Cara Menggunakan keyBCA untuk Internet Banking

Diposting pada

Saat melakukan transaksi internet banking, nasabah Bank BCA akan mendapatkan perangkat keyBCA. Perangkat ini adalah perangkat penting dalam transaksi i-banking BCA. Karena itu perhatikan bagaimana cara menggunakan keyBCA untuk memudahkan transaksi i-banking Anda.

Nasabah Bank BCA yang menggunakan internet banking harus mengetahui cara menggunakan keyBCA untuk bisa melakukan transaksi dengan lebih mudah dan cepat. Dengan adanya keyBCA ini transaksi internet banking seperti transfer uang, baik ke sesama bank BCA ataupun ke rekening bank lain, melakukan pembayaran dan pembelian pun bisa dilakukan dengan lebih mudah.

KeyBCA sendiri merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk mendukung transaksi perbankan online Bank BCA melalui internet banking. Untuk itu Anda harus tahu bagaimana cara menggunakan keyBCA ini. Namun sebelum itu Anda juga harus mengetahui apa itu keyBCA, bagaimana mendapatkannya baru kemudian bagaimana cara menggunakannya.

Cara Menggunakan keyBCA untuk Internet Banking

Apakah keyBCA itu?

Sebelum belajar bagaimana cara menggunakan keyBCA, terlebih dahulu Anda harus tahu apa itu keyBCA dan apa fungsinya. KeyBCA adalah sebuah perangkat yang berbentuk mirip hp berukuran kecil. Perangkat ini berfungsi untuk membuat token yang Fungsinya untuk konfirmasi setiap transaksi yang dilakukan via internet banking. Tanpa adanya perangkat ini, Anda tidak akan bisa melakukan transaksi finansial dari internet banking.

Cara kerjanya, setiap Anda akan melakukan transaksi melalui internet banking BCA, seperti transfer, melakukan pembelian ataupun pembayaran, Anda akan diminta untuk melakukan konfirmasi dengan memasukkan kode yang sebelumnya sudah digenerate melalui perangkat keyBCA. Tak perlu bingung, cara kerja lebih lengkapnya akan dijelaskan di bawah.

Bagaimana keyBCA Bisa Didapatkan?

Lalu bagaimana cara mendapatkan keyBCA ini? Selain mengetahui cara menggunakan keyBCA, Anda juga harus tahu bagaimana cara mendapatkan keyBCA ini. Perangkat ini bisa Anda dapatkan hanya setelah Anda melakukan registrasi internet banking di ATM BCA dan melakukan verifikasi di teller. Setelah melalui semua prosedurnya Anda harus datang langsung ke teller untuk mendapatkan perangkat keyBCA ini.

Secara rinci, prosedur mendapatkan keyBCA ini dimulai dengan Anda harus memiliki akun rekening di Bank BCA. Jika belum, maka Anda harus membuka rekening baru di Bank BCA. Jika sudah punya rekening di Bank BCA, maka selanjutnya adalah mendaftarkan akun Anda untuk menikmati layanan internet banking BCA.

Jika sudah melakukan registrasi internet banking di ATM BCA, langkah selanjutnya adalah lakukan aktivasi melalui ponsel Anda. Setelah melakukan aktivasi, Anda harus datang langsung ke bank dan mengantre di teller untuk mendapatkan perangkat keyBCA ini. Jika sudah Anda harus melakukan aktivasi manual yang harus Anda lakukan sendiri.

Langkah dan Cara Menggunakan keyBCA

Sebelum Anda mengetahui cara menggunakan keyBCA, setelah mendapatkan keyBCA dari teller, perangkat ini belum bisa digunakan sampai Anda melakukan aktivasi manual. Bagaimana cara melakukan aktivasi manualnya? Berikut langkah aktivasi dan menggunakan keyBCA untuk melakukan transaksi.

1. Buat PIN keyBCA Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan aktivasi, yang pertama harus Anda lakukan adalah membuat PIN keyBCA terlebih dahulu. Caranya, pada perangkat keyBCA yang Anda dapatkan, tekan pada tombol berwarna merah. Setelah itu, keyBCA akan mengirimkan 8 digit PIN yang akan dikirimkan ke email yang Anda daftarkan saat membuka rekening.

Setelah itu, buka email Anda dan masukkan 8 digit angka tersebut ke perangkat keyBCA Anda. Jika sudah berhasil, Anda bisa membuat PIN keyBCA Anda sendiri, buat kombinasi dari 6 digit angka. Anda bisa membuatnya sama dengan PIN ATM Anda. Apabila pembuatan PIN berhasil, di layar keyBCA akan ditampilkan keterangan ‘Appli’. Selanjutnya Anda bisa melakukan proses aktivasi.

