Cara Mengatasi WhatsApp yang Tidak Bisa Video Call dengan Tepat

Diposting pada

Cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa video call bisa dilakukan dengan beberapa cara. Ulasan lengkapnya akan dibahas dibawah ini.

Cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa video call sangat penting ketika Anda tidak bisa akses Video Call di aplikasi ini. Seperti yang telah diketahui, WhatsApp menjadi aplikasi komunikasi populer dengan ratusan ribu bahkan jutaan pengguna. Anda dapat mengirim pesan, gambar, dan file. Selain itu, pengguna juga mampu melakukan panggilan telepon dan video call.

Video call sudah tidak asing lagi karena teknologi ini tergolong cukup lama. Anda dapat melihat wajah lawan bicara secara langsung ketika berkomunikasi. Tentu saja, masing-masing pengguna harus melakukannya dengan perangkat berkamera depan.

Namun, gangguan Video Call sangat sering terjadi dibandingkan telepon atau mengirim teks. Beberapa hal yang menjadi penyebabnya diantaranya berkaitan dengan perangkat, aplikasi, koneksi, dan system. Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa video call, simak ulasan berikut ini.

Cara Mengatasi WhatsApp yang Tidak Bisa Video Call dengan Tepat

Cara Mengatasi WhatsApp yang Tidak Bisa Video Call

Pembahasan selanjutnya terkait dengan cara menanggulangi WhatsApp yang tidak bisa video call. Daftar berikut menjelaskan beberapa faktor yang umum terjadi, bahkan sudah sangat sering. Selain itu, setiap faktor juga disertai penyelesaian masalah agar VC lancar.

1. Update WhatsApp keversi terbaru

WhatsApp pertama kali tersedia untuk Android versi 4.3 kemudian berkembang hingga versi terbaru. Ketika versi aplikasi di perangkat Anda adalah versi lama, Anda akan menerima notifikasi untuk update ke versi terbaru. Update akan meningkatkan fitur dan stabilitas aplikasi.

Namun, Anda juga harus update secara mandiri tanpa menunggu pemberitahuan. Update berkala adalah solusi jitu cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa video call. Untuk mengetahui apakah ada versi terbaru WhatsApp, Anda harus mengunjungi Play Store. Pilih WhatsApp lalu tap update. Proses update mulai berjalan dan tunggu hingga selesai. Setelah itu, Anda buka kembali aplikasi dan melakukan video call.

2. Koneksi internet

WhatsApp menggunakan internet untuk berkomunikasi. Aplikasi ini berbeda dengan sms atau telepon biasa yang masih analog. Untuk berjalan lancar, Anda harus pastikan koneksi berjalan baik. Video Call menghabiskan banyak data dibanding telepon dan kirim pesan. Oleh karena itu, koneksi harus tersedia dan menunjang kebutuhan video call tersebut.

Untuk perangkat Android, cek koneksi lebih mudah di bagian setting atau pengaturan. Cek mobile data atau wifi yang Anda gunakan. Setelah itu, buka kembali aplikasi WhatsApp dan mulai kirim pesan. Setelah lancar, Anda coba untuk Video Call ke teman atau perangkat lain. Cara lain untuk mengecek koneksi adalah dengan membuka Youtube. Jika lancar memainkan video, koneksi Anda tidak mengkhawatirkan bahkan menunjang video call. Jadi cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa video call yang lain adalah mengecek koneksi.

3. Masalah ada di lawan bicara

Koneksi sudah lancar dan WhatsApp telah versi baru, tetapi masih menerima gangguan ketika video call. Anda tidak perlu panik karena masalah mungkin bukan di perangkat Anda. Sebaliknya, permasalahan ada di lawan bicara. Cobalah untuk mengirim pesan dan menanyakan apakah koneksi disana stabil atau tidak. Selain itu, ingatkan untuk update WhatsApp ke versi baru.

Teman Anda dapat menggunakan cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa video call yang telah disebutkan sebelumnya. Jika Anda dan teman berada di satu daerah, gangguan cepat teratasi. Sebaliknya, posisi Anda mungkin sangat jauh bahkan di luar negeri sehingga butuh konfigurasi di area masing-masing terkait koneksi.

4. Hapus cache

Cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa video call selanjutnya adalah hapus cache. Ikuti petunjuk berikut untuk menghapus cache di aplikasi WhatsApp.

  • Buka setting atau pengaturan
  • Pilih aplikasi dan tap WhatsApp
  • Pilih hapus cache

Ketika mengimplementasikan cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa video call untuk opsi ini, Anda harus paham mengenai cache itu sendiri. Cache adalah data yang tersimpan ketika akses aplikasi. Contoh paling mudah adalah saat Anda membuka status dan data tersebut tersimpan di cache. Anda akses WhatsApp setiap saat dan cache yang tersimpan semakin banyak. Tentu saja, menghapus cache tidak menghilangkan foto atau file yang terkirim di Whasapp dari orang lain.

5. Uninstall dan install ulang

Cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa video call yang terakhir adalah uninstall dan install ulang. Anda sudah menghapus cache dan update versi terbaru. Namun, masalah masih belum teratasi karena tidak bisa video call. Anda juga sudah menghubungi teman untuk mengecek koneksi dan semuanya berjalan lancar. Cara terakhir adalah uninstall aplikasi lalu restart perangkat. Setelah itu, Anda mengunjungi Play Store dan install WhatsApp dari awal. Sebelum melakukan proses ini, Anda harus backup data terlebih dahulu.

Lima cara diatas sudah cukup untuk menyelesaikan masalah video call yang tidak bisa. Anda dapat menyebarkan informasi cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa video call kepada teman agar mereka juga mampu menyelesaikan permasalahan sendiri terkait hal tersebut.