Cara Transfer BCA ke BNI via ATM dengan Benar

Diposting pada

Berikut ini adalah kode bank beserta cara transfer BCA ke BNI via ATM yang benar. Ketika melakukan transaksi antar bank, terutama transfer, hal paling penting yang harus diketahui nasabah adalah kode bank penerima.

Sebagai pengguna layanan dari Bank BCA, Anda harus tahu bagaimana cara transfer ke rekening bank lain, seperti transfer BCA ke BNI via ATM misalnya. Dengan mengetahui hal ini akan semakin memudahkan Anda dalam melakukan transaksi antar bank.

Setiap pengguna layanan perbankan bisa dipastikan tidak hanya melakukan transaksi ke sesama bank saja. Transaksi antar bank, terutama transfer adalah hal yang setidaknya pernah dilakukan setiap nasabah. Karena itu, Anda sebagai nasabah pengguna layanan perbankan Anda harus tahu bagaimana cara melakukan transfer antar bank.

Melakukan transaksi antar bank bisa dilakukan dengan mudah dari ATM. Meskipun akan ada biaya transaksi yang harus Anda keluarkan, namun hal tersebut tentu sebanding dengan kemudahan dan efektivitas bertransaksi Anda.

Melakukan transfer via ATM lebih banyak dipilih karena lebih mudah melakukan transfer dari ATM dibandingkan transfer tunai yang mengharuskan Anda datang langsung ke bank. Hal ini karena jaringan ATM yang sudah ada dimana-mana dan ditemukan dengan mudah, membuat transaksi yang Anda lakukan juga jadi lebih mudah.

Jika Anda ingin melakukan transfer dari rekening BCA ke rekening bank lain, seperti transfer BCA ke BNI via ATM misalnya, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui agar proses transfer bisa berhasil dan uang yang ditransfer bisa terkirim ke rekening penerima.

Cara Transfer BCA ke BNI via ATM dengan Benar

Kode untuk Transfer dari Rekening Bank BCA ke Bank BNI

Sebelum mengetahui cara transfer BCA ke BNI via ATM hal pertama yang harus Anda ketahui adalah kode bank penerima. Berbeda dengan ketika transfer ke rekening sesama BCA yang tidak membutuhkan kode bank tujuan. Transfer antar bank membutuhkan kode bank penerima agar transfer bisa diproses.

Setiap bank memiliki kode berbeda-beda yang digunakan sebagai kode ketika akan melakukan transfer. Jika Anda nasabah Bank BCA dan ingin melakukan transfer ke  bank lain seperti Bank BNI misalnya, maka Anda harus tahu kode bank untuk BNI.

Saat melakukan transfer ke Bank BNI Anda harus memasukkan kode Bank BNI, yaitu 009, bersama dengan nomor rekening penerima. Kode bank ini harus dimasukkan bersama dengan nomor rekening agar transaksi transfer Anda bisa diproses.

Biaya untuk Transfer dari Bank BCA ke Bank BNI

Tidak hanya transfer dari Bank BCA ke Bank BNI saja, setiap transaksi yang dilakukan antar bank yang berbeda akan dikenakan tarif transaksi. Tarik transaksi yang dikenakan bisa berbeda-beda tergantung regulasi yang diterapkan oleh masing-masing bank tersebut.

Untuk biaya transfer BCA ke BNI via ATM   yang harus nasabah bayarkan adalah Rp 6.500. Biaya transfer ini nantinya akan diambilkan dari rekening Anda secara langsung. Karena itu, ketika akan transfer, pastikan saldo rekening Anda masih setidaknya tidak berisi 0 rupiah setelah digunakan untuk melakukan transfer.

Estimasi Waktu Transfer

Umumnya, ketika transfer dari berbeda bank via ATM, tidak akan membutuhkan waktu lama untuk uangnya diterima oleh pihak penerima. Namun ada pula kondisi tertentu yang membuat proses transfer jadi memakan sedikit waktu. Tak perlu khawatir karena uang yang Anda kirimkan akan tetap terkirim ke rekening penerima. Asalkan Anda sudah mengikuti prosedur cara transfer BCA ke BNI via ATM.

Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk transfer itu adalah kurang lebih 0-2 hari pada hari kerja. Jika Anda kebetulan melakukan transfer di hari akhir pekan seperti hari Sabtu atau Hari Minggu dan belum terkirim, maka tunggu hingga hari senin.

