Cara Mengecek Tipe Sensor Kamera Xiaomi dengan Benar

Diposting pada

Bagaimana cara mengecek tipe sensor kamera Xiaomi yang Anda miliki? Caranya cukup mudah jika Anda membaca ulasan di bawah ini.

Cara mengecek tipe sensor kamera Xiaomi adalah metode paling mudah yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui kualitas kamera smartphone Anda. Xiaomi sendiri saat ini merupakan smartphone android dengan tingkat penjualan paling banyak di Indonesia. Hal ini dikarenakan ponsel asal tiongkok tersebut selalu memasang harga yang terjangkau untuk masyarakat namun tetap memberikan fitur yang lengkap pada setiap produknya.

Sebut saja salah satu fitur andalannya adalah kamera yang tajam, dengan harga murah tentunya masyarakat akan sangat tertarik untuk mendapatkan smartphone yang bisa mengambil gambar dengan jernih. Namun perlu diketahui bahwa bagus tidaknya gambar bukan dari ukuran megapiksel yang ditawarkannya melainkan dari sensor kamera yang dipakai oleh smartphone tersebut.

Jadi wajar saja bila terkadang kamera hp yang dibekali kapasitas piksel yang tinggi terkadang hasil fotonya masih terasa kurang optimal. Nah jika Anda penasaran dengan sensor kamera yang dipakai oleh smartphone Xiaomi Anda maka Anda bisa mengeceknya melalui cara cek tipe sensor kamera pada Xiaomi yang akan dijelaskan pada informasi di bawah ini.

Cara Mengecek Tipe Sensor Kamera Xiaomi dengan Benar

Jenis-Jenis Sensor yang Digunakan Kamera Xiaomi

Sebelum membahas cara mengecek tipe sensor kamera Xiaomi, Anda harus mengetahui terlebih dulu jenis-jenis sensor yang digunakannya. Pada dasarnya Xiaomi memakai tiga jenis sensor kamera yang digunakan pada smartphone buatannya. Untuk pembagiannya sendiri sensor ini disesuaikan dengan tipe smartphone dan juga harga jualnya.

Adapun sensor yang digunakannya seperti Samsung, omniview, dan juga sony. Perlu Anda ketahui hingga saat ini peringkat nomor satu untuk sensor kamera terbaik masih dipegang oleh sony. Sensor ini pun tidak hanya dipakai oleh Xiaomi saja, namun banyak merk ponsel lain yang menggunakannya untuk menyokong kualitas gambar kamera smartphone mereka.

Selain memakai sensor buatan sony, beberapa produk Xiaomi juga memakai sensor kamera buatan produsen kenamaan Korea yaitu Samsung. Kualitas yang ditawarkan oleh teknologi Samsung sendiri tak kalah bagus dengan sony. Walaupun demikian namun hal tersebut tak bisa menyangkal bahwa sensor kamera milik sony lah paling banyak digunakan pada ponsel saat ini.

Sedangkan sensor terakhir yaitu omniview merupakan sensor kamera yang banyak dipakai pada ponsel kelas menengah ke bawah. Sesuai dengan harganya jenis sensor ini kurang bisa diandalkan untuk mendapat hasil gambar yang bagus. Ditambah lagi kebanyakan ponsel berharga dua jutaan pun sudah banyak yang menggunakan sony sebagai sensor kameranya.

Lalu bagaimana jika Anda sudah terlanjur membeli hp Xiaomi namun tidak tau jenis sensor apa yang digunakannya? Tenang karena Anda bisa memeriksanya sendiri menggunakan cara mengecek tipe sensor kamera Xiaomi di bawah ini.

Cara Mengecek Tipe Sensor Kamera Xiaomi

1. Masuk Ke Menu Setting

Cara mengecek tipe sensor kamera Xiaomi yang pertama bukalah pengaturan smartphone Anda melalui menu setting. Karena hanya lewat menu inilah Anda bisa mengecek tipe sensor seperti apa yang digunakan pada kamera smatphone Anda.

2. Buka Menu About Phone

Selanjutnya geser ke bawah sedikit hingga menemukan menu yang bertuliskan About Phone. Apabila sudah menemukannya silahkan Anda buka menu tersebut, setelah terbuka Anda akan dihadapkan lagi dengan opsi-opsi di dalamnya.

3. Masuk Ke Kernel Version

Cara mengecek tipe sensor kamera Xiaomi selanjutnya pilihlah opsi di dalam about phone yang bertuliskan kernel version. Perlu diperhatikan tujuan Anda disini adalah untuk mengecek sensor kamera bukan mengecek kernel versionnya, jadi terdapat cara khusus agar bisa mengakses menu rahasia Xiaomi ini.

Setelah Anda masuk ke dalam menu kernel version maka arahkan perhatian Anda pada kode kernel smartphone yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Klik kode tersebut dengan cepat sebanyak lima kali saja. Jika cara mengecek tipe sensor kamera Xiaomi ini berhasil maka Anda akan langsung diarahkan ke menu rahasia Xiaomi yang di dalamnya terdapat berbagai macam informasi penting mengenai spesifikasi smartphone Anda.

4. Lihat Informasi yang Ditampilkan Oleh Menu

Setelah melalui cara mengecek tipe sensor kamera Xiaomi tadi maka layar akan menampilkan informasi mengenai jenis-jenis sensor yang tertanam pada smartphone Anda. Pada informasi tersebut Anda bisa mengetahui merk sensor yang digunakan beserta dengan seri produk yang digunakannya.

Informasi yang ditampilkan oleh cara mengecek tipe sensor kamera Xiaomi tersebut biasanya ditulis menggunakan kode, dimana IMX adalah kode sensor kamera untuk sony, kemudian S5K untuk Samsung, dan OV untuk sensor buatan omniview. Apabila sudah puas dengan informasi sensor kamera Anda, Anda bisa keluar dari menu ini dengan menekan tombol kembali atau menutup menu pengaturan.

Demikianlah bagaimana cara mengecek tipe sensor kamera Xiaomi, sangat mudah bukan? Saking mudahnya Anda pun bisa melakukannya sendiri tanpa perlu bantuan aplikasi apapun. Cara untuk mengakses menu rahasia ini bisa Anda gunakan pada smartphone Xiaomi tipe apa saja, tinggal perhatikan langkah-langkah di atas tadi dengan seksama.