Cara Mengetahui PIN ATM BCA Jika Terblokir atau Lupa

Diposting pada

Mengetahui PIN ATM BCA sangat penting terutama jika terblokir. Anda harus menghubungi call center atau datang ke cabang BCA terdekat.

Mengetahui PIN ATM BCA penting agar Anda dapat bertransaksi secara normal. Kartu ATM membutuhkan PIN akses rekening. Tanpa PIN, nasabah tidak dapat mengetahui transaksi bahkan tabungan dapat diblokir. Ketika Anda lupa dengan PIN tersebut, ada beberapa cara untuk mengakses ATM kembali.

Selain lupa, terblokir juga salah satu masalah yang sering muncul terkait kartu ATM. Anda ingat PIN tersebut tetapi tidak salah memasukkannya. Ketika sedang terburu-buru, Anda tidak teliti sehingga memasukkan PIN salah sebanyak 3 kali. ATM akan memblokir kartu Anda secara otomatis. Oleh karena, Anda harus mengaktifkan kembali.

Pembahasan terkait mengetahui PIN ATM BCA terdiri dari beberapa bagian. Yang pertama, Anda harus mengetahui mengapa PIN terblokir. Selanjutnya, dua cara yang umum untuk penyelesaian masalah ini yaitu menelepon Call Center dan kunjungi customer service. Terakhir, beberapa tips berguna untuk menjaga PIN ATM tetap aman dan terhindar dari gangguan tidak diinginkan.

Cara Mengetahui PIN ATM BCA Jika Terblokir atau Lupa

Tata Cara Mengetahui PIN ATM BCA

Perlu Anda ketahui, mengetahui PIN ATM BCA hanya fokus ke pembahasan mengenai PIN yang sudah terblokir. Sebaliknya, PIN adalah nomor pribadi yang diberikan bank dan wajib untuk diganti setelah kartu ATM aktif. Setelah rekening dan ATM telah siap, nasabah menerima PIN dalam amplop tertutup. Pihak bank bahkan customer service tidak mengetahui berapa angka PIN tersebut.

Anda kemudian pergi ke ATM lalu masukkan PIN tersebut untuk akses rekening. Setelah itu, pilih menu ganti PIN dan buat PIN baru. Pastikan untuk mengingat PIN tersebut setiap akses rekening via ATM. Jika lupa dan salah memasukkan PIN, ATM akan terblokir dan cara berikut ini yang dapat Anda lakukan.

Menelepon Call Center BCA

Yang paling umum terkait cara mengetahui PIN ATM BCA ketika PIN telah terblokir adalah menelepon Call Center BCA. Ini adalah cara pertama untuk mengetahui PIN ATM BCA. Setiap area ATM memiliki papan informasi mengenai call center yang harus dihubungi. Anda dapat menelepon ke nomor 1500888. Nomor ini adalah halo BCA yaitu customer service via telepon. Pastikan untuk menelpon ke nomor yang nenar.

Ketika telah tersambung, pihak BCA akan menanyakan beberapa pertanyaan. Beri pernyataan bahwa PIN ATM Anda telah terblokir. Beberapa persyaratan untuk mendukung kebutuhan Anda adalah sebagai berikut:

  1. Kartu BCA
  2. Rekening atau buku tabungan
  3. Kartu identitas seperti KTP atau passport

Perlu Anda perhatikan, mereka tidak menanyakan PIN Anda. Proses mengetahui PIN ATM BCA tidak melibatkan PIN karena BCA hanya butuh konfirmasi melalui buku tabungan dan identitas. Hal ini bertujuan untuk keamanan nasabah agar terhindar dari penggunaan ATM leh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Misalkan ATM Anda hilang dan orang yang menemukannya berusaha untuk mengambil uang via mesin ATM. Namun, kesalahan PIN akan memblokir kartu ATM. Saat bank berhasil mengaktifkan kartu tersebut, ATM Anda masih tetap aman karena pihak bank tidak memberikan PIN. Jadi, tabungan tetap terjaga dan orang tersebut tidak akan bisa melalukan apapun terhadap ATM tersebut.

