Cara Transfer BCA ke BNI via m-Banking dengan Benar

Diposting pada

Bagi nasabah yang masih bingung cara transfer BCA ke BNI via m-Banking, berikut ini ada beberapa cara mudahnya.

Pengguna BCA kini bisa melakukan transfer BCA ke BNI via m-Banking untuk mendapatkan kemudahan sekaligus kenyamanan dalam melakukan transaksi. Layanan m-Banking dari BCA ini menjadi salah satu inovasi layanan yang saat ini sangat banyak dimanfaatkan.

Layanan m-Banking sendiri tidak hanya ditawarkan oleh Bank BCA saja. Bank lain pun sudah memanfaatkan layanan berbasis digital ini dengan tujuan yang sama, yaitu untuk memudahkan transaksi nasabahnya. Dengan adanya layanan ini, nasabah bisa melakukan transaksi bahkan dengan hanya menggunakan smartphone.

Mobile banking yang merupakan inovasi teknologi untuk perbankan ini diciptakan dengan berbagai fitur menarik dan menguntungkan di dalamnya. Fitur yang diciptakan juga tidak jauh-jauh dari produk perbankan atau layanan yang diberikan oleh masing-masing bank. Hampir semua bank sudah menggunakan layanan berbasis digital ini dengan variasi fitur yang berbeda-beda dengan fungsi yang berbeda-beda pula.

Salah satu layanan unggulan yang ditawarkan adalah kemudahan transfer baik antar sesama nasabah Bank BCA ataupun transfer ke antar bank, seperti transfer ke Bank BNI misalnya. Transfer BCA ke BNI via m-Banking memungkinkan nasabah mengirim uang ke rekening BNI tanpa perlu datang langsung ke bank atau ke ATM. Cukup menggunakan ponsel yang terkoneksi dengan jaringan internet, dalam satu sentuhan, transaksi Anda sudah diproses.

Sebelum Anda mulai menikmati layanan m-Banking BCA seperti layanan transfer BCA ke BNI via m-Banking, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan lebih dulu. Berikut ini akan dijelaskan dengan lebih jelas.

Cara Transfer BCA ke BNI via m-Banking dengan Benar

Daftar Layanan m-Banking dari ATM

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menikmati layanan perbankan dari m-Banking BCA termasuk juga melakukan transfer BCA ke BNI via m-Banking, hal paling utama yang harus Anda lakukan adalah mendaftar atau melakukan registrasi.

Proses registrasi ini juga tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu melakukan registrasi atau mendaftar di ATM. Persyaratannya juga cukup mudah karena Anda hanya membutuhkan rekening Bank BCA yang masih aktif atau belum terblokir. Selanjutnya Anda juga akan membutuhkan kartu ATM saat akan melakukan aktivasi. Pada saat melakukan registrasi, Anda nantinya akan diminta membuat PIN untuk mengakses m-Banking ini.

Proses aktivasi ini harus dilakukan setelah Anda melakukan registrasi di ATM. Untuk proses aktivasi, Anda harus mengunduh aplikasi mobile banking BCA dan mulai prosedur aktivasinya. Pada tahap aktivasi ini Anda juga akan diminta memasukkan 16 digit angka yang terdapat pada bagian depan kartu ATM BCA yang Anda miliki.

Biaya Satu Kali Transfer dari BCA ke BNI melalui m-Banking

Setiap kali melakukan transaksi antar bank, setiap bank juga pasti akan menerapkan biaya transaksi. Biaya transaksi yang diterapkan oleh masing-masing bank juga berbeda tergantung aturan atau regulasi yang diterapkan.

Biaya transfer BCA ke BNI via m-Banking yang harus dikeluarkan oleh nasabah sebesar Rp 6.500 per transfer. Anda tak perlu mengeluarkan uang lagi karena biaya ini akan langsung diampillkan dari saldo di dalam rekening Anda. Jadi saat melakukan transfer sisa saldo di dalam rekening Anda tidak boleh pas atau hanya mencukupi untuk ditransfer saja.

Cara Transfer dari Rekening BCA ke Rekening Tujuan BNI

Nah, setelah mengetahui hal apa saja yang harus Anda lakukan sebelum menikmati layanan m-Banking serta berapa biaya transaksi yang harus Anda keluarkan, selanjutnya Anda juga harus mengetahui cara transfer BCA ke BNI via m-Banking untuk lebih memudahkan Anda dalam melakukan transaksi.

