Cara Nonaktifkan Lampu Tombol Navigasi Xiaomi yang Mengganggu

Diposting pada

Ada beragam cara nonaktifkan lampu tombol navigasi Xiaomi yang bisa Anda gunakan. Cara-cara tersebut bisa dikatakan sangat mudah dan tidak begitu rumit.

Cara nonaktifkan lampu tombol navigasi Xiaomi yang meliputi navigasi menu, back, dan juga home yang ada pada smartphone merk Xiaomi. Jika sebelumnya ada artikel mengenai cara mengganti warna led pemberitahuan Xiaomi, maka pada kesempatan ini ada akan membahasa artikel yang masih tidak jauh-jauh dari smartphone Xiaomi.

Banyak pemakai smartphone yang merasa cukup terganggu dengan adanya warna lampu yang ada di bagian tombol navigasi. Tombol navigasi ini maksudnya tombol yang berjumlah tiga yang letaknya di bagian layar smartphone Xiaomi. Sehingga mereka mencari cara nonaktifkan lampu tombol navigasi Xiaomi. Sebelum membahas caranya, terlebih dahulu mari kita cari tahu dahulu terkait tombol navigasi itu apa?

Cara Nonaktifkan Lampu Tombol Navigasi Xiaomi yang Mengganggu

Berkenalan dengan Tombol Navigasi Pada Smartphone

Selama ini kita sering mendengar istilah tombol navigasi, namun nyatanya jika disuruh menjelaskan belum tentu paham seratus persen. Secara pengertian tombol navigasi ialah tombol yang umumnya terletak di sisi bawah layar utama smartphone. Tombol navigasi ini memiliki fungsi dalam pengoperasian smatphone. Mulai dari fungsi pengembali ke menu utama, kembali ke home serta menampilkan beberapa aplikasi yang masih dibuka di bagian latar belakang.

Tombol navigasi pada setiap merk dan tipe smarphone tidak sama mulai dari satu tombol hingga 3 tombol. Khusus untuk smartphone Xiaomi tombol navigasinya berjumlah tiga tombol. Ketiga tombol tersebut biasa kita sebut dengan tombol home, menu, dan juga back. Biasanya ketiga tombol ini ditandai dengan ikon “lingkaran, kotak, dan juga tanda panah”.

Saat kita baru membeli smartphone Xiaomi dalam kondisi baru atau saat kita selesai menginstal ulang ROM, maka lampu tombol navigasi tersebut akan menyala. Hal ini lantaran smatphone Xiaomi kita masih dalam setelan pabrik, belum diapa-apakan sama sekali. Lantas bagaimana cara nonaktifkan lampu tombol navigasi Xiaomi? Apakah lampu itu membawa dampak buruk? Semua pertanyaan tersebut akan dijawab di bawah ini.

Dampak Lampu Tombol Navigasi Menyala

Mari kita jawab dahulu pertanyaan mengenai dampak lampu tombol navigasi menyala sebelum menjabarkan cara nonaktifkan lampu tombol navigasi Xiaomi secara rinci. Ada banyak orang yang merasa nyaman lantaran lampu pada tombol navigasi menyala. Hal ini lantaran mereka merasa terbantu dengan lampu yang menyala ketika mesti mengoperasikan menu smartphone saat berada di tempat yang kurang pencahayaan atau gelap.

Sebaliknya ada pula yang mengatakan jika lampu tombol navigasi menyala justru membuat tidak nyaman. Mereka beralasan jika lampu tersebut membuat silau mata ketika mengoperasikan smartphone, lantaran tidak dapat mengatur tingkat kecerahan lampu tersebut sehingga tidak butuh cara nonaktifkan lampu tombol navigasi Xiaomi ini.

Saya merupakan salah satu yang merasa terganggu jika lampu tombol navigasi smartphone Xiaomi menyala, terlebih jika sedang dalam ruangan atau tempat yang gelap. Saya cenderung merasa nyaman saat lampu di tombol navigasi smartphone Xiaomi itu mati. Sehingga saya bisa nyaman ketika mengetik walaupun di tempat yang gelap sekalipun. Fokus mata saya jadi tertuju total pada layar smartphone tanpa terpapar sinar lampu tombol navigasi yang selalu menyala.

Setelah saya mencari-cari langkah nonaktifkan lampu tombol navigasi Xiaomi, akhirnya saya mendapatkan cara atau langkah yang tepat untuk mematikan lampu tombol navigasi tersebut dan langkah tersebut saya bagikan di tulisan ini. Harapannya supaya saya tidak kerepotan mencari-cari tutorial di website lain serta bisa berbagi kepada kalian yang membaca tulisan ini.

Bagaimana Cara Menonaktifkan Lampu Tombol Navigasi Smartphone Xiaomi?

  1. Langkah pertama cara nonaktifkan lampu tombol navigasi Xiaomi adalah masuk ke menu setting, kemudian pilih “General” atau umum.
  2. Selanjutnya akan muncul berbagai pilihan menu, kemudian pilih “Notifications Light”
  3. Berikutnya akan muncul berbagai pilihan, langsung pilih menu yang paling atas, geser ke arah kiri untuk cara nonaktifkan lampu tombol navigasi Xiaomi kalian.
  4. Apabila mau mengaktifkan atau menghidupkan kembali lampu maka pada menu navigasi tersebut harus digeser ke kanan lagi.
  5. Selanjutnya di bagian bawah terdapat tampilan menu untuk mengatur durasi lama lampu tombol navigasi hidup atau menyala saat tidak disentuh.

Demikian tadi pembahasan mengenai cara nonaktifkan lampu tombol navigasi Xiaomi. Artikel atau tulisan ini ditulis sesuai dengan pengalaman penulis yang sudah diuji cobakan pada smartphone merk Xiaomi Redmi tipe Note 4 yang menggunakan ROM (Ready Only Memory) MIUI versi Globar Developer seri 8.4.12.

Sedangkan cara nonaktifkan lampu tombol navigasi Xiaomi dengan ROM  versi di bawahnya, masih sama dengan cara tadi. Hal ini lantaran fitur tersebut telah ada sejak MIUI versi lawas. Apabila ada pertanyaan atau permintaan tutorial yang terkait dengan Xiaomi, bisa kalian tulis di kolom komentar yang ada di situs ini. Semoga tulisan ini bermanfaat.