Cara Transfer BCA ke BRI via Internet Banking dengan Cepat

Diposting pada

Jika ingin transfer BCA ke BRI via Internet Banking, Anda cukup menggunakan Klik BCA dan Key BCA. Transfer antar bank tidak perlu lagi datang ke teller.

Transfer BCA ke BRI via Internet Banking dapat dilakukan dimanapun dengan mudah. Agar transfer berjalan lancar, Anda membutuhkan akun dan akses ke Klik BCA dan key BCA. Kedua saling berkaitan karena Klik BCA adalah fasilitas perbankan yang khusus untuk transaksi via internet. Untuk Key BCA, nasabah membuatnya sebagai akses ibarat kunci sehingga transaksi dapat diverifikasi.

Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana proses transfer BCA ke BRI via Internet Banking. Ada beberapa yang harus Anda ketahui. Yang pertama, BCA dan bri adalah dua bank berbeda sehingga transaksi akan dikenakan biaya. Selanjutnya, Anda harus sudah terdaftar di klik BCA. Kepemilikan buku tabungan  belum cukup untuk akses Klik BCA. Pendaftaran dapat melalui teller atau ATM.

Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dengan seksama. Meskipun Anda sudah terbiasa melakukan transaksi secara online, BCA masih memberikan sistem keamanan secara periodik sehingga aman dan bebas dari gangguan.

Cara Transfer BCA ke BRI via Internet Banking dengan Cepat

Pendaftaran Internet banking BCA

Sebelum melanjutkan ke cara transfer BCA ke BRI via Internet Banking, Anda harus punya rekening BCA terlebih dahulu serta akses ke Internet banking. BCA memberikan kemudahan untuk nasabah yang ingin daftar internet banking dan mendapatkan key BCA. Pertama, Anda mendatangi ATM BCA terdekat lalu gunakan kartu ATM untuk daftar. Masukkan pin ATM lalu memiliki menu daftar e-banking. Setelah berhasil, Anda akan mendapatkan struk berisi UserID.

Akun sudah siap tetapi masih harus diaktivasi. Ada dua cara yaitu menggunakan internet dari komputer atau aplikasi handphone. Untuk yang dari komputer, Anda cukup masukkan user ID lalu isi keterangan tambahan seperti email, nomor telepon, PIN, dan lainnya. Tunggu hingga proses aktivasi selesai dan klik BCA siap digunakan.

Untuk aktivasi melalui aplikasi, Anda cukup install secara langsung lalu proses mirip dengan sebelumnya. Pastikan User ID dan PIN telah terisi. Setelah itu, isi semua yang diperlukan dan tunggu sampai semua proses selesai. Coba login ke Klik BCA via hanphone dan mengecek saldo tabungan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, transfer BCA ke BRI via Internet Banking membutuhkan key BCA. Akses Klik BCA masih belum cukup. Siapkan KTP, buku tabungan, dan dokumen penunjang lainnya. Kunjungi cabang BCA terdekat dan diutamakan cabang dimana Anda membuat rekening. Teller akan mengaktivasi Klik BCA dengan Key BCA. Setelah itu, Anda dapat menggunakan internet banking untuk transfer, pembayaran, mutasi rekening, dan lainnya dimana terjadi pemindahan uang dari satu rekening ke lainnya.

Biaya Transfer BCA ke BRI via Internet Banking

Transfer yang dilakukan pemilik rekening BCA ke rekening lain dalam bank yang sama adalah gratis. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun karena masih dalam satu sistem BCA. Transfer tersebut dapat dilakukan melalui Klik BCA.

Sebaliknya, transfer BCA ke BRI via Internet Banking akan dikenakan biaya sebesar Rp6.500. Seperti yang telah dikelaskan sebelumnya, BCA dan BRI adalah dua bank yang berbeda. Oleh karena itu, transaksi kedua membutuhkan fee. Nasabah yang melakukan transfer membayar biaya tersebut, bukan nasabah penerima.

Lama Transfer BCA ke BRI via Internet Banking

Beberapa waktu yang lalu, transaksi antar bank membutuhkan waktu yang lama karena sistem belum terintegrasi. Saat ini, transfer BCA ke BRI via Internet Banking hanya membutuhkan waktu maksimal 3 hari kerja. Lama transfer tersebut adalah batas maksimal.

