Cara Menjadikan Xiaomi Sebagai Modem Dengan Bluetooth Tethering

Diposting pada

Tak hanya hotspot tethering, cara menjadikan Xiaomi sebagai modem dengan bluetooth tethering juga menjadi fitur yang menguntungkan dari Xiaomi.

Pengguna Xiaomi mungkin pernah mendengar atau memanfaatkan cara menjadikan Xiaomi sebagai modem dengan bluetooth tethering. Ya, fitur ini adalah salah satu fitur tethering yang bisa Anda nikmati dari ponsel Xiaomi, selain hotspot tethering dan USB tethering.

Tethering adalah inovasi solusi yang ditawarkan oleh gadget smartphone untuk penggunanya. Dengan adanya fitur ini terbukti telah menggantikan peran modem konvensional yang pada kenyataannya memang lebih menguntungkan jika menggunakan tethering.

Cara Menjadikan Xiaomi Sebagai Modem Dengan Bluetooth Tethering

Apakah Bluetooth Tethering Itu?

Sebelum mengetahui tentang bagaimana cara menjadikan Xiaomi sebagai modem dengan bluetooth tethering yang harus Anda ketahui terlebih dahulu adalah apa itu bluetooth tethering. Bluetooth tethering ini adalah fitur yang ada di dalam ponsel Xiaomi yang memungkinkan pengguna untuk berbagi koneksi internet ke perangkat lain.

Berbeda dengan USB tethering yang bisa menjadi penyedia koneksi internet pengganti Wifi untuk laptop yang membutuhkan USB untuk menghubungkannya, maka bluetooth tethering ini tidak perlu. Selain tidak perlu menggunakan kabel USB, bluetooth tethering ini juga memberikan banyak keunggulan lain bagi penggunanya. Apa saja keunggulan tersebut?

Keunggulan Menggunakan Bluetooth Tethering

Setelah mengetahui apa itu bluetooth tethering, sebelum mempelajari bagaimana cara menjadikan Xiaomi sebagai modem dengan bluetooth tethering, Anda juga harus tahu keuntungan atau alasan mengapa Anda harus menggunakan bluetooth tethering. Sudah sedikit dijelaskan sebelumnya, bluetooth tethering ini lebih mudah digunakan dibandingkan USB tethering.

Salah satu alasan mengapa Anda harus menggunakan bluetooth tethering adalah kemudahan menggunakannya. Dengan Bluetooth tethering ini Anda tak perlu menggunakan USB yang pastinya sedikit merepotkan. Ada alasan lain yang juga merupakan keuntungan menggunakan Bluetooth tethering ini.

Ketika berada di tempat umum yang tidak memiliki koneksi wifi, tethering adalah pilihan utama yang bisa Anda gunakan agar perangkat komputer Anda bisa tetap terhubung ke jaringan internet. Ada berbagai fitur tethering yang bisa Anda gunakan, salah satunya bluetooth tethering ini.

Dibandingkan dengan USB tethering, menggunakan bluetooth tethering memang lebih memudahkan karena Anda tidak perlu menggunakan USB untuk menyambungkannya. Hal ini tentu tidak akan merepotkan Anda sebagai pengguna. Dengan begitu kapan saja dan dimana saja, meskipun tidak membawa USB Anda, melalui bluetooth tethering dengan menggunakan Xiaomi, Anda bisa tetap bisa menggunakan layanan internet.

Cara Mengaktifkan Tethering Bluetooth

Setelah mengetahui keuntungannya, selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara menjadikan Xiaomi sebagai modem dengan bluetooth tethering. Ada beberapa tahap langkah untuk menjadikan ponsel Xiaomi Anda menjadi bluetooth tethering. Berikut adalah langkah-langkahnya.

A. Aktifkan Bluetooth Tethering pada Ponsel Xiaomi

Tahap awal dalam cara menjadikan Xiaomi sebagai modem dengan bluetooth tethering adalah dengan mengaktifkan bluetooth tethering pada ponsel Xiaomi Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Masuk Menu ‘Settings’ > Wireless & Network > More

Untuk mengaktifkan bluetooh tethering, pertama Anda harus masuk ke menu pengaturan terlebih dahulu. Di kategori Wireless & Network, pilih opsi ‘more’ untuk mengatur tethering.

2. Aktifkan Bluetooth Tethering

Setelah masuk ke menu More di dalam pengaturan Wireless & Network, klik menunya dan Anda akan melihat beberapa pilihan lain di dalamnya. Aktifkan Bluetooth tethering dengan menggeser tombolnya ke arah kanan.

B. Hubungkan Bluetooh Ponsel Anda ke PC

Langkah selanjutnya dari Tahap awal dalam cara menjadikan Xiaomi sebagai modem dengan bluetooth tethering adalah dengan mengaktifkan bluetooth pada perangkat komputer dan menyambungkannya dengan ponsel.

1. Masuk ke Menu ‘Control Panel’ > Devices & Printers

Jika sudah, langkah selanjutnya dari cara menjadikan Xiaomi sebagai modem dengan Bluetooth tethering adalah masuk ke meni Control Panel pada kategori Devices and printers. Pilih pada ‘Add Devices’ lalu klik pada nama smartphone yang akan disambungkan.

2. Pairing ke Ponsel dan Laptop

Di saat bersamaan di ponsel Xiaomi Anda akan muncul pemberitahuan ‘Pairing Request’. Pilih ‘Pair’. Lakukan langkah yang sama pada laptop Anda dan tunggu hingga muncul pemberitahuan ‘pairing success’.

C. Mengaktifkan Acces Point

Tahap selanjutnya dari cara menjadikan Xiaomi sebagai modem dengan Bluetooth tethering adalah mengaktifkan Acces point. Berikut adalah cara mengaktifkannya.

1. Pilih Smartphone Anda pada Menu ‘Devices and Printers’

Kembali ke menu Devices and Printers. Disana Anda akan lihat smartphone Anda yang sudah terhubung.

2. Klik Kanan ‘Access Point’

Pada ikon smartphone, klik kanan lalu klik Access Point. Maka setelah itu laptop Anda akan terhubung pada jaringan internet dari ponsel Xiaomi Anda. Selanjutnya Anda tinggal menikmati internet sesuai kebutuhan Anda.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang bagaimana cara menjadikan Xiaomi sebagai modem dengan Bluetooth tethering. Dengan cara ini akan semakin memudahkan Anda untuk berbagi akses internet tanpa harus membutuhkan perangkat tambahan berupa kabel data seperti pada USB tethering. Sayangnya cara ini hanya bisa diaplikasikan pada perangkat komputer yang memiliki fitur bluetooth di dalamnya.