Berbeda dengan transaksi lain yang dilakukan dari ATM, transaksi transfer BCA ke BNI via m-Banking ini tidak lagi membutuhkan kode bank. Yang Anda harus lakukan adalah mendaftarkan rekening penerima tersebut sebelum melakukan transfer. Berikut adalah langkah lengkap transfer BCA ke BNI via m-Banking.

A. Daftarkan Nomor Rekening Tujuan Transfer

Berbeda dengan transfer dari ATM yang butuh memasukkan nomor rekening setiap kali akan melakukan transfer, transfer BCA ke BNI via ATM tidak bisa memasukkan nomor rekening secara langsung. Anda harus sudah mendaftarkan nomor rekening tujuan terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka Aplikasi BCA Mobile > Pilih m-BCA

Langkah pertama, Anda pasti sudah memiliki aplikasi m-BCA karena saat proses aktivasi harus melalui aplikasi ini. Buka aplikasinya lalu temukan menu m-BCA. Anda harus login dengan kode akses yang sudah Anda buat sebelumnya. Setelah itu pilih menu ‘Transfer’.

2. Pilih Daftar Transfer > Antar Bank

Setelah masuk ke menu ‘Transfer’ Anda akan melihat beberapa pilihan menu lagi di dalamnya. Pilih pada opsi ‘Daftar Transfer’ selanjutnya akan ada beberapa pilihan transfer. Pilih pada opsi transfer ‘Antar Bank’ agar Anda bisa melakukan transfer ke Bank BNI.

3. Masukkan Nomor Rekening Penerima Transfer Kemudian Pilih Bank Tujuan

Langkah selanjutnya untuk transfer BCA ke BNI via ATM adalah masukkan nomor rekening Penerima transfer. Berikutnya Anda akan dialihkan ke pilihan beberapa bank tujuan transfer. Pilih Bank BNI. Selanjutnya klik ‘Send’ lalu klik pada tombol ‘OK’.

Jika sudah, maka proses mendaftarkan rekening tujuan sudah selesai. Selanjutnya Anda bisa langsung transfer uang ke rekening tujuan.

B. Transfer Uang ke Rekening Tujuan Anda

Apabila Anda sudah mendaftarkan nomor rekening tujuan atau penerima transfer, maka selanjutnya Anda sudah bisa mulai Transfer ke rekening tujuan yang sudah Anda daftarkan sebelumnya.

1. Kembali ke Menu m-Transfer

Setelah mendaftarkan nomor rekening penerima transfer dan nomornya sudah terdaftar, selanjutnya Anda sudah bisa mulai transfer. Kembali ke menu m-Transfer dari aplikasi mobile banking BCA Anda.

2. Pilih Transfer > Antar Bank

Jika sudah, pada menu m-Transfer ini pilih opsi ‘Transfer’ kemudian Anda akan diberikan pilihan untuk tujuan transfer, pilih pada opsi ‘Antar Bank’ jika Anda ingin melakukan transfer ke bank lain termasuk Bank BNI.

3. Masukkan Nomor Rekening yang Sudah Didaftarkan & Jumlah Uang yang Ditransfer

Tahap berikutnya untuk transfer dari BCA ke BNI adalah masukkan nomor rekening yang sudah Anda daftarkan sebelumnya. Masukkan juga jumlah uang yang akan ditransfer. Karena tidak memasukkan nomor rekening secara manual, maka pastikan nomor rekening sudah benar saat Anda mendaftarkannya.

4. Konfirmasi Data dan Jumlah Uang Transfer

Jika sudah memasukkan nomor rekening tujuan, diikuti dengan jumlah uang yang akan ditransfer, maka tampilan akan langsung dialihkan pada menu konfirmasi. Ini adalah langkah terakhir transfer BCA ke BNI via m-Banking. Disini akan ditampilkan nama penerima, nomor rekening dan jumlah uang yang ditransfer.

Periksa ulang semuanya sebelum memproses transaksi. Jika semua informasi transaksi transfer sudah benar, kemudian masukkan lagi PIN m-BCA Anda sebagai konfirmasi akhir transaksi. Setelah itu proses transfer pun selesai. Tinggal tunggu sampai ada notifikasi transaksi berhasil.

Melakukan transaksi via mobile banking adalah cara transaksi yang saat ini banyak digunakan nasabah. Melalui aplikasi mobile banking seperti m-BCA milik Bank BCA ini, nasabah bisa melakukan transaksi apapun dan dimanapun asalkan terhubung ke jaringan internet. Penjelasan cara transfer BCA ke BNI via m-Banking di atas akan membantu Anda dalam melakukan transaksi lebih mudah.