Cara Transfer dari Rekening BCA ke Rekening BNI via ATM

Penjelasan di atas adalah penjelasan lengkap tentang hal dasar apa saja yang harus nasabah ketahui berkaitan dengan proses transfer antar bank atau dari bank yang berbeda, berikutnya, sebagai nasabah yang menggunakan layanan dan produk perbankan, Anda harus tahu juga Bagaimana cara transfer ke antar bank atau transfer ke rekening bank berbeda.

Berikut adalah cara mudah transfer BCA ke BNI via ATM. Pertama , Anda harus ke mesin ATM BCA terlebih dahulu. Jika tidak ada mesin ATM BCA, sekarang sudah ada fasilitas ATM Bersama yang memungkinkan untuk digunakan nasabah dari bank apapun. Jika sudah menemukan ARM, selanjutnya ikuti langkah transfer BCA ke Rekening BNI berikut.

1. Masukkan Kartu ATM dengan PIN ATM

Setelah Anda menemukan ATM BCA terdekat, langkah berikutnya dari cara transfer BCA ke BNI via ATM adalah masukkan dulu kartu ATM bersamaan dengan itu masukkan juga PIN ATM Anda untuk bisa mengakses akun rekening BCA Anda dari ATM tersebut.

Setelah memasukkan PIN ATM Anda, nantinya Anda akan langsung ditampilkan menu utama transaksi dari ATM. Menu utama ini biasanya terdiri dari beberapa jumlah nominal uang untuk ditarik. Jika Anda tidak ingin menarik uang, abaikan menu ini dan langsung pilih pada menu ‘Transaksi Lainnya’.

2. Pilih Menu ‘Transfer’ dari Menu ‘Transaksi Lainnya’

Apabila sudah masuk ke menu ‘Transaksi Lainnya’, Anda akan kembali ditampilkan beberapa menu yang berkaitan dengan transaksi lain yang bisa dilakukan dari ATM. Pilih pada opsi ‘Transfer’. Selanjutnya akan ada pilihan tujuan transfer. Ada tujuan transfer ke sesama BCA atau transfer ‘ke Bank Lain’. Pilih pada opsi kedua ‘ke Bank Lain’.

3. Masukkan Kode Bank BNI

Ini adalah langkah paling penting dari cara transfer BCA ke BNI via ATM yaitu masukkan kode bank yang sudah disebutkan sebelumnya. Untuk kode bank BNI adalah 009. Masukkan kode tersebut. Kemudian klik pada tombol ‘Benar’.

4. Masukkan Nominal atau Jumlah Uang yang Akan Ditransfer

Setelah memasukkan kode bank, langkah selanjutnya adalah masukkan nominal atau jumlah uang yang akan ditransfer. Aturan transfer di Bank BCA, untuk jumlah uang yang bisa Anda transfer minimal adalah Rp 10.000. Jadi Anda tidak boleh transfer di bawah nominal tersebut.

5. Masukkan Nomor Rekening BNI Penerima

Apabila Anda sudah memasukkan nominal uang yang akan ditransfer, langkah selanjutnya dari cara transfer BCA ke BNI via ATM adalah memasukkan nomor rekening BNI penerima. Masukkan setiap angka nomor rekening penerima dengan benar. Jika salah, maka transaksi Anda juga tidak akan bisa diproses.

6. Konfirmasi Nama Penerima dan Jumlah Uang

Nah, langkah terakhir dari cara transfer BCA ke BNI via ATM adalah melakukan konfirmasi data penerima dan jumlah uang yang dikirimkan. Setelah memasukkan  nomor rekening tadi, Anda harus tekan tombol ‘Selanjutnya’. Setelah itu, Anda akan dialihkan ke tampilan konfirmasi. Pada tampilan ini akan ditampilkan data penerima, mulai dari nama hingga jumlah uang yang akan ditransfer. Cek kembali apakah data penerima sudah benar.

Jika data penerima sudah benar, selanjutnya tinggal klik ‘Benar’ dan transaksi Anda akan diproses. Tunggu proses transfer selesai. Jika sudah selesai, struk transaksi akan keluar dengan sendirinya diikuti kemudian dengan kartu ATM Anda.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang prosedur dan cara transfer BCA ke BNI via ATM yang aman dan mudah. Cara tersebut bisa menjadi panduan bagi Anda yang sebelumnya belum pernah melakukan transaksi transfer antar bank.