Cara Nonaktifkan Tombol Navigasi Xiaomi Pada Aplikasi Tertentu

Diposting pada

Ada beberapa cara nonaktifkan tombol navigasi Xiaomi pada aplikasi tertentu. Cara ini cukup penting ketika Anda membutuhkannya.

Cara nonaktifkan tombol navigasi Xiaomi pada aplikasi tertentu berikut ini pasti bisa Anda lakukan dengan mudah. Xiaomi memang terkenal sebagai brand yang banyak memberikan kebebasan pada penggunanya dalam melakukan sejumlah kustomisasi pada ponsel, termasuk juga tombol navigasi.

Cara nonaktifkan tombol navigasi Xiaomi pada aplikasi ini sangatlah mudah. Namun, tentunya ada langkah-langkah yang harus diikuti dan penjelasan yang harus diperhatikan supaya Anda bisa melakukannya dengan benar. Oleh karena itu, silahkan simak informasi berikut hingga selesai.

Cara Nonaktifkan Tombol Navigasi Xiaomi Pada Aplikasi Tertentu

Mengenal Tombol Navigasi dan Kegunaannya

Sebelum mengikuti cara nonaktifkan tombol navigasi Xiaomi pada aplikasi tertentu Anda harus mengenal terlebih dulu apa itu tombol navigasi dan seperti apa kegunaannya. Tombol-tombol tersebut berada pada bagian bawah layar smartphone dan terbagi menjadi tiga fungsi yaitu untuk kembali ke menu sebelumnya, kembali ke menu utama atau home, serta menampilkan jendela aplikasi yang sedang berjalan.

Tombol-tombol tersebut pastinya sangat berguna untuk memudahkan akses Anda terhadap segala aktivitas yang dilakukan melalui smartphone. Namun ada kalanya tombol navigasi malah jadi pengganggu terutama ketika ada aplikasi yang sedang dijalankan. Entah mungkin karena faktor ketidak sengajaan atau hal lain, saat tombol tersebut terpencet Anda akan dikembalikan ke menu sebelumnya atau malah kembali ke home.

Situasi seperti ini pasti sangat meresahkan terlebih lagi jika aplikasi yang sedang Anda gunakan adalah game online atau pemutar video. Maka dari itu untuk menjaga kenyamanan saat melakukan aktivitas apapun tombol tersebut haruslah diatur lagi sedemikian rupanya supaya tidak mengganggu aplikasi yang sedang dijalankan. Khususnya untuk nonaktifkan lampu tombol navigasi Xiaomi di aplikasi tertentu seperti pemutar video atau permainan.

Hal ini sangat mungkin dilakukan dengan cara nonaktifkan tombol navigasi Xiaomi pada aplikasi tertentu. Dengan cara ini maka Anda tidak perlu pusing lagi karena tombol yang salah pencet atau ketidak sengajaan lain yang dapat mengganggu kenyamanan Anda kini sudah bisa dihilangkan.

Cara Nonaktifkan Lampu Tombol Navigasi Xiaomi di Aplikasi Tertentu

Untuk melakukan cara nonaktifkan tombol navigasi Xiaomi pada aplikasi tertentu maka Anda perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini secara urut dan benar, supaya metode ini berjalan lancar.

1. Masuk Ke Pengaturan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke menu setting atau pengaturan ponsel

2. Masuk Ke Menu General

Setelah masuk ke dalam setting pilihlah menu general atau pengaturan umum

3. Pilih Settingan Untuk Button and Gesture Shorcuts

Cara nonaktifkan tombol navigasi Xiaomi pada aplikasi tertentu akan dilakukan melalui pengaturan button and gesture shorcuts, jadi masuklah ke menu tersebut untuk masuk ke pengaturan berikutnya.

4. Masuk ke Menu Automatically Disable Navigation Buttons

Setelah Anda masuk ke bagian Button and Gesture Shorcuts, silahkan sroll terus hingga menemukan menu pengaturan untuk Automatically disable navigation buttons. Posisis menu ini biasanya berada di bagian paling bawah.

5. Pilh Aplikasi

Poin inilah dimana Cara nonaktifkan tombol navigasi Xiaomi pada aplikasi tertentu dilakukan. Jadi pilihlah pada aplikasi mana Anda ingin mematikan tombol tersebut ketika digunakan. Pada menu pengaturan ini akan ditampilkan nama beserta ikon-ikon aplikasi yang terpasang pada smarthone Anda, jadi akan lebih mudah bagi Anda saat mengenalinya.

6. Pilih Mode Tombol Navigasi Yang Akan Diterapkan Pada Aplikasi Terpilih

Setelah Anda memilih aplikasi maka cara nonaktifkan tombol navigasi Xiaomi pada aplikasi tertentu Anda akan disuruh melakukan kustomisasi pada tombol navigasi. Adapun beberapa pilihan pada menu pengaturan ini seperti Ask to disable, Always disable, atau Never disable.

Ask to disable adalah keadaan dimana sistem akan meminta persetujuan pada Anda jika ingin menggunakan tombol navigasi atau menonaktifkannya saat aplikasi yang Anda pilih sedang dibuka. Dengan menekan yes maka tombol tetap bisa digunakan, sedangkan jika menekan no maka tombol navigasi akan langsung dimatikan.

Untuk pilihan selanjutnya yaitu Always disable maka saat aplikasi yang Anda pilih dibuka MIUI akan mematikan tombol navigasi secara langsung. Namun saat Anda menutup aplikasi tersebut maupun berpindah ke menu lain tombol navigasi masih bisa digunakan seperti biasa.

Sedangkan pada pilihan never disable yaitu keadaan seperti  saat ponsel Anda masih belum dirubah pengaturannya, yaitu tombol navigasi tetap aktif walau Anda menggunakannya pada aplikasi apapun.

Jadi pada langkah ini silahkan Anda ubah mode never disable pada aplikasi terpilih dengan kedua mode lainnya. Apabila Anda ingin ponsel menyesuaikannya dengan keinginan Anda maka sebaiknya pilih ask to disable, sedangkan bila Anda tipe orang yang tidak suka membuang waktu maka pilihlah Always disable.

Cara nonaktifkan tombol navigasi Xiaomi pada aplikasi tertentu cukup kompatibel dengan beberapa jenis ponsel keluaran Xiaomi terbaru seperti Mi Max, Mi Max 2, Redmi 4X, Redmi 5 Plus, Redmi Note 5, dan Mi 6. Sehingga cara tersebut pasti juga bisa Anda gunakan pada tipe hp Xiaomi lainnya, selamat mencoba.