Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara di Berbagai Tipe HP

Diposting pada

Cara menonaktifkan WhatsApp sementara dari berbagai tipe HP bisa Anda lakukan jika memang ada suatu hal yang mengharuskan Anda menonaktifkan aplikasi ini.

Meskipun menjadi salah satu sarana komunikasi, ada juga beberapa orang yang menggunakan cara menonaktifkan WhatsApp baik sementara waktu atau permanen. Hal ini dilakukan karena berbagai alasan. Mungkin terlalu mengganggu atau mungkin juga ingin berganti menggunakan sarana komunikasi lain.

Ketika ingin menonaktifkan WhatsApp sebenarnya bisa dilakukan dengan menonaktifkan paket data atau koneksi internet. Sayangnya, cara ini tidak cukup efektif karena ketika menonaktifkan koneksi internet, maka Anda tidak hanya akan menonaktifkan WhatsApp saja namun juga layanan dan fitur lain yang membutuhkan koneksi internet. Ditambah lagi, nantinya ketika koneksi internet dinyalakan lagi, maka notifikasi pesan masuk akan masuk secara bersamaan.

Untuk itu, Anda bisa menerapkan cara menonatifkan WhatsApp sementara agar tidak ada pesan yang masuk ke akun Anda meskipun status Anda sedang online. Berikut ini akan dijelaskan cara menonaktifkannya dari berbagai jenis atau tipe ponsel.

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara di Berbagai Tipe HP

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara di Berbagai Tipe HP Adroid

Jika Anda ingin menonaktifkan WhatsApp sementara, Anda harus memperhatikan tipe dan jenis HP yang Anda gunakan terlebih dahulu. Hal ini karena cara menonaktifkan WhatsApp akan berbeda tergantung merek atau tipe HP yang digunakan. Untuk itu, berikut ini adalah penjelasan menonaktifkan WhatsApp dari beberapa jenis HP.

A. Menonaktifkan Sementara WhatsApp dari HP Xiaomi

Cara Menonaktifkan WhatsApp sementara yang pertama adalah untuk HP Xiaomi atau HP merek apapun yang sudah menggunakan sistem operasi MIUI. Tips menonaktifkan WhatsApp ini cukup mudah karena hanya dilakukan melalui menu ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’.

1. Masuk ke Menu ‘Settings’ > System Apps

Langkah pertama, masuk ke menu ‘Pengaturan’ atau ‘Settings’ dari ponsel Anda. Di dalam menu Settings ini akan ada beberapa pilihan menu di dalamnya. Scroll ke bawah sampai Anda masuk ke kategori pengaturan Device. Pilih pada menu ‘System Apps’.

2. Pilih ‘Security’ > Data Usage

Setelah itu, pilih menu ‘Security’, maka di dalam menu ini Anda akan melihat beberapa pengaturan keamanan. Pilih pada menu ‘Penggunaan Data/Data Usage’. Setelah itu, pilih pada opsi ‘Restrict Data Usage’. Jika sudah, temukan aplikasi WhatsApp lalu hilangkan tanda centang pada opsi ‘Mobile data’ dan ‘Wifi’.

Pastikan tandanya sudah berubah menjadi tanda silang berwarna merah. Maka WhatsApp Anda tidak akan mendapat notifikasi meskipun terhubung ke internet.

B. Menonaktifkan Sementara WhatsApp di HP Oppo

Cara selanjutnya adalah cara menonaktifkan WhatsApp dari ponsel Oppo atau ponsel Realme. Caranya tak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, yaitu melalui menu ‘Settings’.

1. Masuk Menu ‘Settings’

Langkah pertama cara menonaktifkan WhatsApp sementara di HP Oppo adalah masuk ke menu Pengaturan / Settings. Di dalam pengaturan ini temukan menu ‘SIM Ganda & Jaringan Seluler’.

2. Pilih ‘WhatsApp’ > Hilangkan Tanda Centangnya

Setelah itu Anda akan melihat banyak aplikasi yang terinstal di ponsel Anda. Pilih WhatsApp lalu hilangkan tanda centangnya.

Cara ini hampir sama dengan cara menonaktifkan WhatsApp pada HP Xiaomi sebelumnya. Dengan cara ini akan mencegah aplikasi tertentu yang sudah Ansa atur tidak akan terhubung ke layanan internet meskipun Anda menyalakan paket data atau Wifi.

C. Menonaktifkan WhatsApp dari Jenis Ponsel Lain

Bagi Anda yang menggunakan ponsel merek lainnya, seperti Samsung, Vivo, Advan maupun Asus, cara menonaktifkan WhatsApp harus memanfaatkan aplikasi pihak ketiga seperti aplikasi Mobiwol. Untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga ini Anda tidak perlu melakukan root pada pinsel Anda. Untuk itu, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Download Aplikasi Mobiwol

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Mobiwol. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di Playstore. Aplikasi ini juga tidak membutuhkan rooting. Jadi Anda tidak perlu mengubah pengaturan original dari ponsel Anda.

2. Lakukan Proses Instalasi

Ketika mengunduh aplikasi ini ke perangkat Anda, maka akan secara otomatis dilakukan prosedur instalasi. Lakukan langkah instalasi sesuai dengan instruksi yang diberikan. Setelah proses instalasi, buka aplikasinya.

Ketika membuka aplikasinya akan ada notifikasi persetujuan untuk persyaratan penggunaan aplikasi. Pilih ‘setuju’ dan aplikasi akan langsung terbuka.

3. Cari Aplikasi WhatsApp > Tap Pada Opsi Mobile Data / Wifi

Setelah membuka aplikasinya, Anda akan ditampilkan pada beberapa pilihan aplikasi di dalamnya. Cari aplikasi WhatsApp. Sama seperti cara sebelumnya, untuk menonaktifkan sementara WhatsApp, tap pada opsi Wifi atau Mobile Data sampai tandanya berubah menjadi tanda silang.

Cara ini juga sama, akan membuat notifikasi WhatsApp Anda tidak masuk meskipun Anda terkoneksi ke jaringan internet. Aplikasi ini juga bisa digunakan pada merek ponsel apapun, tidak hanya ponsel yang disebutkan di atas.

Apakah Bisa Menonaktifkan WA secara Permanen?

Cara di atas adalah cara untuk menonaktifkan wa sementara. Lalu bagaimana jika ingin menonaktifkan wa secara permanen. Tidak ada cara menonaktifkan wa secara permanen. Jika Anda ingin non-aktif secara permanen, maka Anda harus menghapus akun WhatsApp Anda.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang cara menonaktifkan WhatsApp secara sementara dari berbagai jenis HP. Dengan cara tersebut memungkinkan Anda untuk tidak mendapat notifikasi masuk meskipun Anda sedang online.