2. Lakukan Proses Aktivasi keyBCA

Mengetahui cara aktivasi keyBCA adalah langkah selanjutnya sebelum Anda mengetahui cara menggunakan keyBCA. Untuk cara aktivasinya, pertama Anda akan mendapat UserID di email yang Anda gunakan untuk mendaftarkan keyBCA. Setelah mendapatkan UserID, selanjutnya buka laman klikBCA: internet banking. Masuk ke menu individual.

Setelah masuk ke laman klikBCA, selanjutnya Anda harus login menggunakan userID dan password internet banking Anda. Setelah masuk, pilih menu ‘Administrasi’ lalu kemudian pilih lagi menu ‘Aktivasi keyBCA’. Jika sudah, masukkan 16 digit angka yang ada di bagian depan kartu ATM Anda. Setelah memasukkan 16 digit angka pada kartu ATM Anda, selanjutnya masukkan juga nomor seri yang terdapat di bagian belakang perangkat keyBCA Anda.

Setelah memasukkan nomor seri tadi, tekan tombol merah di perangkat keyBCA Anda untuk mengaktifkan keyBCA. Jangan lupa untuk memasukkan PIN keyBCA yang sudah Anda buat sebelumnya. Apabila di layar keyBCA ditampilkan ‘Appli’, selanjutnya tekan tombol 1. Berikutnya, pada layar keyBCA akan ditampilkan deretan nomor. Masukkan nomor tersebut ke dalam kolom ‘Respon keyBCA Appli1’ lalu klik ‘Kirim’.

Apabila sudah klik kirim, maka selanjutnya Anda akan mendapat konfirmasi bahwa internet banking Anda sudah tersambung ke keyBCA. Setelah melakukan aktivasi, selanjutnya Anda sudah bisa menerapkan cara memanfaatkan fitur keyBCA untuk melakukan beberapa transaksi.

Cara Menggunakan Key BCA untuk Transfer Uang

Setelah melakukan proses aktivasi, selanjutnya Anda sudah bisa menggunakan keyBCA untuk melakukan transaksi. Berikut ini adalah cara menggunakan keyBCA untuk melakukan transfer ke uang. Untuk bisa menggunakannya, pastikan Anda menggunakan perangkat gadget yang terhubung ke jaringan internet. Jika sudah, ikuti langkah berikut.

1. Login ke Akun Internet Banking

Langkah pertama cara menggunakan keyBCA untuk transfer adalah login ke internet banking dengan UserID dan PIN ATM yang sebelumnya sudah Anda daftarkan saat melakukan registrasi internet banking.

2. Pilih menu ‘Transfer Dana’

Selanjutnya pada navigasi, pilih menu ‘Transfer Dana’ lalu pilih rekening tujuan transfer Anda. Pilih salah satu diantara ‘Transfer ke Rekening BCA’ , ‘Ke BCA Virtual Account’ atau pilihan ‘Daftar Nomor Tujuan’ jika Anda akan melakukan transfer ke rekening selain BCA. Jika sudah, jangan lupa menyalakan keyBCA Anda dengan menekan tombol tanda panah berwarna merah.

3. Masukkan Nomor Rekening Tujuan dan Jumlah Uang yang Akan Ditransfer

Langkah selanjutnya, masukkan nomor rekening tujuan dan jumlah uang yang akan ditransfer. Masukkan juga 8 digit angka yang ditampilkan di keyBCA. Setelah itu Anda akan mendapatkan kode konfirmasi.

4. Tekan Tombol 2 pada keyBCA

Jika sudah, tekan tombol 2 pada keyBCA untuk mengaktifkan Respond Appli2. Ketikkan kode konfirmasi yang Anda dapatkan pada kolom ‘Respon keyBCA Appli2’.  Di kolom jenis transfer, biarkan saja apa adanya agar tidak terjadj error saat melakukan transaksi. Berikutnya klik ‘Lanjutkan’.

5. Tekan Tombol 1 untuk Mengaktifkan Respond Appli1

Langkah selanjutnya dari cara menggunakan keyBCA untuk melakukan transfer, kembali ke keyBCA Anda dan tekan tombol 1. Menekan tombol 1 ini akan mengaktifkan Respon Appli1. Setelah akan ditampilkan nomor. Masukkan nomor tersebut ke kolom ‘Respon keyBCA Appli1’.

Setelah melakukan langkah tersebut maka langkah menggunakan keyBCA untuk transfer pun selesai.

Melakukan transaksi perbankan melalui internet banking akan mempermudah nasabah untuk bertransaksi tanpa harus ke ATM atau ke bank langsung. Ketika menggunakan internet banking Anda akan mendapatkan perangkat keyBCA. Karena itu, Anda juga harus tahu bagaimana cara menggunakan keyBCA ini. Dengan mengetahui cara menggunakan perangkat keyBCA juga akan semakin mempermudah transaksi Anda dengan internet banking karena perangkat ini adalah perangkat utama pendukung transaksi melalui internet banking.