Cara Tarik Tunai ATM BCA dengan Menggunakan Mesin ATM

Diposting pada

Cara melakukan tarik tunai ATM BCA harus diketahui tiap nasabah. Berikut hal-hal terkait proses tersebut, termasuk tentang limit dan cara tarik tunai tanpa kartu.

Melakukan tarik tunai ATM BCA adalah suatu hal yang wajar. Saat ini, banyak orang menggunakan layanan perbankan untuk menyimpan uangnya. Salah satunya adalah di Bank Central Asia atau BCA. Bank ini merupakan bank swasta yang pelanggannya cukup banyak di Indonesia. Hal ini terbukti dengan banyaknya kacab atau kantor cabang bank ini di seluruh wilayah Indonesia.

Jika kita memiliki tabungan uang di BCA dan ingin mengambil uang dari tabungan tersebut, hal itu bisa dilakukan melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri atau ATM. Mesin ATM BCA dapat ditemui dengan mudah baik di ruas-ruas jalan ataupun di mall dan minimarket. Bagaimana cara untuk melalukan tarik tunai ATM BCA?

Sebelum mengetahui jawaban untuk pertanyaan tersebut, di bawah ini ada keterangan tentang limit tarik tunai untuk ATM BCA. Baca keterangan tersebut sebelum melakukan tarik tunai agar semua transaksi berjalan lancar. Berikut adalah informasi terkait limit, cara tarik tunai ATM BCA, dan juga cara mengambil uang di ATM tanpa kartu.

Cara Tarik Tunai ATM BCA dengan Menggunakan Mesin ATM

Jumlah Limit (Batasan) Tarik Tunai di ATM BCA

Menarik uang dari mesin ATM tidak sebebas melakukan hal yang sama lewat teller bank. Ada jumlah limit atau batasan yang harus ditaati oleh nasabah. Berikut informasi tentang jumlah batasan jumlah uang yang bisa ditarik nasabah.

1. Limit Berdasarkan Jenis Kartu ATM BCA

Ada beberapa jenis kartu ATM BCA, mulai dari yang Blue (biasa) hingga yang eksklusif, seperti BCA Dollar contohnya. Tiap jenis kartu memiliki limit tersendiri. Berikut informasi selengkapnya terkait limit untuk tarik tunai ATM BCA tersebut:

  • Limit untuk kartu ATM BCA Blue: Rp. 7.000.000 per hari.
  • Limit untuk kartu ATM BCA Silver: Rp. 7.000.000 per hari.
  • Limit untuk kartu ATM BCA Gold: Rp. 10.000.000 per hari.
  • Limit untuk kartu ATM BCA Platinum: Rp. 10.000.000 per hari.
  • Limit untuk kartu ATM BCA Dollar: Rp. 10.000.000 per hari.

2. Limit Berdasarkan Jenis Mesin ATM BCA

Ada dua jenis ATM BCA yang dapat ditemui kebanyakan, keduanya yaitu ATM dengan isi uang Rp. 50. 000 dan ATM dengan isi uang Rp. 100.000. Keduanya memiliki batasan atau limit yang berbeda. Namun, keduanya sama-sama memiliki batasan untuk mengeluarkan maksimal 50 lembar uang per transaksi tarik tunai ATM BCA.

Namun, acuan ini tidak menentukan jumlah limit transaksi yang bisa dilakukan di ATM BCA. Untuk ATM uang 50.000, jumlah uang yang bisa ditarik dalam sekali transaksi adalah Rp. 1.250.000 dan di ATM BCA uang 100.000 adalah Rp. 2.500.000 sekali transaksi.

Melakukan Tarik Tunai di ATM BCA

Untuk melakukan tarik tunai ATM BCA, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Sebelumnya, tentu kamu harus datang ke ATM BCA. Temukan ATM BCA yang terdekat dan pastikan mesin ATM tersebut berfungsi atau tidak sedang dalam keadaan offline. Setelah itu, lakukan langkah-langkah yang akan dijelaskan di bawah ini:

