Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara dengan Mudah

Diposting pada

Cobalah cara menonaktifkan whatsapp sementara tanpa aplikasi dan dengan aplikasi berikut bagi Anda yang merasa terganggu dengan notifikasi pesan.

Anda mungkin membutuhkan cara menonaktifkan whatsapp sementara karena pemberitahuan yang masuk terkadang sangat mengganggu. Dengan menonaktifkan sementara pemberitahuannya akan membuat pesan-pesan tetap masuk namun tidak akan muncul di pemberitahuan.

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara dengan Mudah

Notifikasi atau Pemberitahuan Whatsapp yang Mengganggu

Whatsapp saat ini sudah menjadi sarana komunikasi utama yang digunakan oleh hampir semua pengguna smartphone. Whatsapp memang menawarkan banyak keunggulan dari segi fitur serta memberikan kemudahan dalam berkomunikasi. Namun, terkadang justru karena kemudahannya ini jugalah yang sering membuat penggunanya merasa terganggu.

Misalnya ketika ada pesan dari orang yang tidak dikenal. Selain itu, whatsapp yang memiliki fitur grup juga membuat masalah ini semakin sering dialami penggunanya. Satu pengguna bahkan bisa bergabung dalam beberapa grup percakapan berbeda. Notifikasi dari percakapan grup inilah yang terkadang sangat mengganggu. Karena itu Anda bisa memanfaatkan cara menonaktifkan whatsapp sementara untuk menghindari hal tersebut.

Apakah Bisa Menonaktifkan Notifikasi Whatsapp Sementara Waktu?

Ketika mengalami masalah demikian, Anda pasti ingin menonaktifkan Whatsapp untuk sementara waktu. Hal ini mungkin serupa dengan ketika Anda menonaktifkan Instagram, dimana orang lain tidak akan bisa menemukan Anda untuk sementara waktu. Dengan cara menonaktifkan whatsapp sementara, orang lain masih bisa mengirimi Anda pesan, namun pesan tersebut tidak akan masuk ke notifikasi Anda.

Cara Menonaktifkan Whatsapp untuk Sementara Waktu

Trik menonaktifkan whatsapp sementara ini bekerja hampir sama dengan Anda menonaktifkan aplikasi whatsapp Anda. Dengan cara ini Anda bisa tetap online namun tidak akan mendapatkan pemberitahuan atau notifikasi pesan masuk di akun Anda.

Jika biasanya untuk membuat pemberitahuan whatsapp tidak bisa masuk Anda harus menonaktifkan paket data. Namun, dengan cara ini, maka Anda pasti tidak akan bisa mengakses apapun tanpa menggunakan layanan internet. Untuk itu, ada cara menonaktifkan whatsapp sementara tanpa harus menonaktifkan paket data. Dengan begitu Anda bisa tetap bisa mengakses aplikasi lain yang membutuhkan layanan Internet dengan tetap tidak mendapat pemberitahuan dari whatsapp Anda.

A. Menonaktifkan Whatsapp Sementara melalui Pengaturan

Menonaktifkan whatsapp sementara bisa dilakukan tanpa aplikasi dan dengan aplikasi. Cara menonaktifkan whatsapp sementara tanpa aplikasi bisa dilakukan melalui menu ‘Pengaturan’ yang pasti ada di setiap ponsel. Caranya cukup mudah. Ikuti langkah-langkah berikut.

1. Masuk ke Menu ‘Settings’

Langkah pertama dari cara menonaktifkan whatsapp sementara tanpa aplikasi adalah masuk ke menu ‘Pengaturan’ atau ‘Settings’ dari ponsel Anda. Pada menu ini akan ada banyak menu lain dengan fungsi berbeda-beda.

2. Pilih Menu ‘Manage Apps’ atau ‘Manager Aplikasi’

Di dalam menu ‘Setting’ ini, temukan menu ‘Manager Aplikasi’ atau ‘Manage Apps’. Di dalam menu manajer aplikasi ini akan ada berbagai aplikasi yang terinstal di dalam ponsel Anda. Temukan aplikasi Whatsapp.

3. Pilih Menu Force Stop

Setelah menemukan aplikasi Whatsapp, cara menonaktifkan whatsapp sementara selanjutnya adalah buka pilihan menu whatsapp tersebut dan pilih pada opsi ‘Force Stop’ atau Paksa Berhenti. Dengan memilih opsi ini Anda tidak akan mendapat notifikasi di whatsapp lagi.

B. Menonaktifkan Whatsapp Sementara dengan Aplikasi

Agar Anda tidak mendapatkan notifikasi lagi dari pesan di whatsapp, Anda juga bisa memanfaatkan bantuan daru beberapa aplikasi. Ada banyak aplikasi yang bisa Anda manfaatkan. Anda bisa memilih salah satu aplikasi sesuai kebutuhan. Ada aplikasi yang membutuhkan proses rooting, ada pula yang tidak. Jika Anda tidak ingin mengubah pengaturan di smartphone Anda, maka pilih aplikasi yang tidak membutuhkan proses rooting.

Cari dan unduh aplikasinya di Playstore secara gratis, seperti aplikasi Mobiwol, Greenify dan beberapa aplikasi sejenis. Ikuti prosedur instalasi dan mulai jalankan aplikasi untuk menonaktifkan sementara whatsapp Anda.

Fungsi Force Stop pada Menu Pengaturan

Ketika Anda menggunakan cara menonaktifkan whatsapp sementara tanpa aplikasi melalui menu pengaturan, maka Anda akan diminta untuk memilih Force stop. Apa sebenarnya fungsi force stop ini? Pilihan force stop pada menu pengaturan ini berfungsi untuk menonaktifkan sebuah aplikasi yang terinstal di smartphone Anda.

Ketika memilih opsi ini, maka sistem di dalam ponsel akan mematikan semua pekerjaan dan fungsi yang bekerja pada aplikasi tersebut. Dengan begitu, semua fungsi akan dimatikan. Begitupun ketika Anda melakukan force stop aplikasi whatsapp, maka aplikasi ini tidak akan bekerja seperti biasa. Whatsapp tidak akan bisa terhubung ke internet, bahkan juga tidak bisa menerima, mengirim bahkan membuat story di whatsapp.

Meskipun menjadi sarana komunikasi yang saat ini banyak digunakan, tak jarang pengguna whatsapp merasa terganggu. Adanya pesan dari nomor tidak dikenal serta pesan dari fitur grup obrolan terkadang sangat mengganggu. Menonaktifkan paket data atau layanan internet terkadang bekerja, namun ketika diaktifkan kembali, akan banyak notifikasi menumpuk yang masuk secara bersamaan. Karena itu Anda bisa memanfaatkan cara menonatifkan whatsapp sementara dengan beberapa cara di atas. Dengan begitu Anda tidak akan terganggu dengan notifikasi dari whatsapp.