Cara Mengatasi jika Internet Banking BCA Tidak Bisa Login

Diposting pada

Anda mengalami kendala internet banking BCA tidak bisa login? Perhatikan penyebab dan bagaimana cara mengatasinya seperti di bawah ini.

Ketika melakukan transaksi melalui internet banking pasti ada kendala yang pernah dialami seperti internet banking BCA tidak bisa login. Masalah ini adalah masalah paling umum dan paling sering dialami oleh pengguna layanan internet banking, termasuk pengguna internet banking BCA. Ketika mengalami masalah atau kendala seperti ini, ada beberapa informasi yang harus Anda ketahui untuk mengatasinya.

Sebagai metode transaksi yang menyediakan kemudahan bagi nasabahnya salah satu inovasi layanan perbankan yang saat ini sangat disukai oleh nasabahnya. Melalui internet banking, nasabah bisa Melania layanan perbanlan apapun hanya dengan satu sentuhan jari.

Cara Mengatasi jika Internet Banking BCA Tidak Bisa Login

Penyebab Internet Banking Error

Ketika menggunakan layanan internet banking ini, tak sedikit pula nasabah yang sering mengalami kendala atau masalah saat menggunakannya. Ada beberapa hal yan mungkin bisa menyababkan layanan internet banking error. Seperti beberapa penyebab berikut ini.

1. Situs KlikBCA sedang Diperbaiki

Hal pertama yang mungkin menjadi penyebab internet banking BCA tidak bisa login adalah karena situs klikBCA sedang dalam masa perbaikan. Hal ini memang jarang terjadi, namun bukan berarti tidak pernah terjadi. Jika seandainya hal ini terjadi, biasanya nasabah akan diberi informasi lebih dulu melalui berbagai layanan sosial media BCA.

Dalam pemberitahuan tersebut akan disebutkan jika situs klikBCA akan diperbaiki sehingga nasabah mungkin mengalami kendala saat menggunakannya termasuk untuk login. Karena itu, guna mendapatkan update atau informasi terbaru mengenai layanan dan hal-hal lainnya, ada baiknya memang Anda harus mengikuti akun media sosial lembaga perbankan yang Anda gunakan.

2. Kartu ATM BCA Diblokir

Ketika akan membuat akun internet banking BCA, nasabah biasanya akan diberi persyaratan yang harus dipenuhi. Salah sayu persyaratan yang harus dipenuhi tersebut adalah memiliki akun rekening di bank BCA serta memiliki Kartu ATM yang masih aktif.

Ketika sudah memiliki akun internet banking dan kemudian Anda mengalami kendala internet saat menggunakannya seperti internet banking BCA tidak bisa login, maka bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena kartu Anda sedang diblokir. Jika kartu ATM sedang diblokir maka otomatis Anda tidak akan bisa melakukan transaksi apapun. Untuk mengatasinya, segera datang ke kantor cabang Bank BCA agar masalah Anda bisa segera diatasi.

Hal yang juga perlu Anda ketahui adalah penyebab kenapa ATM Anda ini bisa terblokir. ATM nasabah bank apapun akan diblokir secara otomatis oleh sistem apabila Anda salah memasukkan kode akses PIN sebanyak 3 kali berturut-turut.

Jika Anda salah memasukkan PIN ATM sebanyak tiga kali berturut-turut, sistem akan menganggapnya sebagai orang asing sehingga akan langsung memblokir kartu tersebut. Jika sudah demikian jalan satu-satunya adalah memperbaiki ATM tersebut di kantor cabang Bank BCA terdekat.

3. Salah Input PIN Internet Banking BCA

Tidak hanya salah saat memasukkan PIN ATM BCA saja, masalah nasabah berupa internet banking BCA tidak bisa login selanjutnya juga bisa disebabkan karena nasabah salah saat memasukan PIN Internet banking BCA.

Ketika mulai mendaftarkan akun rekening BCA untuk bisa menikmati layanan internet banking, hal paling penting adalah membuat PIN internet banking untuk bisa mengakses internet banking Anda. Ketika mendaftar, berbagai sumber pasti akan menekankan poin pembuatan PIN internet banking ini berbeda dengan PIN ATM. Karena itulah ketika mendaftar internet banking pertama kali, perhatikan ketika akan membuat PIN internet banking ini.

