Cara Transfer dari ATM BNI ke BCA dari ATM Lengkap

Diposting pada

Cara transfer uang antar bank seperti cara transfer dari ATM BNI ke BCA dari ATM banyak dicari. Kode BCA merupakan hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan transfer.

Cara transfer dari ATM BNI ke BCA dari ATM sering dibutuhkan mengingat tidak semua orang menggunakan rekening dari bank yang sama. Caranya sebenarnya cukup mudah, Anda hanya perlu memperhatikan kode transfer ke BCA. Kode tersebut yang akan mengirimkan uang dari rekening BNI Anda ke rekening BCA orang lain.

Selain kode transfer, ketika mencari cara transfer dari ATM BNI ke BCA dari ATM Anda juga harus memperhatikan biaya dan lama proses. Karena bank penerima tidak sama jadi ketika melakukan transfer saldo Anda akan terpotong oleh biaya pengiriman. Selain itu Anda juga harus mengetahui lama proses transfer untuk melihat estimasi waktu uang sampai kepada penerima.

Cara Transfer dari ATM BNI ke BCA dari ATM Lengkap

Cara Transfer dari ATM BNI ke BCA dari ATM (Biaya Transfer)

Berbeda dengan transfer sesama bank yang tidak membutuhkan biaya, transfer dari bank BNI ke BCA membutuhkan biaya. Anda harus mengetahui berapa besar biaya transfer BNI ke BCA dari ATM agar tidak kaget ketika saldo terpotong. Sebelum mengetahui cara transfer dari ATM BNI ke BCA dari ATM untuk biaya transfer, Anda harus mengetahui macam-macam ATM BNI berikut ini.

  1. ATM Setoran Tunai atau yang juga disebut dengan CDM (Cash Deposit Machine) merupakan jenis ATM BNI yang fitur utamanya digunakan untuk setoran tunai.
  2. ATM Tunai merupakan ATM yang biasa digunakan untuk melakukan transaksi penarikan tunai.
  3. ATM Non Tunai merupakan jenis ATM yang tidak melayani transaksi uang tunai seperti penarikan atau setoran. Namun Anda bisa menggunakan mesin ATM jenis ini untuk melakukan transaksi perbankan lain yang tidak berhubungan dengan uang tunai.
  4. ATM Setor Tarik Tunai atau yang juga disebut dengan CRM (Cash Recycle Machine) merupakan ATM yang bisa digunakan untuk ATM Tarikan Tunai, ATM Setoran Tunai, dan ATM Non Tunai.

Besar biaya transfer ATM BNI ke BCA untuk semua jenis ATM yaitu sebesar Rp. 6.500. Biaya yang dibebankan akan dipotong dari saldo yang Anda miliki. Pastikan saldo yang Anda miliki cukup ketika akan melakukan transfer ke BCA. Selain itu, biaya sebesar Rp. 6.500 tidak akan berubah meskipun nominal uang yang Anda kirimkan semakin banyak.

Cara Transfer dari ATM BNI ke BCA dari ATM (Lama Proses Transfer)

Ketika selesai melakukan transaksi transfer dari BNI ke BCA pasti Anda akan bertanya berapa lama prosesnya hingga uang bisa terkirim oleh penerima. Bank BNI sendiri tidak memberikan estimasi waktu pasti berapa lama proses transfer ke BCA. Namun berdasarkan pengalaman nasabah BNI estimasi waktu yang dibutuhkan adalah 0 sampai 24 jam.

Selama selang waktu tersebut, Anda bisa menunggu terlebih dahulu proses yang dilakukan pihak bank. Jika lebih dari 24 jam dan uang belum sampai ke pihak penerima, Anda bisa menghubungi Customer Service BNI. CS bisa dihubungi lewat telfon atau sosial media resmi.

Cara Transfer dari ATM BNI ke BCA dari ATM (Kode Transfer)

Telah disebutkan sebelumnya bahwa cara transfer dari ATM BNI ke BCA dari ATM yang paling penting adalah mengetahui kode BCA. Banyak nasabah yang tidak paham bahwa transfer antar bank harus menggunakan kode, sehingga mereka tidak memasukkan kode ketika melakukan transaksi. Akibatnya, transaksi yang dilakukan gagal atau uang tidak bisa terkirim ke pihak penerima.