Pada umumnya, transfer dari internet banking berlangsung dengan cepat. Nasabah penerima tidak perlu menunggu lama, bahkan transfer dapat selesai dengan waktu kurang dari 5 menit. Lama transfer berbeda antara satu dengan lainnya karena jumlah uang. Ketika melakukan transfer dengan uang yang banyak, BCA dan BRI akan melakukan verifikasi lanjutan sehingga nasabah harus menunggu sedikit lama.

Cara Transfer BCA ke BRI via Internet Banking

Setelah mengetahui beberapa persyaratan sebelum transfer BCA ke BRI via Internet Banking, pembahasan selanjutnya adalah langkah-langkah dari transfer itu sendiri. Pastikan untuk membaca secara seksama agar paham secara menyeluruh.

1. Input rekening BRI ke BCA

Langkah pertama transfer BCA ke BRI via Internet Banking adalah mengisi data rekening tujuan yaitu BRI ke kilk BCA. Fungsinya adalah Anda tidak perlu mengisi formulir transfer berulang kali. Cara ini efektif untuk nasabah yang melakukan pembayaran atau transfer berkala ke rekening yang sama. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka Klik BCA lalu isikan User ID dan PIN. Pastikan untuk mengisi dengan benar.
  • Setelah itu, pilih Transfer Dana lalu Daftar Rekening Tujuan.
  • Tampilan menunjukkan beberapa form yang harus diisi. Anda lengkapi data tersebut seprti nama bank, nomor rekening, alamat penerima, nama pemilik, kategori penerima, dan lainnya. Semua formulir harus terisi untuk keberhasilan verifikasi.
  • Pada key BCA, tekan tombol arah panah ke kanan lalu isi 8 digit angka yang tertera di klik BCA. Setelah itu pilih angka 2 dan tunggu agar muncul respon. Isikan nomor yang tertera ke Respon Key BCA Appli 2.
  • Proses selesai dan rekening siap untuk menerima transfer dari Anda.

2. Transfer dari rekening BCA ke BRI via internet banking

Rekening sudah terdaftar dan Anda siap menyelesaikan transaksi. Pastikan kembali untuk masuk ke Klik BCA. Sistem ini akan secara otomatis mengeluarkan akun ketika dalam jangka waktu tertentu tidak ada aktivitas. Selanjutnya, transfer BCA ke BRI via Internet Banking akan dijelaskan pada langkah berikut ini:

  • Buka Klik BCA
  • Pilih Transfer Dana lalu Tranfer ke Rekening Bank Lain Dalam Negeri
  • Tekan tombol panah pada Key BCA dan tunggu Appli muncul. Tekan 2 dan isi 8 digit dari klik BCA.
  • Key bca memunculkan nomor dan isikan nomor tersebut ke Respon Key BCA Appli 2
  • Muncul menu tambahan yaitu pilihan transfer. Anda dapat memilih untuk melakukan transfer seketika atau pada jadwal tertentu. Setelah memilih tipe transfer, klik tombol Lanjutkan
  • Tekan tanda panah ke kanan lalu tunggu Apply muncul di Key BCA. Tekan 1 dan isikan angka ke Respon Key BCA Appli 1.
  • Kilik kirim dan tunggu verifikasi berhasil.
  • Anda telah berhasil melakukan transfer BCA ke BRI via Internet Banking.

Langkah terakhir adalah mencetak bukti transfer atau melakukan screenshoot terhadap transaksi yang telah berlangsung. Kedua bertujuan sebagai bukti bahwa Anda telah melakukan pemindahan rekening dari BCA ke BRI. Jika Anda tidak melakukan hal ini, hubungi bank bca dan bukti akan segera dilampirkan.

Ulasan diatas dapat menjadi referensi untuk Anda uang ingin transfer BCA ke BRI via Internet Banking. Prosesnya mudah dan cepat tanpa harus menunggu lama. Selain itu, BCA sudah memiliki sistem terintegrasi dengan pengamanan yang terbaik. Semua transaksi akan dijamin dan pasti sampai ke rekening tujuan.