Cara Menggunakan SMS Banking BCA yang Mudah dan Efektif

Diposting pada

Sms Banking adalah solusi layanan perbankan yang memudahkan nasabah meskipun tanpa adanya jaringan internet, tidak seperti m-banking atau i-banking. Untuk itu, beginilah cara menggunakan sms banking BCA untuk memudahkan transaksi perbankan Anda.

Bagi Anda pengguna layanan perbankan BCA, terutama pengguna layanan sms banking, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara menggunakan SMS banking BCA? Jika belum, apalagi untuk Anda yang baru akan menggunakan layanan ini, berikut adalah penjelasan lengkap yang akan membantu mempermudah transaksi Anda.

Layanan perbankan di Indonesia tak pernah berhenti berinovasi untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi salah satunya dengan layanan SMS Banking. Seperti yang diterapkan oleh perusahaan perbankan BCA yang merupakan lembaga perbankan yang memiliki nasabah dari berbagai kalangan ini. SMS Banking ini adalah solusi terbaik yang ditawarkan untuk memudahkan transaksi perbankan dalam genggaman.

Berbeda dengan layanan m-banking atau internet banking yang harus menggunakan koneksi internet, SMS Banking ini tidak perlu adanya jaringan internet untuk bisa menikmati layanannya. Nasabah hanya akan dikenakan tarif yang nantinya akan dipotong dari pulsa ataupun dibebankan pada tagihan akhir jika Anda menggunakan layanan komunikasi pasca bayar. Lalu bagaimana cara penggunaannya? Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang cara menggunakan SMS Banking BCA untuk setiap transaksi berbeda. Langkahnya akan berbeda tergantung jenis transaksi, jadi Anda harus benar-benar memperhatikannya.

Cara Menggunakan SMS Banking BCA yang Mudah dan Efektif

Fitur yang Dapat Digunakan dari Layanan SMS Banking

Semakin banyaknya layanan berbasis mobile atau digital memang memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi. Namun layanan perbankan berbasis sms Banking juga masih banyak digunakan oleh nasabah dalam berbagai kondisi. Layanan ini akan sangat membantu kemudahan transaksi nasabah, terutama ketika nasabah sedang berada di lokasi yang tidak dijangkau layanan internet. Karena tidak menggunakan jaringan internet, asalkan jaringan komunikasi masih bisa digunakan, Anda sebagai nasabah pun masih bisa menggunakan layanan perbankan ini.

Memang, dibandingkan dengan layanan mobile banking ataupun internet banking, Fitur yang diberikan oleh sms Banking tidak terlalu banyak. Namun, fitur-fitur utama dan unggulan tetap bisa Anda nikmati dari layanan sms Banking BCA. Sebelum mulai mempelajari cara menggunakan SMS Banking BCA ini, ada baiknya Anda mengetahui fitur atau transaksi apa saja yang bisa Anda nikmati dari layanan ini.

Seperti sudah dijelaskan di atas, fitur perbankan dasar bisa Anda nikmati dengan layanan SMS Banking ini seperti cek saldo, pengecekan mutasi rekening, pengecekan transaksi kartu kredit, deposito, pengecekan kurs mata uang hingga registrasi kartu kredit. Transaksi-transaksi ini bisa Anda lakukan dengan mudah tanpa harus datang ke ATM.

Cara Penggunaan SMS Banking dari BCA

Setelah mengetahui apa saja transaksi yang bisa Anda lakukan dari layanan SMS Banking ini, selanjutnya Anda harus tahu bagaimana cara menggunakan SMS Banking BCA ini. Hal penting yang harus Anda ingat dari penggunaan sms Banking ini adalah kode sms yang diterapkan pada setiap jenis transaksi, karena setiap transaksi memiliki kode transaksi yang berbeda. Selain itu, Anda juga harus mengingat kode akses yang harus digunakan. Kode akses ini akan Anda dapatkan saat mendaftarkan nomor Anda untuk menikmati layanan SMS Banking.

1. Cek Saldo Rekening

Transaksi pertama yang bisa Anda lakukan dari SMS Banking adalah pengecekan saldo rekening. Cara menggunakan SMS Banking BCA untuk melakukan pengecekan saldo rekening ini adalah dengan mengirim sms dengan format ‘Saldo (spasi) kode akses‘ . Misalnya kode akses Anda adalah 1011, maka ketikkan ‘Saldo <spasi> 1011 lalu kirimkan ke nomor 69888.

2. Cek Mutasi Rekening

Mutasi rekening adalah layanan selanjutnya yang bisa Anda nikmati dari SMS Banking. Untuk melakukan mutasi memang Anda harus datang langsung ke ATM. Namun untuk pengecekan proses mutasi tak perlu datang langsung ke ATM. Anda bisa menggunakan layanan SMS Banking untuk melakukan pengecekan mutasi rekening Anda.