  1. Temukan slot untuk memasukkan kartu ATM. Masukkan kartu ATM hingga kartu masuk (tertarik) ke dalam mesin.
  2. Akan muncul instruksi di layar untuk memasukkan Personal Identification Number (PIN). Ketikkan PIN ATM BCA yang kamu miliki (berupa 6 digit angka).
  3. Akan muncul beberapa pilihan nominal uang di layar mesin ATM, seperti Rp. 50.000, Rp. 100.000, dll. Pilih nominal uang yang akan ditarik.
  4. Jika ingin melakukan penarikan dengan jumlah yang lain selain yang ada di layar, pencet pilihan “Transaksi Lainnya”.
  5. Pilih opsi “Tarik Tunai” yang ada di layar.
  6. Masukkan jumlah uang yang akan ditarik dari ATM BCA tersebut (ingat-ingat tentang limit nominal yang dijelaskan tadi).
  7. Setelah selesai, klik “Benar” dan tunggu mesin ATM mengeluarkan uang.
  8. Setelah uang diambil, pilih opsi “Tidak” saat di layar ATM ada pertanyaan “Apakah Anda ingi melakukan transaksi lainnya”. Kemudian tunggu hingga kartu ATM keluar.

Melakukan Tarik Tunai di ATM BCA Tanpa Kartu

Bagaimana jika kamu ingin melalukan tarik tunai ATM BCA tapi tidak perlu dengan kartu ATM? Ada caranya dan ternyata cukup mudah. Syaratnya, kamu harus memiliki akses ke layanan Mobile Banking BCA atau BCA Mobile.

Tanpa akses ke BCA Mobile, tarik tunai ATM BCA tanpa kartu tidak dapat dilakukan. Setelah memastikan kamu memiliki akses dan nomor HP teregistrasi untuk BCA Mobile, lakukan proses tarik tunai tanpa kartu berikut ini. Di bawah ini adalah cara lengkapnya:

  1. Bukalah aplikasi BCA Mobile yang terdapat di handphone atau gadget yang digunakan.
  2. Setelah aplikasi terbuka, cari pilihan m-BCA. Masuk ke dalam pilihan tersebut.
  3. Di sana akan ada beberapa pilihan lain, cari opsi “Tarik Tunai” kemudian pilih opsi tersebut.
  4. Kamu akan disuruh untuk mengisi nominal uang yang akan ditarik. Ketik dengan benar jumlah tersebut. Pilih “OK” atau “Lanjutkan”.
  5. Setelah itu, masukkan PIN untuk layanan m-BCA. Pastikan PIN dimasukkan dengan benar.
  6. Di layar HP akan muncul kode untuk melakukan tarik tunai tanpa kartu. Perhatikan dengan benar jam, tanggal, dan batas waktunya.

Sekarang, saatnya kamu melakukan tarik tunai ATM BCA untuk mendapatkan uang cash-nya. Untuk transaksi tarik tunai tanpa kartu ini, kamu harus menemukan mesin ATM BCA. Langkah-langkah selengkapnya adalah:

  1. Pada tanggal dan jam yang ditentukan, pergi ke ATM BCA. Pilih opsi “Transaksi Tanpa Kartu”.
  2. Akan muncul beberapa pilihan, pilih opsi “BCA Mobile”.
  3. Kemudian, masukkan nomor HP yang kamu gunakan untuk transaksi BCA Mobile.
  4. Lanjutkan proses dengan memasukkan kode tarik tunai yang sudah muncul di layar HP sebelumnya tadi.
  5. Tunggu mesin ATM untuk mengeluarkan uang sesuai dengan nominal yang tadi sudah dimasukkan melalui aplikasi m-BCA.
  6. Pilih “Selesai”.

Sebagai kesimpulan, pada intinya tarik tunai ATM BCA bisa dilakukan dengan sangat mudah. Intinya, jangan panik jika transaksi lambat atau terkesan tidak lancar. Tetap tenang dan hubungi petugas sekuriti yang ada di ATM tersebut. Jika ATM BCA yang didatangi terletak di mall atau minimarket, minta penjaganya untuk membantu jika ada kesulitan saat menggunakan ATM.

Karena transaksi di ATM BCA juga bisa dilakukan tanpa kartu, pastikan dulu semua syarat dan format sudah lengkap sebelum menuju ke ATM agar kamu tidak terlalu lama menggunakan mesin ATM tersebut dan membuat antrian panjang. Terakhir, jangan lupa pastikan kartu ATM sudah diambil kembali ketika transaksi selesai jika penarikan uang dilakukan dengan kartu.

Karena prosesnya singkat dan cepat, transaksi tarik tunai ATM BCA memang menjadi pilihan nomor satu bagi nasabah BCA untuk mengambil sejumlah uang dari dalam rekening tabungannya. Semua informasi di atas sangat berguna bagi mereka yang kerap melakukan transaksi keuangan, terutama tarik tunai lewat ATM BCA.