Cara Mengatasi Softbrick / Stuck di Logo Xiaomi dengan Mudah

Diposting pada

Sedikit orang mengetahui cara mengatasi softbrick / stuck di logo Xiaomi meskipun masalah ini merupakan masalah umum. Artikel ini akan memberi penjelasan yang rinci.

Masih banyak pengguna yang tidak mengetahui cara mengatasi softbrick / stuck di logo Xiaomi meskipun kondisi ini cukup umum ditemui oleh orang-orang. Anda tidak perlu lagi khawatir ketika menjumpai permasalahan ini dalam penggunaan smartphone Xiaomi Anda. Artikel ini akan menjelaskan hal-hal yang perlu Anda lakukan secara jelas dan runtut.

Cara Mengatasi Softbrick / Stuck di Logo Xiaomi dengan Mudah

Kondisi Softbrick pada Smartphone Xiaomi

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai cara mengatasi softbrick / stuck di logo Xiaomi, ada baiknya jika Anda memahami apakah yang dimaksud dengan hal ini. Ketika smartphone mengalami softbrick (dikenal juga dengan istilah bootloop), pengguna tidak bisa mengakses homescreen. Akibatnya, smartphone tidak dapat menjalankan fungsinya dengan optimal.

Kondisi merupakan akibat dari proses booting yang tidak sukses atau terjadinya proses restart ketika pengguna menekan tombol power. Terdapat beberapa hal yang dapat menjadi alasan kegagalan booting yang mengakibatkan softbrick. Salah satu alasan umum adalah penggantian ROM yang terlalu sering. Sistem menjadi bermasalah karena tombol power yang sangat sering ditekan.

Tipe-tipe Softbrick Berdasarkan Tingkat Keparahannya

Sesungguhnya, pengguna tidak perlu khawatir ketika mempelajari cara mengatasi softbrick / stuck di logo Xiaomi karena metodenya cukup sederhana, apalagi jika dibandingkan dengan cara menanggulangi smartphone yang mengalami hardbrick. Akan tetapi, terdapat beberapa hal yang diketahui sebelum Anda mencoba langkah penanggulangan.

Softbrick sendiri memiliki tiga level berbeda yang didasarkan pada tingkat keparahannya. Pengetahuan mengenai hal ini akan menjadi dasar solid agar Anda dapat mengaplikasikan cara mengatasi softbrick / stuck di logo Xiaomi. Berikut merupakan kategorisasinya.

1. Softbrick Level Berat

Ketika smartphone mengalami softbrick pada level ini, smartphone tidak dapat diakses karena hanya logo MI yang terlihat. Pengguna tidak bisa mengakses mode untuk melakukan fastboot dan juga recovery. Tentunya untuk menanggulangi permasalahan ini, cara yang dilakukan akan lebih rumit.

2. Softbrick Level Sedang

Smartphone yang mengalami kondisi softbrick pada level sedang akan menunjukkan logo MI saja ketika dinyalakan. Meskipun begitu, ketika pengguna mencoba untuk mengakses mode fastboot atau recovery, hal tersebut masih dimungkinkan. Oleh karena itu, kemungkinan besar cara mengatasi softbrick / stuck di logo Xiaomi masih dapat dilakukan dengan mengakses kedua mode tersebut.

3. Softbrick Level Ringan

Secara umum, Anda masih dapat mengakses smartphone Anda seperti biasa ketika mengalami softbrick level ini. Yang menjadi persoalan adalah smartphone Anda akan mengalami restart atau hang ketika digunakan. Hal ini tentunya cukup menjengkelkan bagi pengguna smartphone Xiaomi.

Apakah ada tips mudah mengatasi softbrick / stuck di logo Xiaomi? Bagian berikut dari artikel ini akan membahas mengenai cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk menanggulangi masalah softbrick.

Cara Mengatasi Softbrick / Stuck di Logo Xiaomi

Sebelum mempelajari cara mengatasi softbrick / stuck di logo Xiaomi, perlu diingat bahwa metode yang dijelaskan di bagian berikut ditujukan bagi pengguna smartphone merk ini yang menggunakan prosesor Snapdragon. Apabila smartphone Anda menggunakan Mediatek, maka terdapat metode lain yang dapat dilakukan.

Terdapat beberapa prasyarat yang harus dipenuhi sebelum Anda melakukan proses untuk mengatasi masalah ini. Anda harus mempersiapkan laptop atau komputer yang di dalamnya telah terinstal beberapa software. Software yang dimaksud di antaranya adalah flash tool, ROM fastboot, QLoader driver, ADB installer, dan USB driver untuk Android.

Selain itu, Anda harus mempersiapkan kabel USB yang kompatibel dengan smartphone Anda. Lebih baik jika kabel yang digunakan merupakan kabel original. Baterai smartphone Anda juga disarankan penuh atau minimal 50%. Anda juga harus memastikan bahwa smartphone telah berada dalam mode fastboot.

Apabila semua prasyarat tersebut telah dipenuhi, maka Anda dapat segera bekerja untuk melakukan perbaikan dari masalah ini. Berikut merupakan cara mengatasi softbrick / stuck di logo Xiaomi.

  • Melakukan instalasi software yang telah terdaftar di atas dengan sempurna pada komputer Anda.
  • Menjalankan program flash tool sebagai administrator.
  • Melakukan turn off perangkat smartphone lalu masuk ke mode fastboot dengan menekan tombol power dan volume down pada saat bersamaan.
  • Mengakses folder bernama c:\adb\ lalu mengklik tombol shift dan klik kanan bersamaan. Klik “Open Command Window Here”/
  • Memastikan bahwa smartphone telah dideteksi dengan melakukan protocol fastboot devices.
  • Melakukan protocol fastboot oem dl.
  • Mengakses program flash tool lalu mengklik tombol Refresh.
  • Memilik select untuk mengakses lokasi penyimpanan ROM.
  • Membersihkan seluruh isi folder tersebut dan mengklik tombol Flash untuk melakukan flashing. Menunggu hingga proses selesai.
  • Dengan begitu cara mengatasi softbrick / stuck di logo Xiaomi telah lengkap dan Anda dapat menggunakan smartphone seperti biasa.

Akan tetapi, Anda perlu hati-hati apabila cara mengatasi softbrick / stuck di logo Xiaomi yang telah dijelaskan di atas tidak efektif. Kemungkinan terjadi masalah pada komponen eMMC di smartphone Anda. Jika hal tersebut terjadi, segeralah mengontak profesional atau gerai resmi.