Cara Tayammum yang Benar dalam Islam

Diposting pada

Bagi sebagian orang yang hendak berwudhu saat sedang berada dalam kereta, pesawat, atau kendaraan lain yang minim air. Begini cara tayammun yang benar dalam islam.

Ibadah merupakan kewajiban umat beragama yang harus dilakukan. Apabila dikerjakan akan mendapat pahala, dan yang tidak mengerjakan mendapat dosa dan masuk neraka. Kewajiban seorang muslim adalah sholat 5 waktu yaitu subuh, dzuhur, ashar, aghrib, dan isya. Dimanapun anda berada, sebagai seorang muslim wajib hukumnya untuk melaksanakan sholat. Dalam keadaan bergelimang air maupun tidak ada air bukan menjadi suatu alasan tidak melaksanakan sholat.

Cara Tayammum yang Benar dalam Islam

Cara Melakukan Tayammum yang Benar

Dalam islam mengajarkan bahwa apabila hendak sholat namun tidak ada air, maka anda bisa melakukan tayamum. Namun tidak semua hal bisa dibenarkan untuk melakukan tayamun karen berhubungan dengan kesucian. Anda haruslah mengetahui cara tayammum yang benar sehingga sah untuk sholat. Bagi anda yang mengaggap tayammum harus menggunakan debu, ternyata banyak diperdebatkan oleh banyak ulama. Namun pada dasarnya anda bisa melakukan tayammum dengan menggunakan apa – apa yang ada di permukaan bumi yang mengandung unsur debu. Seperti yang telah dituliskan dalam Al – Qur’an (QS. An-Nisa: 43)

( فَتَيَمَّمُوا صَ عِيدًا طَيِّبًا (سورة النساء: 43)

Artinya “Hendaklah kalian bertayammum dengan sha’iidan thayyiban.”

الصعيد: adalah permukaan bumi

الطيب artinya suci.

Anda bisa menggunakan kerikil, batu, tanah liat, dinding yang belum dilapisi, debu, tanah, dan pasir. Atau yang lain – lain yang ada di permukaan bumi saat benar – benar tidak ada persediaan air. Cara melakukan tayammum yang benar adalah sama seperti anda berwudlu menggunakan air, kecuali berkumur. Dengan mengusapkan debu ke area yang wajib dikenai ketika berwudlu.

Anda diperkenankan bertayammum ketika berada dalam perjalanan dan benar – benar tidak ada persediaan air saat dicari dengan sungguh – sungguh. Faktor lain yang memperbolehkan anda untuk bertayammum adalah ketika anda sedang sakit, yang tidak memungkinkan anda untuk beranjak dari tempat tidur.

Doa Dan Niat Yang Harus Dilafalkan Ketika Anda Hendak Bertayammum

Niat Tayammum :

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاِسْتِبَاحَةِ الصَّلاَةِ فَرْضً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitut tayammuma li – istibahatis sholaati fardhal lillaahi ta ‘aalaa

Artinya: “Sengaja aku  bertayamum untuk melakukan sholat, fardhu karena Allah Ta’ala

Doa Tayammum :

Asyhadu Allaa Ilaaha Illalloohu Wandahuu Laa. Syariika Lahu Wa Asyhadu Anna Muhammadan ‘Abduhuuwa Rosuuluhuu, Alloohummaj ‘alnii Minat Tawwaabiina Waj ‘alnii Minal Mutathohhiriina.

Artinya: Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci (sholeh).

1. Cara yang Benar saat melakukan tayammum:

  • Sudah waktunya sholat
  • Benar – benar tidak mendapatkan air
  • Menggunakan benda yang mengandung debu
  • Mengusap muka, tangan, tertib berurutan seperti berwudlu menggunakan air.
  • Membaca doa setelah wudlu

2. Hal – Hal Yang Dapat Membatalkan Tayammum ada 3 perkara, yaitu:

  • Semua hal yang membatalkan Wudlu itu sendiri
  • Mengetahui adanya air
  • Keluar dari Islam (Murtad)

3. Hal – Hal yang di Sunnahkan dalam Melakukan Tayammum:

  • Membaca basmallah
  • Mendahulukan yang kanan
  • Membaca syahadat

Demikian cara Tayammmum yang benar yang bisa anda lakukan ketika anda hendak sholat namun tidak adanya persediaan air sedikitpun. Allah SWT telah mempermudah hambanya untuk melaksanakan beribadah. Dan Allah SWT tidak membebani hamba–Nya melebihi batas kemampuannya. Semua sudah dituliskan dalam Al–Qur’an yang bertujuan untuk memperkuat keimanan ketaqwaan manusia.