Cara Menghindari Kegemukan

Cara Menghindari Kegemukan – Tips Agar Tubuh Tetap Langsing

Diposting pada

Cara Menghindari Kegemukan – Kegemukan terjadi apabila massa tubuh melebihi body mass index (BMI), lantas bagaimana cara menghindari kegemukan?

Berikut ini beberapa cara menghindari kegemukan:

  1. Jika saat ini dalam kondisi “gemuk”, jangan minum obat pelangsing bebas yang mengandung diuretik. Obat ini menyebabkan kita kehilangan cairan tubuh dengan cepat sehingga mudah menjadi langsing. Namun obat ini biasanya mengandung efek samping, yaitu jantung berdebar-debar, susah tidur dan terkadang kita mengalami dehidrasi.
  2. Kurangi kebiasaan ngemil
  3. Turunkan jumlah kalori yang masuk, dengan mempertahankan pola makan sehari 3 kali. Hal ini bisa dilakukan dengan mengurangi jenis karbohidrat yang dimakan (nasi, roti, jagung, gandum, makaroni, mie, kentang, ubi, dan lain-lain(, dan memperbanyak sayuran dan buah-buahan. Serta mengganti bentuk camilan dengan memakan buah.
  4. Menambah aktivitas fisik. Gemuk biasanya disebabkan oleh banyaknya asupan tanpa diimbangi dengan “pengeluaran” energi alias olahraga. Akrabkan tubuh dengan aktivitas fisik, misalnya pilih naik tangga daripada naik lift, berjalan kaki, bersepeda, senam, berenang, dan lain-lain.
  5. Kurangi asupan makanan yang berlemak dan berenergi tinggi, seperti daging berlemak, usus, sosis, kelapa, santan, es krim, margarin, permen, susu kental manis, dan lain-lain.
  6. Pilih makanan sehat dan seimbang gizinya. Jika gemar memasak, pilih resep yang rendah lemak, rendah garam, dengan metode memasak dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang. Batasi atau kurangi jenis masakan yang digoreng.
  7. Makan malam lebih awal, maksimal 2 jam sebelum tidur.
  8. Kunyah makanan dengan sempurna. Hal ini akan membutuhkan waktu yang relatif lama
  9. Makan dengan menggunakan piring kecil atau piring yang berbentuk datar, sehingga makanan sedikitpun terkesan banyak.
  10. Singkirkan alat makan atau tinggalkan meja makan dengan segera setelah makan. Hal ini untuk menghindari keinginan untuk menambah atau menghabiskan sisa makanan.
  11. Jangan makan sambil membaca atau menonton televisi, hal ini menyebabkan kita tidak sadar berapa makanan yang sudah masuk.

Itulah beberapa tips cara menghindari kegemukan yang dapat disampaikan. Semoga cara tersebut bisa membantu Anda agar terhindar dari kegemukan atau tetap langsing.