Cara Mengetahui Lokasi Orang Lain dengan WhatsApp

Diposting pada

Para pengguna WhatsApp saat ini bisa memaksimalkan cara mengetahui lokasi orang lain dengan WhatsApp tanpa diketahui orang tersebut. Berikut ulasannya.

Siapa sangka, dari aplikasi WhatsApp bisa dikembangkan cara mengetahui lokasi orang lain dengan WhatsApp. Cara ini memungkinkan Anda untuk mengetahui lokasi orang lain dengan tepat hanya berbekal aplikasi perpesanan instan, WhatsApp.

Cara atau metode ini memang sangat menguntungkan. Terutama jika Anda ingin menggunakannya untuk menemukan lokasi hp yang hilang. Dengan cara ini Anda bisa mengetahui lokasi hp tertentu tanpa diketahui oleh pemegang hp. Namun, jika sudah tahu cara ini, akan lebih baik jika tidak Anda gunakan untuk kebutuhan yang sifatnya negatif.

Cara Mengetahui Lokasi Orang Lain dengan WhatsApp

Adakah Aplikasi untuk Melacak Lokasi Lewat WhatsApp

Di dalam aplikasi pesan instan WhatsApp memang disediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk saling berbagi lokasi. Anda bisa menggunakan fitur ‘Share Location’ atau ‘Live Location’. Namun, keduanya hanya bisa dilakukan ketika WhatsApp Anda pegang sendiri. Lalu bagaimana jika ponselnya hilang? Pastinya tidak ada yang bisa melakukan share location untuk menunjukkan keberadaan ponsel tersebut.

Tak perlu khawatir karena ada cara mengetahui lokasi orang lain dengan WhatsApp. Sayangnya cara ini tidak bisa dilakukan melalui hp ataupun dengan aplikasi lain. Anda hanya bisa menggunakan cara ini melalui WhatsApp web, yang artinya melalui komputer. Lalu bagaimana caranya?

Cara Melacak Keberadaan Seseorang Via WhatsApp

Fitur di dalam WhatsApp memang memungkinkan penggunanya untuk saling berbagi lokasi. Ketika seorang pengguna membagikan lokasinya berada melalui WhatsApp, maka pengguna lain pun bisa melacaknya dari WhatsApp atau dari aplikasi maps. Ini adalah cara mengetahui lokasi orang lain dengan WhatsApp dengan syarat lokasinya dibagikan oleh orang itu sendiri.

Namun, bagaimana jika lokasinya belum dibagikan sebelumnya? Hal ini sering dibutuhkan misalnya untuk mencari perangkat ponsel yang hilang. Tenang saja, ada cara mengetahui lokasi orang lain dengan WhatsApp meskipun lokasinya tidak dibagikan sekalipun.

Cara mendeteksi lokasi orang lain dengan WhatsApp ini hanya bisa Anda lakukan dari komputer atau PC. Jadi tidak bisa dilakukan dari ponsel dan belum ada aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan metode pelacakan via WhatsApp ini. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Buka WhatsApp Web dari Komputer / PC

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, cara mengetahui lokasi orang lain dengan WhatsApp ini hanya bisa dilakukan dari komputer / PC. Inilah alasannya, karena langkah awalnya adalah Anda harus mengakses WhatsApp web dari komputer Anda.

Buka browser di komputer atau PC Anda, lalu ketikkan WhatsApp web dari browser tersebut. Untuk bisa membuka ruang obrolan Anda dari WhatsApp web ini, Anda juga harus memilih menu WhatsApp web di ponsel Anda. Setelah itu Anda akan diminta untuk melakukan scanning barcode di WhatsApp web dengan aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. Jika sudah, maka kini WhatsApp Anda sudah terhubung ke WhatsApp web.

2. Lakukan Percakapan dengan Orang yang Ingin Dilacak

Langkah selanjutnya dari cara mengetahui lokasi orang lain dengan WhatsApp adalah buka ruang percakapan terakhir Anda dengan orang tersebut. Atau, jika sebelumnya belum pernah melakukan percakapan atau chat, maka Anda harus chat orang tersebut terlebih dahulu. Chat ibu bertujuan untuk mendapatkan alamat IP dari orang yang akan dilacak tersebut.

3. Buka Task Manager > Command Prompt

Untuk melakukan cara mengetahui lokasi orang lain dengan WhatsApp ini pastikan tidak ada aplikasi lain yang Anda buka selain browser. Jika sudah, jalankan task manager dengan cara ketik tombol ‘ctrl+Alt+Del’ dari keyboard di komputer Anda.

Setela menu task manager ditampilkan, langkah selanjutnya adalah jalankan menu ‘Run’ dengan mengetikkan tombol ‘Win+R’. Setelah kolom Run muncul di tampilan Task Manager Anda, selanjutnya ketikkan ‘cmd’ pada kolom Run tersebut. Maka, Anda akan langsung dialihkan ke tanpilan Command Prompt.

4. Ketik ‘netstat-an’ dari Command Prompt

Setelah masuk ke Command Prompt, Anda akan melihat tampilan berwarna hitam dengan tulisan di atasnya. Temukan tulisan C:\User\, lalu di bagian paling belakang ketikkan kata netstat-an. Kemudian klik ‘enter’.

Setelah Anda enter, maka akanĀ  langsung ditampilkan alamat IP dari perangkat yang Anda lacak. Catat alamat IP tersebut untuk kebutuhan pelacakan selanjutnya.

5. Cari Alamat IP melalui Situs IP Tracker

Setelah mendapatkan alamat IP dari command prompt tadi, langkah terakhir dari cara mengetahui lokasi orang lain dengan WhatsApp ini adalah buka laman IP Tracker di browser Anda. Anda bisa membukanya di alamat https://www.ip-tracker.org/. Jika sudah pada halaman ini masukkan alamat IP yang sudah Anda dapatkan sebelumnya. Maka selanjutnya akan ditampilkan lokasi keberadaan ponsel atau seseorang tersebut.

WhatsApp tidak hanya sebuah aplikasi pesan instan yang menawarkan berbagai fitur menarik dan multifungsi di dalamnya. Dengan WhatsApp Anda bahkan bisa melacak keberadaan seseorang pemilik WhatsApp tersebut. Dengan cara mengetahui lokasi orang lain dengan WhatsApp di atas, Anda bisa melacak keberadaan seseorang atau perangkat yang dilacak. Cara ini akan memudahkan pelacakan Anda karena saat ini hampir setiap orang sudah menggunakan WhatsApp.