Penggunaan halo BCA untuk mengetahui PIN ATM BCA akan lebih efektif jika Anda tidak menunda waktu. Ketika atm terblokir, segera aktifkan tanpa menunggu karena proses akan berhasil jika tidak lebih dari 7 hari sejak ATM tersebut terblokir.

Mendatangi Cabang BCA Terdekat

Cara kedua untuk mengetahui PIN ATM BCA adalah mendatangi customer service. Untuk proses ini, Anda harus datang langsung ke cabang BCA terdekat. BCA memudahkan nasabah untuk proses ini. Mereka tidak harus datang ke cabang dimana rekening terdaftar. Misalkan, Anda buka tabungan di Jakarta dan sedang ada di Bandung. PIN terblokir dan cabang BCA Bandung siap untuk mengaktifkan kembali.

Aktivasi tersebut membutuh beberapa persyaratan. Berikut dokumen dan identitas yang perlu Anda bawa ketika mengunjungi cabang untuk aktivasi PIN yang terblokir.

  1. Identitas diri seperti passport atau KTP
  2. Kartu keluarga
  3. Kartu ATM
  4. Uang jika membutuhkan sesuatu

Pihak customer service akan memeriksa semua persyaratan tersebut. Ketika identitas dan rekening telah sesuai, bank akan aktifkan kembali PIN Anda. Perlu diingat, customer tidak akan meminta nomor PIN tersebut.

Mengetahui PIN ATM BCA melalui customer service kurang efektif jika Anda tidak punya banyak waktu. Namun, cara ini adalah yang paling aman karena bank secara langsung melakukan verifikasi. Keaslian buku tabungan, identitas, kartu ATM, dan nasabah sendiri lebih dari cukup untuk membuka blokir tersebut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda meluangkan waktu untuk mengunjungi BCA terdekat. Keamanan sangat penting ketika PIN terblokir dan Anda tidak ingin PIN diketahui orang lain.

Jika pemilik kartu lupa dengan PIN, Bank akan membantu mencetak PIN baru. Cara ini mirip dengan proses ketika pertama kali mendapatkan kartu ATM. Namun, PIN tersebut bersifat sementara dan harus segera diganti. Jika ATM Anda hilang, opsi yang paling tepat adalah mengganti kartu ATM baru. Pembuatan ATM tergantung tipe kartu yang Anda inginkan. Kartu lama otomatis tidak berlaku ketika yang baru sudah aktif. Setelah PIN baru siap, segeralah mengubah ke PIN yang lebih aman.

Tips Keamanan PIN ATM

Setelah mengetahui PIN ATM BCA, masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Anda harus meningkatkan kembali keamanan ATM dan rekening. Ketika ATM telah siap kembali, Anda harus mengubah PIN lama ke komposisi angka yang baru. Hal ini untuk menghindari penyadapan karena AM tetap menggunakan PIN lama.

Tips kedua adalah membuat PIN yang mudah diingat. Beberapa orang berusaha menggunakan angka-angka seperti tanggal lahir, nomor handphone, dan lainnya bahkan ada yang hanya menggunakan kombinasi 1234 sebagai PIN. Tentu saja, angka tersebut mudah ditebak oleh orang lain. Ketika kartu Anda dicuri oleh orang yang Anda kenal, mereka akan mudah menguras semua isi ATM. Untuk mengantisipasi hal ini, gunakan angka yang sederhana tetapi tidak menyatakan sesuatu yang Anda kenal.

Tips selanjutnya terkait mengetahui PIN ATM BCA adalah untuk tidak menyimpan PIN di tempat umum. Perlu Anda ketahui, PIN tidak hanya berguna untuk akses rekening via mesin ATM. Beberapa fasilitas banking dan finansial membutuhkan PIN. Orang lain dapat memasukkan PIN ke internet dan mobile banking secara langsung meskipun tidak melalui ATM. Tentu saja, Anda harus berhati-hati ketika bertransaksi menggunakan fasilitas tersebut.

Dengan beberapa cara mengetahui PIN ATM BCA dan tips keamanan PIN diatas, maka rekening Anda akan lebih terjaga. Selain itu, call center BCA memiliki nomor yang mudah diingat. Cara paling jitu ketika terjadi masalah adalah mengunjungi cabang secara langsung. Inilah beberapa hal yang telah diulas dan sangat berguna untuk nasabah yang membutuhkan.