Cara Mengganti Nama Bluetooth di HP Xiaomi dengan Mudah

Diposting pada

Cara mengganti nama bluetooth di HP Xiaomi ternyata mudah. Cara-cara tersebut bisa dilakukan oleh siapa saja serta bisa dilakukan secara singkat.

Cara mengganti nama bluetooth di HP Xiaomi, mungkin banyak yang penasaran dengan caranya. Bluetooth sendiri merupakan sebuah alat pengiriman berkas atau data yang dikenal cukup cepat bagi perangkat smartphone dan sering dipakai, utamanya saat smartphone milik kita sedang tidak terjangkau sinyal.

Walaupun saat ini sudah ada beragam media pengiriman berkas atau data yang berbasis daring dengan koneksi lebih cepat misalnya WhatsApp, email, line, google drive, dan lain sebagainya. Akan tetapi bluetooth tetap saja sangat diperlukan utamanya saat sinyal di ponsel pintar kita sedang berada dalam situasi buruk atau minim sinyal. Hal ini karena koneksi bluetooth tidak membutuhkan sinyal seluler ataupun internet, sehingga bluethoth bisa dipakai dimanapun dan dalam kondisi seperti apapun.

Cara Mengganti Nama Bluetooth di HP Xiaomi dengan Mudah

Mari Berkenalan dengan Bluetooth

Sebelum kita membahas cara mengganti nama bluetooth di HP Xiaomi, ada baiknya jika kita mengenal dulu bluetooth. Pada dasarnya bluetooth bekerja di pita frekuensi tepatnya di 2,3 GHz memakai penangkap frekuensi hopping treceiver. Sehingga bluetooth dapat melakukan real time komunikasi dengan pemakainya.

Hanya saja kelemahan dari bluetooth adalah cakupan jangkauan yang masih dirasa pendek atau dekat, mungkin hanya sekitaran 5 hingga 10 meter. Sehingga memaksa penggunanya untuk saling berdekatan agar proses transfer data atau file berlangsung sukses dan berhasil. Hal ini terkadang menjadi masalah untuk Anda yang berada tidak dalam satu ruangan atau tempat.

Apakah Nama Bluetooth Mesti Diubah?

Baik, sebelum menuju pembahasan inti yaitu cara mengganti nama bluetooth di HP Xiaomi. Biasanya saat kita membeli sebuah ponsel pintar dalam kondisi baru, kita akan menemui bahwa setting nama bluetooth sudah diatur dengan nama asli dari identitas telepon dari pabrik.

Namun, bukankah yang membeli ponsel pintar dengan tipe yang sama dengan milik kita jumlahnya juga sangat banyak? Bisa jadi teman atau sahabat kita sediri juga membeli smartphone yang bertipe sama dengan yang kita beli. Sehingga nama blurthooth mereka juga akan sama dengan miliki kita.

Oleh sebab itu,  maka dibuat pengaturan supaya nama bluetooth di smartphone kita dapat diubah sesuai keinginan kita. Untuk cara mengganti nama identitas bluetooth mungkin telah diketahui oleh banyak orang karena cara menggantinya sangat mudah dan gampang.

Bahkan seseorang yang baru memakai tipe smartphone terbaru akan langsung dapat mengganti nama bluetooth yang ada di ponsel pintarnya. Namun, tetap ada saja yang tidak mengerti bagaimana cara mengganti nama bluetooth di HP Xiaomi milik mereka. Bisa jadi yang seperti itu dari kalangan orang lanjut usia, anak-anak yang belum lama memakai handphone, atau bahkan orang yang baru mengenal teknologi.

Cara Mengganti Nama Bluetooth di HP Xiaomi

Sebenarnya mereka bisa mencari informasi dengan bertanya dengan orang-orang sekitar tentang cara mengganti nama bluetooth di hp Xiaomi. Namun, apa salahnya jika memberi panduan cara mengubah nama bluetooth di tulisan ini, siapa tahu mereka melihat dan membacanya di internet. Berikut tutorial cara mengganti nama bluetooth pada smartphone Xiaomi selengkapnya:

1. Buka Menu “Pengaturan”

Cara mengubah nama bluetooth di hp Xiaomi yang mesti dilakukan pertama kali adalah membuka menu home pada smartphone, berikutnya pilih ikon pengaturan lalu masuk ke dalam menu pengaturan.

2. Pilih Menu Bluetooth

Cara mengganti nama bluetooth di HP Xiaomi yang selanjutnya masuk ke menu bluetooth, perhatikan setiap tampilan menu yang tersedia. Kemudian temukan menu bluetooth yang biasanya terletak di sisi atas pada kolom menu jaringan. Lalu pilih saja menu bluetooth dan mulai masuk ke menunya.

3. Klik “Nama Perangkat”

Setelah itu, Anda akan menemui 2 pilihan menu yaitu menu slide atau geser untuk mengontrol penyalaan bluetooth dan menu ubah nama bluetooth, kemudian pilih “nama perangkat” yang masih tertulis nama perangkat bawaan pabrik.

4. Ubah Nama Kemudian Simpan

Cara mengganti nama bluetooth di hp Xiaomi selanjutnya tinggal mengetik nama baru untuk nama bluetooth Anda sesuka hati tentunya. Semisal dicontohkan memilih nama “Xiaomi”. Setelah selesai mengetik nama selanjutnya tinggal pilih “OK” dan secara otomatis nama bluetooth di HP Xiaomi Anda sudah berubah dan penggantian nama bluetooth telah berhasil.

Bagaimana? Mudah sekali bukan caranya? Demikian tadi pembahasan lengkap mengenai cara mengganti nama bluetooth di HP Xiaomi. Perlu dipahami jika tata cara di atas tidak hanya bisa diterapkan pada HP Xiaomi Redmi seperti yang telah saya jabarkan tadi. Akan tetapi cara tersebut bisa dipakai pula untuk HP Xiaomi seri yang lain.

Cara mengganti nama bluetooth di HP Xiaomi di atas juga bisa dipakai di seri Xiaomi lainnya seperti Xiaomi Mi dan juga di HP merk lain semacam Oppo, Samsung, Vivo,Lennovo,Asus, terkecuali ponsel iPhone. Terkecuali iPhone antaran smartphone keluaran Apple ini tidak dibekali dengan fasilitas bluetooth.