Umumnya, semua kode bank terdiri dari 3 digit angka yang berbeda-beda untuk setiap jenis bank termasuk dengan BCA. Kode ini harus ditambahkan sebelum nomor rekening BCA dari pihak penerima dimasukkan pada mesin ATM. Selain dari BNI, kode bank BCA juga berlaku jika Anda mengirim atau transfer uang dari bank lain seperti BRI ke BCA atau Mandiri ke BCA. Kode transfer bank BCA yang harus Anda masukkan adalah 014.

Cara Transfer dari ATM BNI ke BCA dari ATM yang Benar

Setelah mengetahui biaya transfer, lama proses transfer, serta kode transfer BCA, terakhir Anda harus mengetahui bagaimana cara transfer dari ATM BNI ke BCA dari ATM yang benar. Anda bisa melakukan transfer dari semua jenis ATM baik ATM bersama, ATM Link, maupun ATM Prima. Selain itu, setiap jenis ATM yang digunakan juga memiliki cara yang sama ketika akan melakukan transfer ke BCA.

Untuk Anda yang sudah penasaran dengan cara transfer dari ATM BNI ke BCA dari ATM, berikut ini langkah-langkah transfer dari ATM BNI ke BCA lewat ATM secara rinci.

1. Masukkan kartu ATM

Yang pertama harus Anda lakukan adalah memasukkan kartu ATM BNI ke mesin ATM. Bank BNI memiliki lebih dari 17.000 mesin ATM yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

2. Input PIN ATM

Selanjutnya masukkan PIN ATM Anda secara hati-hati. Tutupi tangan ketika akan memasukkan PIN agar lebih aman.

3. Tekan Menu Lain

Setelah memasukkan PIN dengan benar, kemudian tekan Menu Lain. Menu ini berada di halaman paling awal.

4. Tekan Transfer

Untuk melakukan transaksi transfer uang, tekanlah pilihan Transfer.

5. Tekan Dari Rekening Tabungan

Setelah menekan pilihan Transfer, Anda akan ditampilkan dua pilihan menu yaitu dari rekening tabungan dan dari rekening giro. Karena Anda akan melakukan transfer dari tabungan maka pilihlah Dari Rekening Tabungan.

6. Pilih Ke Bank Lain

Cara transfer dari ATM BNI ke BCA dari ATM selanjutnya adalah dengan menekan pilihan Ke Bank Lain. Untuk bank lain seperti Mandiri atau BRI, Anda juga harus menekan pilihan tersebut.

7. Masukkan Nomor Rekening

Cara transfer dari ATM BNI ke BCA dari ATM yang paling penting adalah menambahkan kode transfer BCA di depannya. Jadi sebelum nomor rekening penerima, Anda harus menambahkan tiga digit kode transfer. Sebagai contoh yaitu 0145444333222 dimana 014 adalah kode transfer BCA dan 5444333222 adalah nomor rekening BCA penerima.

8. Input Nominal Uang

Input atau masukkan nominal uang yang ingin ditransfer. Pastikan saldo cukup dengan biaya transfer yang dibebankan agar proses transfer berhasil.

9. Tekan Benar

Selanjutnya pada halaman konfirmasi akan ditampilkan nomor rekening, nama penerima, bank tujuan yaitu BCA, serta nominal uang yang dikirim. Pastikan semua data tersebut benar, jika sudah benar maka tekan Benar.

10. Selesai

Cara transfer dari ATM BNI ke BCA dari ATM sudah selesai. Anda tinggal mencetak struk atau bukti transfer dan mengkonfirmasi kepada pihak penerima.

Itulah informasi lengkap mengenai cara transfer dari ATM BNI ke BCA dari ATM beserta dengan lama proses transfer, biaya transfer, serta kode transfer BCA. Yang terpenting dalam mengirim atau transfer uang dari BNI ke BCA adalah mengetahui kode yang harus dimasukkan agar uang bisa terkirim ke bank BCA. Semoga dengan informasi yang diberikan di atas, Anda tidak lagi kesusahan jika akan mengirim uang dari BNI ke BCA menggunakan mesin ATM.