Cara Transfer dari BRI ke BCA via ATM yang Mudah dan Cepat

Diposting pada

Sering merasa bingung ketika melakukan transaksi transfer ke bank yang berbeda? Tak perlu khawatir, berikut ini penjelasan lengkap transfer dari BRI ke BCA via ATM untuk memudahkan transaksi Anda.

Transaksi antar bank seperti transfer dari BRI ke BCA via ATM jadi semakin mudah. Dengan adanya layanan ATM ini Anda bisa melakukan segala transaksi dengan lebih mudah tanpa harus pergi ke bank dan mengantre di teller terlalu lama.

Bagi nasabah yang biasa melakukan transaksi antar bank, akan sangat merepotkan jika setiap akan melakukan transaksi, seperti transfer misalnya, harus datang dan mengantre di bank terlebih dahulu. Perkembangan teknologi yang semakin pesat pun bisa semakin memudahkan Anda dalam melakukan transaksi.

Melakukan transaksi antar bank melalui ATM adalah cara paling mudah yang bisa Anda lakukan saat ini. Dibandingkan dengan datang langsung ke bank yang pastinya akan memakan waktu lebih lama dan pastinya tidak akan efektif. Tentunya tidak semua orang punya waktu luang untuk datang ke bank dan melakukan transfer secara langsung.

Nah, sebelum Anda mempelajari cara transfer antar bank seperti misalnya cara transfer dari BRI ke BCA via ATM, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu hal-hal dasar seperti biaya tiap transaksi yang akan dipotong dari saldo Anda, kode bank untuk melakukan transfer, batu kemudian belajar bagaimana cara transfernya.

Cara Transfer dari BRI ke BCA via ATM yang Mudah dan Cepat

Kode untuk Transfer dari Rekening BRI ke Rekening BCA

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa jika Anda ingin melakukan transaksi antar bank atau berbeda bank, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti misalnya ketika Anda ingin transfer dari BRI ke BCA via ATM, maka Anda harus memperhatikan kode bank yang digunakan.

Kode bank ini akan menjadi kode yang akan Digunakan oleh sistem untuk mengidentifikasi alamat tujuan transaksi. Untuk transaksi transfer dari BRI ke BCA via ATM, kode yang Anda butuhkan adalah kode bank BCA sebagai bank tujuan yaitu 014.

Ketika akan melakukan transfer, sebelum memasukkan nomor rekening penerima, pastikan Anda memasukkan 3 angka tersebut di bagian Paling depan. Dengan begitu maka nantinya proses transfer antar bank Anda bisa sampai tujuan.

Biaya Transfer dari BRI ke BCA

Selain kode bank, hal selanjutnya yang juga harus Anda Perhatikan saat melakukan setiap transaksi adalah tarif atau biaya transaksi. Sebenarnya, biaya transaksi ini akan dikenakan setiap kali Anda melakukan transaksi. Namun untuk transaksi transfer, jumlah biaya transfernya biasanya akan lebih besar.

Biaya Transfer atau biaya transaksi apapun berbeda-beda setiap bank. Setiap bank bisa menentukan biaya transaksi masing-masing, seperti ketika untuk mengecek saldo ataupun melakukan transfer. Untuk proses transfer dari BRI KE BCA via ATM, biaya transfer yang akan dibebankan kepada nasabah yang akan melakukan transfer adalah sebesar Rp 6.500 per transaksi. Banyak yang menganggap biaya ini terlalu mahal, namun memang inilah aturan dan biaya yang sudah ditetapkan oleh pihak bank.

Lama Proses Transfer dari BRI ke BCA via ATM

Lama atau estimasi waktu transfer ini sebenarnya tidak akan berpengaruh besar karena proses transfer biasanya tidak akan memakan waktu lama. Terutama untuk proses transfer antar bank, baik bank tujuan maupun bank pengirim harus melakukan proses validasi terlebih dahulu. Jadi ketika mengirim uang bisa transfer, estimasi uang tersebut akan sampai atau diterima 0-3 hari kerja. Namun Anda tak perlu khawatir karena pada kenyataannya, transfer Anda akan diterima tidak lebih dari satu hari.

Cara Transfer dari BRI ke BCA via ATM

Setelah mengetahui hal-hal dasar dalam pengiriman atau transfer uang berbeda bank, mulai dari kode bank untuk pengiriman, biaya transaksi hingga estimasi atau lama transaksi diproses, hal selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah bagaimana Cara transfer dari BRI ke BCA via ATM.