Cara menggunakan SMS Banking BCA untuk mutasi rekening juga tak jauh berbeda dengan cek saldo rekening di atas. Yang paling penting Anda harus ingat kode akses Anda. Cara pengecekannya adalah dengan mengirim sms dengan format ‘mutasi <spasi> kode akses. Misalnya kode akses Anda 1011, maka silahkan ketikkan Mutasi <spasi> 1011 lalu kirimkan ke nomor 69888. Selanjutnya Anda akan me mendapatkan sms balasan informasi mutasi rekening Anda.

3. Pengecekan Kurs Mata Uang

Selain transaksi dasar seperti pengecekan saldo rekening dan pengecekan mutasi rekening, beberapa nasabah tak jarang juga membutuhkan informasi kurs mata uang rupiah dengan mata uang lain sebagai pembanding untuk kebutuhan bisnis. BCA juga menawarkan layanan ini tanpa harus mengakses internet, yaitu hanya dengan mengirim sms.

Cara menggunakan SMS Banking BCA untuk pengecekan kurs mata uang ini juga tak jauh berbeda dengan cara transaksi dengan SMS Banking sebelumnya. Anda hanya perlu mengirim pesan dengan format ‘Kurs <spasi> kode akses‘. Sama seperti sebelumnya, kode akses ini adalah hal paling penting dari transaksi menggunakan sms Banking. Contohnya kode akses Anda adalah 1011, maka kirimkan sms dengan format Kurs <spasi> 1011 lalu kirim ke 69888.

4. Registrasi Kartu Kredit

Transaksi selanjutnya yang bisa Anda lakukan melalui SMS Banking adalah registrasi Kartu Kredit. Registrasi ini bisa dilakukan melalui SMS Banking dengan mengirim pesan sesuai format yang sudah ditentukan. Berbeda dengan transaksi lain, cara Menggunakan SMS Banking BCA untuk registrasi Kartu Kredit ini memiliki format pengiriman sms yang sedikit berbeda.

Untuk registrasi Kartu kredit, format pengiriman smsnya adalah ‘Reg <spasi> KK <spasi> Kode akses <spasi> kode Akses / nomor kartu kredit‘. Sama seperti sebelumnya, contohnya kode akses Anda adalah 1011, maka pengiriman smsnya adalah ‘Reg <spasi> KK <spasi> 1011 <spasi> 1011234567.

Format yang sama juga bisa Anda gunakan untuk menghapus Kartu Kdedit. Bedanya jika untuk registrasi kode smsnya adalah ‘Reg’ maka untuk menghapus, kode smsnya adalah ‘Unreg’. Jadi format pengiriman SMSnya adalah ‘Unreg <spasi> KK <spasi> kode akse <spasi> nomor kartu kredit atau kode akses.

5. Cek Informasi Tagihan dan Transaksi Kartu Kredit

Masih transaksi kartu kredit, transaksi selanjutnya yang bisa Anda lakukan melalui sms Banking BCA adalah mengecek informasi tagihan serta transaksi apa saja yang menggunakan kartu kredit Anda. Cara pengiriman dan format smsnya pun tak jauh berbeda.

Untuk mengecek informasi tagihan Kartu Kredit yang Anda gunakan, format pengiriman smsnya adalah ‘Tagihan <spasi> kode akses‘ jadi jika kode akses Anda adalah 1011, maka format pengiriman pesannya adalah ‘Tagihan <spasi> 1011 lalu kirimkan ke nomor 69888.

Sedangkan untuk informasi transaksi apa saja yang menggunakan kartu kredit Anda, format pengiriman smsnya adalah ‘Transaksi <spasi> kode Akses’ lalu kirimkan ke nomor 69888.

6. Beli Pulsa dari SMS Banking

Transaksi terakhir yang bisa Anda lakukan dari SMS Banking adalah pembelian pulsa. Cara menggunakan SMS Banking BCA untuk membeli pulsa juga cukup mudah. Cukup kirim sms dengan format ‘Pulsa <spasi> nominal pulsa (sudah dalam ribuan) <spasi> kode akses‘ kirim ke 69888. Maksudnya, Anda tinggal menuliskan angka nominal pulsa yang diinginkan karena sudah terhitung dalam ribuan.

Misalnya Anda ingin mengisi pulsa 50 ribu, maka formatnya ‘Pulsa <spasi> 50 <spasi> 1011 lalu kirim ke 69888. Mudah bukan?

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang SMS Banking BCA, fitur apa saja yang bisa dinikmati serta bagaimana cara menggunakan sms Banking BCA ini. Dengan adanya layanan sms Banking ini akan membuat nasabah tetap bisa menikmati layanan perbankan dengan mudah dan efisien meskipun tanpa ada jaringan internet.