalah tinggal tunggu proses instalasi selesai. Setelah selesai maka akan ada notifikasi ‘Selesai’ dan proses flashing pun selesai.

Itulah tadi langkah-langkah lengkap danĀ  cara mengatasi gagal flashing MIUI via TWRP yang mudah. Hal lain yang tak kalah penting sebelum Anda melakukan flashing ROM ini adalah jangan lupa untuk melakukan backup system pada ponsel Xiaomi Anda ke perangkat lain. Dengan begitu nantinya bisa mencegah terjadinya error ketika Anda melakukan flashing.