Cara transfer dari rekening BRI ke rekening tujuan BCA ini tidak terlalu sulit. Prosesnya sama seperti ketika Anda melakukan transaksi lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah transfer dari BRI ke BCA via ATM yang harus Anda lakukan.

1. Masukkan Kartu ATM beserta PIN ATM BRI

Langkah pertama dari cara transfer dari BRI ke BCA via ATM yang pertama adalah masukkan dulu kartu ATM Anda ke mesin ATM untuk bisa masuk ke menu utama dan melakukan berbagai transaksi dari sini. Setelah memasukkan kartu ATM, jangan lupa masukkan juga PIN ATM BRI Anda supaya Anda bisa mengakses menu utama dimana Anda akan melakukan transaksi.

2. Pilih Opsi Menu ‘Transaksi Lainnya’ > Transfer

Setelah memasukkan PIN ATM BRI Anda, selanjutnya Anda akan langsung masuk ke menu utama ATM. Di dalam menu utama ini Anda akan melihat tampilan beberapa pilihan transaksi yang berbeda. Untuk melakukan transfer, pilih pada opsi ‘Transaksi Lainnya’ yang ada di salah satu daftar pilihan tersebut.

Setelah memilih menu ‘Transaksi Lainnya’ tersebut, maka selanjutnya Anda akan dialihkan ke menu transaksi lain selain yang tertera pada menu utama. Untuk menu yang ada pada tampilan utama biasanya merupakan menu penarikan uang dengan jumlah yang sudah tertera, mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 500.000.

Pada menu ‘Transaksi Lainnya’ Anda akan melihat beberapa pilihan menu lainnya. Pada pilihan menu ini pilih pada opsi menu ‘Transfer’ untuk melanjutkan ke proses transfer. Setelah itu Anda akan melihat pilihan lagi. Pada pilihan ini hanya ada dua yaitu transfer ke ‘Bank BRI’ atau ke ‘Bank Lain’. Karena Anda akan melakukan transfer ke Bank BCA, maka pilih opsi ‘Bank Lain’.

3. Masukkan Kode Bank dan Nomor Rekening Penerima

Langkah transfer dari BRI ke BCA via ATM selanjutnya adalah memasukkan kode bank yang kemudian diikuti dengan nomor rekening tujuan Anda. Langkah ini adalah langkah paling penting karena itu jangan sampai salah dan pastikan kembali dengan benar.

Kode bank yang harus Anda masukkan adalah kode bank 014 seperti yang disebutkan di atas. Pada tampilan menu di layar ATM, pilih pada tombol ‘Kode Bank’. Kode Bank BCA biasanya akan ditampilkan di layar paling awal. Selanjutnya klik ‘Next’ terus sampai daftar kode bank habis dan Anda dialihkan pada tampilan berupa kolom kosong untuk mengetikkan kode bank dan nomor rekening tujuan.

Tiga angka pertama yang harus Anda ketikkan adalah kode bank 014 tersebut, lalu kemudian diikuti dengan nomor rekening tujuan.

4. Masukkan Nominal Uang yang Akan Ditransfer

Langkah berikutnya untuk transfer dari BRI ke BCA via ATM adalah memasukkan jumlah nominal uang yang akan ditransfer. Masukkan dengan mengetikkan dari papan tombol yang disediakan. Pastikan jumlah uang yang Anda masukkan benar, sekaligus jumlah 0 yang menandakan satuan ribuannya.

5. Konfirmasi Nama Penerima dan Jumlah Uang

Jika Anda sudah mengisi kolom nomor rekening tujuan dan jumlah nominal yang akan Ditransfer, selanjutnya Anda akan dialihkan pada tampilan konfirmasi. Pada tampilan ini akan ditampilkan nama penerima beserta jumlah uang yang akan ditransfer. Jika nomor rekening yang Anda masukkan benar, maka nama penerima akan muncul sesuai nama penerima yang akan Anda kirimkan atau transfer uang tersebut.

Jika sudah memastikan nama pengirim dan jumlah uang yang dikirim benar, terakhir tinggal klik ‘Benar’ dan transfer Anda akan langsung diproses.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang proses transfer dari BRI ke rekening BCA, mulai dari kode transfer, biaya transaksi hingga cara melakukan transfer dari BRI ke BCA via ATM. Dengan penjelasan tersebut semoga akan semakin memudahkan Anda dalam melakukan transaksi terutama transfer ke bank berbeda melalui ATM.