Cara Mengatasi Gagal Flashing Xiaomi dengan Command Prompt

Diposting pada

Ketika gagal flashing, maka cara mengatasi gagal flashing Xiaomi dengan command prompt bisa menjadi solusi Anda. Beberapa cara akan dijelaskan di ulasan berikut.

Mengetahui cara mengatasi gagal flashing Xiaomi dengan command prompt sangat dibutuhkan oleh para pengguna smartphone ini. Cara ini adalah salah satu cara yang bisa dilakukan ketika Anda mengalami gagal flash karena beberapa proses flashing memang membutuhkan cara khusus agar proses falshing berjalan dengan sukses.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gagal flash ini. Cara mengatasi gagal flashing Xiaomi dengan command prompt ini hanya salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Sebelum memulai prosedur flashing, ada beberapa hal yang harus Anda pastikan pada ponsel Anda. Pertama adalah, pastikan ponsel Anda sudah menjalani proses Unlock Bootloader. Selain sudah melakukan UBL, pastikan juga ROM Anda tidak corrupt, bisa diekstrak serta bersih dari adanya virus. Hal ini akan mencegah terjadinya gagal flashing karena hal-hal yang berkaitan dengan file.

Cara Mengatasi Gagal Flashing Xiaomi dengan Command Prompt

Ciri Ketika Flashing Gagal

Melakukan flashing tidak selalu ada jaminan berhasil. Ada kalanya proses flashing ini juga mengalami kegagalan karena beberapa penyebab. Kegagalan flashing biasanya terjadi ketika Anda akan melakukan update ROM dengan MiFlash. Setelah perangkat terdeteksi, kemudian akan melanjutkan ke proses flashing, namun kemudian terdapat pemberitahuan error.

Unexpected error(0x80004005: Missmatching and Device Error)

Jika terjadi demikian, maka itu berarti proses flashing yang Anda lakukan gagal. Ada beberapa penyebab kenapa flashing ini gagal. Salah satunya adalah karena ROM yang akan diguanakan sebenarnya tidak singkron atau tidak sesuai dengan tipe ponsel yang Anda gunakan. Tak perlu khawatir karena hal ini bisa diatasi dengan cara mengatasi gagal flashing Xiaomi dengan Command Prompt.

Solusi command prompt sebagai salah satu cara mengatasi gagal flashing Xiaomi ini tidak bisa dilakukan jika tidak menggunakan perangkat lain berupa komputer. Untuk menggunakan cara ini, Anda bisa menggunakan PC dengan sistem operasi Windows 7, 8 maupun 10. Caranya juga cukup mudah dan tidak terlalu menguras banyak waktu.

Cara Mengatasi Flashing Gagal pada Xiaomi melalui Command Prompt

Eror seperti yang dijelaskan sebelumnya bisa saja terjadi ketika Anda melakukan flashing. Lalu bagaimana cara mengatasinya jika terjadi eror saat melakukan flashing? Tak perlu khawatir, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan command prompt. Langkah berikut ini bisa Anda terapkan sebagai cara sukses untuk mengatasi gagal flashing Xiaomi dengan Command prompt.

1. Masuk ke Menu Fasboot

Langkah pertama dari cara mengatasi gagal flashing Xiaomi dengan command prompt yang pertama adalah Anda harus masuk ke menu Fastboot. Caranya adalah dengan menekan tombol power dan tombol volume (+) up secara bersamaan sampai timbul getaran beserta beberapa pilihan tindakan. Pilih ‘Fastboot’ dan tunggu hingga muncul gambar robot android.

2. Hubungkan Ponsel ke PC

Setelah melakukan fastboot, langkah selanjutnya dari cara mengatasi gagal flashing Xiaomi dengan command prompt adalah menghubungkan ponsel Anda ke PC dengan menggunakan USB. Untuk menjamin, lebih baik Anda menggunakan USB original Xiaomi.

3. Extract File Fastboot dan Copy ke Folder C

Langkah selanjutnya setelah Anda berhasil menghubungkan ponsel Anda ke komputer adalah ekstrak file fastboot Anda. File fastboot ini biasanya memiliki ekstensi .tgz.

Setelah mengekstrak file fastboot Anda, langkah selanjutnya dari cara mengatasi gagal flashing Xiaomi dengan command prompt adalah salin file fastboot Anda ke dalan folder C di komputer Anda. Temukan folder Android di dalam folder C komputer Anda. Masuk ke Folder C lalu pilih Folder ‘Programs Files’ lalu pilih ‘Xiaomi’ kemudian pilih lagi ‘MiPhone’ kemudian cari folder ‘Google’ dan terakhir ‘Android’.

4. Tekan Shift + Klik Kanan

Setelah menyalin file command prompt Anda ke dalam folder program files di komputer, langkah selanjutnya dari cara mengatasi gagal flashing Xiaomi dengan command prompt adalah, pada file yang baru saja Anda salin tadi, tekan¬† tombol ‘Shift’ pada keyboard komputer, bersamaan dengan klik kanan. Lakukan secara bersamaan. Maka selanjutnya akan ditampilkan beberapa pilihan menu.

5. Pilih pada Opsi ‘Open Command Window Here’

Setelah melakukan langkah tadi, dan Anda melihat beberapa menu yang ditampilkan, langkah selanjutnya dari cara mengatasi gagal flashing Xiaomi dengan command prompt ¬†pilih pada opsi ‘Open Command Window Here’.

6. Paste Code Berikut

Setelah memilih command window, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah paste atau tempel kode-kode yang dibutuhkan.

fastboot flash tz tz.mbn
fastboot flash dbi sdi.mbn
fastboot flash sbl1 sbl1.mbn
fastboot flash rpm rpm.mbn
fastboot flash aboot emms_appsboot.mbn
fastboot erase boot
fastboot flash misc misc.img
fastboot flash modem NON-HLOS.bin
fastboot flash system system.img
fastboot flash cache cache.img
fastboot flash userdata userdata.img
fastboot flash recovery recovery.img
fastboot flash boot boot.img
fastboot reboot

Setelah Anda masukkan kode yang dibutuhkan, maka ponsel Anda akan melakukan restart secara otomatis. Sebenarnya cara ini sedikit rawan terutama untuk ponsel keluaran terbaru, seperti Redmi 5 plus, MI A1, Mi6 dan seterusnya. Akan ada kemungkinan juga ponsel Anda akan mati total. Itulah tadi pembahasan lengkap tentang cara mengatasi gagal flashing Xiaomi dengan command prompt yang bisa menjadi alternatif cara mengatasi gagal Flashing.