Cara Menghapus Riwayat di Google Chrome

Cara Menghapus Riwayat di Google Chrome, Mudah dan Cepat

Diposting pada

Saat ini ada banyak sekali aplikasi search engine yang tersedia. Namun, bisa dibilang bahwa yang paling populer ialah google chrome. Ada beberapa alasan mengapa sebagian orang lebih memilih google chrome sebagai browser merkea, salah satunya yakni karena mudah digunakan serta tidak terlalu berat.

Tidak hanya itu, aplikasi tersebut juga dapat ditemui secara gratis di play store atau bahkan sudah masuk secara otomatis sebagai aplikasi bawaan di telepon genggam maupun komputer Anda. Cara menghapus riwayat di google chrome pun sangatlah simpel jadi Anda dapat melakukannya sewaktu-waktu. Untuk lebih lengkapnya, berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Langkah Cara Menghapus Riwayat di Google Chrome

Hidup di zaman serba kompleks ini tentu banyak yang harus Anda pahami karena beberapa pasti masih terdengar asing bagi Anda. Nah cara cepat mengetahuinya jelas melalui browsing di internet, dengan demikian segala pertanyaan akan terjawab satu persatu. Bila sudah begitu maka akan tersisa bekas penelusuran yang dilakukan dan jika tidak dihapus maka bisa menghambat performa komputer maupun smartphone. Selain itu, penghapusan juga sangat bermanfaat demi mendapatkan adsense. Tenang saja sebab cara menghapus riwayat di google gampang kok, ikuti saja berikut ini.

1. Buka Google Chrome

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa pada kesempatan kali ini lebih mengarah terhadap pembuangan sisa browsing di google chrome. Penghapusan tersebut akan memberikan banyak manfaat mulai dari aplikasi menjadi lebih ringan hingga membuat performanya lebih cepat.

Maka sudah pasti bahwa langkah pertama cara menghapus riwayat di google yakni dengan membuka terlebih dahulu aplikasi chrome yang sering Anda gunakan. Caranya mudah, Anda hanya perlu menyentuhnya sekali atau klik kiri pada komputer maka secara otomatis akan masuk ke dalamnya.

2. Masuk ke Google

Bila langkah di atas sudah dilakukan dengan tepat maka otomatis Anda telah berada di Google. Sebenarnya ada juga pilihan lain yakni dengan memasuki salah satu situs milik Anda. Jadi dua pilihan tersebut dapat dipikirkan terlebih dahulu mana yang hendak di ambil.

Bila sudah maka cara menghapus riwayat di google selanjutnya ialah dengan mengklik tombol yang ada di pojok kanan atas. Bentuknya menyerupai garis namun tiga titik. Intinya menu tersebut berada di pojok kanan atas jadi akan sangat mudah menemuinya.

3. Langkah Lanjutan

Jika sudah mengklik atau tap pada tiga titik pada tahap cara menghapus riwayat di google sebelumnya maka Anda akan disajikan banyak sekali pilihan menu yang tersedia. Baca terlebih dahulu satu persatu kemudian carilah pilihan menu dengan nama more tools. Atau bila komputer maupun telepon genggam dengan bahasa Indonesia maka temukan menu dengan nama alat lainnya.

Biasanya menu tersebut terletak di antara pilihan menu find dan edit. Nah jika sudah menemukannya maka cara mudah hapus riwayat google kali ini hanya perlu klik menu more tools tersebut kemudian ikuti beberapa instruksi setelahnya.

4. Bersihkan Data Browsing

Sudah berhasil mengikuti arahan di atas tentu memudahkan dalam mengikuti tahapan cara menghapus riwayat di google berikutnya. Sebenarnya sesaat setelah Anda mengklik menu more tools maka Anda akan kembali disajikan banyak pilihan yang dapat digunakan.

Masing-masing mempunyai perintah berbeda jadi Anda tidak boleh salah dalam memilihnya. Pastikan klik pilihan clear browsing data. Sebab itulah tujuan Anda melalui beberapa langkah sebelumnya. Bila berbahasa Indonesia maka klik pilihan bersihkan data penelusuran.

5. Pilih Data yang Dihapus

Cara menghapus riwayat di google chrome pada langkah ini akan sangat berjalan mudah. Bagaimana tidak, Anda hanya perlu memberikan tanda penghapusan dari riwayat penelusuran yang pernah dilakukan. Pemilihannya bisa berdasarkan dari waktu, jam, hari, maupun beberapa minggu terakhir.

Beberapa data mungkin tidak ingin Anda hapus jadi selektiflah data yang benar-benar ingin dihapus. Cara menghapus riwayat di google agar lebih cepat maka lebih baik tandai saja beberapa data yang ingin dihapus. Mudah kok Anda hanya perlu memberikan tanda centang terhadap riwayat pencarian tersebut.

6. Hapus Data yang Sudah Dipilih

Pada tahapan cara menghapus riwayat di google chrome sebelumnya Anda sudah melakukan penandaan semua data yang ingin dihancurkan. Teliti lagi apakah semua file tersebut benar-benar dihapus atau paling engga mungkin ada yang ingin disisakan. Pastikan Anda sudah yakin dengan semua yang sudah diberi centang.

Jika sudah kini saatnya memulai proses penghapusan yakni dengan cara klik atau tap clear browsing data kemudian akan muncul pemberitahuan bahwa file yang akan dihapus tidak akan bisa ditemui lagi dan permanen telah dihilangkan. Bila sudah yakin maka segera saja klik ok, Got it. Maka otomatis semua data yang dipilih mengalami penghapusan. Tunggulah beberapa saat karena biasanya cara akan memakan banyak waktu bergantung seberapa banyak file yang ada.

Baik itulah beberapa urutan tips dan cara menghapus riwayat di google chrome. Bila diperhatikan lagi maka sebenarnya cara di atas sangatlah mudah untuk diikuti dan dipahami. Tak ayal banyak orang sudah bisa melakukannya. Pada dasarnya tips yang telah disajikan tersebut lebih mengarah para pemula yang bisa saja masih bingung dalam mengatasi permasalahan file sisa browsing. Bagaimanapun riwayat penulusan bisa menghambat jalannya telepon genggam maupun komputer ketika melakukan aktivitas yang berhubungan dengan internet. Jika tidak dihapus secara rutin maka jelas dapat menghambat performa yang dimilikinya.