Hal ini sebenarnya adalah masalah atau penyebab sepele yang sering dialami oleh nasabah ketika akan mengakses internet banking. Kebanyakan nasabah biasanya kebingungan antara PIN ATM dan PIN internet banking. Untuk menghindari hal tersebut biasanya banyak nasabah yang mengatur PIN internet banking ini sama dengan PIN ATM yang digunakannya. Dengan begitu resiko internet banking BCA  tidak bisa login karena  lupa PIN untuk mengakses internet banking bisa diminimalisir.

Cara Mengatasi Internet Banking BCA Error

Ketika internet banking BCA tidak bisa login atau mengalami error pasti akan sangat mengganggu nasabah dalam melakukan transaksi. Ketika tidak bisa login, maka secara otomatis nasabah juga tidak akan bisa menggunakan layanan internet banking ini untuk melakukan transaksi. Oleh karena itu, Anda bisa menerapkan cara mengatasi internet banking BCA tidak bisa login dengan cara berikut ini.

1. Menunggu Hingga Proses Maintanance atau Perbaikan Situs KlikBCA

Cara pertama untuk mengatasi ketika internet banking BCA tidak bisa login akibat situs klikBCA yang sedang diperbaiki tentu saja dengan menunggu hingga proses perbaikan selesai. Masa menunggu perbaikan atau maintanance situs klikBCA ini juga tidak pasti. Bisa jadi proses perbaikannya hanya membutuhkan waktu sebentar, bisa sehari bisa juga berhari-hari.

Karena itulah dengan mengikuti setiap akun media sosial lembaga perbankan Anda akan terus mendapat update mengenai proses perbaikan situs tersebut. Sebagai gantinya, selama situs klikBCA sebagai satu-satunya media melakukan internet banking ini sedang diperbaiki, untuk melakukan transaksi Anda bisa menggunakan ATM BCA agar Anda bisa tetap melakukan transaksi.

2. Mengurus Kembali Kartu ATM jika Hilang atau Terblokir

Alasan selanjutnya yang membuat internet banking BCA tidak bisa login adalah karena ATM BCA yang Anda gunakan dalam status terblokir. Kartu ATM terblokir ini bisa disebabkan karena dua hal, yang pertama adalah karena Anda salah memasukkan PIN ATM BCA ketika akan melakukan transaksi sebanyak 3 kali berturut-turut, yang kedua adalah karena kartu ATM BCA Anda hilang.

Ketika kartu ATM BCA hilang, memang prosedur untuk mengamankan akun Anda dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab adalah menghubungi pihak BCA untuk meminta memblokir kartu ATM Anda. Karena itu ketika Anda mengalami kendala saat akan login ke internet banking BCA karena ATM yang diblokir, langkah penyelesaiannya adalah dengan datang ke kantor cabang BCA dan melakukan prosedur penggantian kartu ATM atau prosedur mengakses kembali ATM setelah lupa password. Jangan lupa untuk membawa berkas-berkas yang dibutuhkan.

3. Coba Ingat Kembali PIN Internet Banking BCA Anda

Penyebab terakhir yang membuat internet banking BCA tidak bisa login adalah karena lupa PIN atau kode akses internet banking BCA. Kode akses atau PIN BCA ini sangat penting karena jika Anda lupa maka Anda tidak akan bisa mengakses internet banking BCA Anda. Jika Anda tidak bisa mengakses internet banking BCA Anda, maka otomatis Anda tidak akan bisa melakukan transaksi apapun melalui internet banking ini.

Karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, cobalah mengingat kembali kode akses atau PIN internet banking Anda. Apabila memang Anda benar-benar lupa, cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah reset PIN dan buat PIN lagi melalui situs klikBCA.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang penyebab internet banking BCA tidak bisa login dan bagaimana cara Mengatasinya. Kemudahan transaksi yang ditawarkan melalui layanan internet banking tentu akan membuat Anda bisa melakukan transaksi apapun dan dimanapun. Namun, jika Anda tidak bisa mengakses internet banking juga pasti akan sangat mengganggu transaksi. Oleh karena itu, perhatikan penjelasan di atas untuk mengatasinya.