Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp yang Tidak Bunyi dengan Mudah

Diposting pada

Beberapa cara mengatasi notifikasi whatsapp yang tidak bunyi dapat dilakukan dengan mudah. Simak tips dan triknya di sini.

Cara mengatasi notifikasi whatsapp yang tidak bunyi sering dicari oleh banyak orang. Sekarang ini WhatsApp atau WA sudah menjadi platform komunikasi paling terkenal di Indonesia. Hampir semua orang kini melakukan komunikasi dengan saling mengirim pesan di WA.

Masalah akan muncul ketika notifikasi WA tidak mau berbunyi. Alhasil, pemilik HP tidak tahu jika ada pesan WA masuk. Bagaimana cara mengatasi masalah ini? Simak penjelasannya di bawah ini agar solusi dari notifikasi WA yang tidak berbunyi bisa diatasi.

Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp yang Tidak Bunyi dengan Mudah

Apa yang Menyebabkan Notifikasi WhatsApp Tidak Bunyi?

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan tidak berbunyinya notifikasi WA di HP. Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi notifikasi whatsapp yang tidak bunyi, simak dulu beberapa faktor penyebabnya di bawah ini sehingga kamu bisa mencegah masalah yang sama terulang lagi di kemudian hari.

1. Volume HP Terlalu Kecil

Salah satu cara mengatasi notifikasi whatsapp yang tidak bunyi adalah dengan mengutak-atik volume HP. Mengapa demikian? Ternyata, salah satu penyebab terbesar dari notifikasi WA yang tidak mau berbunyi adalah karena volume HP yang digunakan terlalu kecil.

Tentu saja jika level volume dalam keadaan minimal, notifikasi apapun tidak akan terdengar. Karenanya, level volume harusnya disetel sedikit lebih kencang agar jika ada WA, pesan SMS, telepon, atau notifikasi dari aplikasi lainnya tetap lebih mudah terdengar.

2. HP dalam Keadaan “Mute”

Di kebanyakan smart phone jaman sekarang, disediakan profile volume untuk bisa disetel dengan mudah. Contohnya, profil umum, profil rapat, dan profil diam atau “mute”. Jika smart phone atau HP disetel dengan profil diam atau “mute”, tentu saja tidak akan ada notifikasi yang terdengar, baik itu dari WA atau dari aplikasi lain.

Profil diam ini memang sengaja dibuat demikian bagi orang-orang yang sedang tidak mau diganggu dengan suara berbagai notifikasi masuk namun tetap ingin HP-nya aktif dan menyala. Cara mengatasi notifikasi whatsapp yang tidak bunyi karena hal ini adalah dengan memindah profil suara HP dari diam ke yang lainnya.

3. Notifikasi WhatsApp Tidak Dinyalakan

Di ponsel pintar, terdapat pengaturan khusus di mana tiap aplikasi bisa disetel akan dibunyikan notifikasinya atau tidak. Jika pemilik HP tidak sengaja mematikan fitur notifikasi pada aplikasi WA, tentu saja tidak akan ada pesan notifikasi yang terdengar.

Meski ada banyak pesan baru WA masuk ke HP, HP tidak akan berbunyi sama sekali. Untuk cara mengatasi notifikasi whatsapp yang tidak bunyi karena hal ini, notifikasi WA harus dinyalakan. Caranya akan dijelaskan nanti di bawah.

4. Speaker HP Rusak

Faktor terakhir yang mungkin menyebabkan notifikasi WA tidak muncul adalah karena speaker HP yang rusak. Jika pemilik HP sudah mengecek semua kemungkinan, termasuk membesarkan volume, memindah profil suara, dan menyalakan notifikasi, namun semua itu tetap tidak membuat ada suara notifikasi WA yang terdengar, maka kemungkinannya ada yang salah dengan speaker HP.

Cara Menyalakan Kembali Notifikasi WhatsApp

Karena faktor penyebab tidak berbunyinya notifikasi WA sudah dijelaskan di atas, kini saatnya mengetahui apa saja trik mengatasi notifikasi whatsapp yang tidak bunyi untuk membuat suara notifikasi WA terdengar kembali. Simak cara-caranya berikut ini.

A. Memperbesar Volume Suara HP

Untuk cara mengatasi notifikasi whatsapp yang tidak bunyi karena masalah volume suara yang terlalu kecil, cara mengatasinya sangat mudah:

  1. Pencet tombol volume eksternal yang ada di sisi kanan atau sisi kiri HP. Pencet tombol bagian atas.
  2. Atur volume setidaknya lebih dari setengah sehingga notifikasi WA terdengar.

B. Mematikan Profile “Mute”

Untuk mematikan profile diam atau “mute” dan membuat notifikasi WA bisa didengar kembali, langkah-langkahnya adalah:

  1. Tarik ke bawah notifikasi bar yang ada di layar utama smart phone, pilih bagian “Sound Profile”.
  2. Pilih profile “general” atau umum yang biasanya diberi ikon speaker, bukan speaker yang dicoret karena itu adalah icon dari profile “mute”.

C. Mengaktifkan Notifikasi WhatsApp

Jika masalah tidak berbunyinya notifikasi WA ada pada pengaturan notifikasinya, cara mengatasi notifikasi whatsapp yang tidak bunyi karena hal tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke aplikasi WA kemudian tap pada ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas.
  2. Ada beberapa pilihan di situ, pilih opsi “Notifikasi”
  3. Cari tulisan “Conversation Tones” dan pastikan ada tanda centang di sebelahnya. Jika belum tercentang, beri tanda centang agar pesan WA berbunyi.
  4. Pilih nada deringnya sesuai selera.

D. Memperbaiki Speaker HP

Bisa jadi speaker mengalami kerusakan sehingga tidak ada notifikasi apapun yang masuk, bukan hanya notifikasi WA. Cara mengatasi notifikasi whatsapp yang tidak bunyi karena masalah speaker biasanya harus dilakukan oleh ahlinya. Segera bawa HP ke service center untuk mengecek masalah speakernya.

Ada banyak faktor penyebab dan cara mengatasi notifikasi whatsapp yang tidak bunyi. Intinya, jika pesan WA tidak ada yang masuk notifikasinya, cari tahu dulu penyebabnya dan lakukan solusi seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi.