Cara Transfer Uang dari ATM BCA ke Sesama BCA Lewat ATM

Diposting pada

Transfer uang tunai ke sesama rekening BCA harus mengantre di teller lama? Tidak perlu lagi dengan cara transfer uang dari ATM BCA ke sesama BCA lewat ATM.

Para nasabah BCA kini semakin dimudahkan dengan inovasi cara transfer uang dari ATM BCA ke sesama BCA lewat ATM. Cara ini akan semakin memudahkan Anda melakukan transfer ke sesama nasabah BCA. Dengan cara ini Anda tidak hanya bisa melakukan transfer saldo namun juga transfer tunai tanpa harus melalui teller di bank.

BCA terus melakukan inovasi untuk memudahkan para nasabahnya dalam melakukan transaksi perbankan. Selain inovasi digital banking dengan adanya layanan internet banking dan mobile banking, BCA kini juga menyediakan layanan berupa perangkat ATM yang bisa melakukan transfer tunai. Layanan ini memungkinkan nasabah untuk melakukan transfer ke rekening lain secara tunai, ataupun sekedar menyimpan uang tanpa harus pergi ke teller bank.

Sama seperti transaksi lain, jika Anda melakukan transaksi ke sesama bank BCA maka tidak akan dikenakan biaya apapun. Namun jika melakukan transaksi ke bank yang berbeda, maka akan dikenakan biaya transaksi tambahan. Cara transfer uang dari ATM BCA ke sesama BCA lewat ATM bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan transfer tunai dan transfer melalui saldo. Berikut adalah caranya.

Cara Transfer Uang dari ATM BCA ke Sesama BCA Lewat ATM

Cara Transfer Tunai Uang ke Sesama BCA

Cara transfer uang dari ATM BCA ke sesama BCA lewat ATM yang pertama adalah dengan metode transfer tunai. Ini adalah layanan terbaru yang diberikan oleh BCA untuk kemudahan dan kenyamanan nasabahnya. Untuk bisa menggunakan layanan ini ada beberapa syarat yang harus Anda ketahui. Syarat tersebut adalah sebagai berikut.

1. Harus melalui ATM Setor Tunai

Syarat paling utama dari cara transfer uang dari ATM BCA ke sesama BCA lewat ATM ini adalah harus melalui ATM setor tunai. ATM ini memang masih jarang ditemukan, karena tidak semua ATM center memiliki layanan ini. Biasanya ATM setor tunai ini bisa Anda temukan di area kantor cabang bank BCA. Tak perlu khawatir karena biasanya di bagian layar atas ATM akan tertulis keterangannya. Tulisan ini pun bisa Anda lihat, bahkan dari luar ATM.

2. Gunakan Uang Pecahan 50.000 atau 100.000

Syarat kedua yang harus Anda perhatikan adalah pecahan uang yang digunakan. Untuk transfer melalui setor tunai, pecahan uang yang bisa digunakan pada ATM ini hanya pecahan uang 50.000 dan 100.000 saja. Untuk pecahannya, Anda bisa melihat pada bagian atas layar ATM karena biasanya akan ditampilkan disana. Selain itu pastikan uang yang Anda setorkan masih dalam keadaan baik atau uang yang masih layak pakai.

3. Maksimal Penyetoran

Tidak seperti transfer tunai melalui teller yang tidak ada batas nominalnya, cara transfer uang dari ATM BCA ke sesama BCA lewat ATM ini memiliki batas maksimal penyetoran. Dalam satu kali penyetoran, maksimal penyetoran dalam satu kali transaksi adalah 50 lembar. Baik untuk pecahan 50.000 ataupun pecahan 100.000.

Cara Transfer Uang dari ATM BCA ke Sesama BCA Lewat ATM

Setelah memenuhi persyaratan di atas, Anda bisa mulai melakukan cara transfer uang dari ATM BCA ke sesama BCA lewat ATM ini. Berikut adalah langkah-langkahnya yang bisa Anda ikuti.

1. Masukkan kartu ATM beserta 6 Digit PIN

Langkah pertama tentu saja Anda harus memasukkan kartu ATM Anda beserta 6 digit PIN untuk masuk dan menggunakan layanan transfer tunai ini. Setelah masuk ke menu utama ATM, Anda akan melihat beberapa pilihan menu disana. Setelah itu pilih ‘Setor Tunai’.

2. Masukkan Nominal Uang sesuai yang Tertera pada Mesin

Langkah selanjutnya dari cara transfer uang dari ATM BCA ke sesama BCA lewat ATM adalah memasukkan uang dengan nominal sesuai dengan yang tercantum di layar ATM. Ingat, maksimal jumlah uang yang dimasukkan adalah 50 lembar, baik untuk pecahan 50.000 ataupun 100.000.

Setelah Anda memasukkan uang tersebut, maka kotak akan tertutup secara otomatis. Selanjutnya tunggu hingga mesin selesai menghitung jumlah uang Anda. Jika sudah terhitung, lanjutkan transaksi.

3. Pilih ‘Setor ke Rekening Lain’

Jika sudah selanjutnya pilih pada opsi ‘Setor ke Rekening Lain’. Selanjutnya masukkan nomor rekening sesuai dengan nomor rekening penerima transfer. Pastikan Anda memasukkan dengan benar nomor rekening ini. Terakhir, klik pada tombol ‘Benar’. Maka proses transfer Anda akan diproses dan terkirim ke rekening orang yang akan menerima.

Cara Transfer Saldo Rekening ke Sesama BCA

Selain menggunakan cara transfer tunai, cara transfer uang dari ATM BCA ke sesama BCA lewat ATM juga bisa dilakukan melalui saldo ATM Anda. Ini adalah cara transfer yang umum, yang biasanya juga dilakukan oleh bank lain. Dengan cara ini Anda tidak perlu menggunakan uang cash, namun hanya akan memotong saldo tabungan di rekening Anda.

Metode ini biasanya hampir sama antara satu bank dengan bank lainnya, termasuk BCA. Berikut cara transfer dari ATM BCA ke sesama BCA yang bisa Anda ikuti.

1. Masukkan ATM Lalu Ketikkan PIN ATM

Langkah pertama tentu saja Anda harus masukkan ATM Anda ke dalam mesin ATM BCA. Jangan lupa untuk memasukkan kode akses atau 6 digit PIN ATM Anda dengan benar. Setelah memasukkan 6 digit PIN Anda dengan benar, maka Anda akan dialihkan ke menu utama tampilan ATM. Disana akan ada beberapa pilihan menu, pilih pada opsi ‘Transaksi Lainnya’.

2. Pilih Menu ‘Transfer’ > ke Rek BCA

Jika sudah memilih ‘Menu Lainnya’ pada tampilan utama ATM, langkah selanjutnya adalah pilih opsi ‘Transfer’. Setelah Anda klik menu ini akan ditampilkan pilihan apakah akan melakukan transfer ke sesama BCA atau ke bank lain. Jika ingin transfer ke sesama rekening BCA, pilih pada opsi ‘ke Rek BCA’.

3. Masukkan Rekening Penerima

Langkah selanjutnya cara transfer uang dari ATM BCA ke sesama BCA lewat ATM melalui saldo ATM adalah memasukkan nomor rekening penerima transfer. Masukkan 10 digit nomor rekening yang akan Anda kirimi atau nomor rekening tujuan transfer dengan benar. Karena transfer ke sesama rekening BCA, maka tidak perlu memasukkan kode bank.

4. Masukkan Nominal Uang yang Akan Ditransfer

Jika sudah memasukkan nomor rekening penerima, selanjutnya Anda akan langsung dialihkan pada tampilan untuk memasukkan jumlah nominal yang akan ditransfer. Masukkan sesuai nominal yang ingin Anda kirim. Namun ingat, nominal minimal yang bisa ditransfer adalah Rp 10.000. Di bawah nominal tersebut, maka proses transaksi tidak akan bisa.

5. Pastikan Nama Penerima dan Jumlah Uang Benar

Terakhir, Anda akan dialihkan pada tampilan konfirmasi. Pada tampilan ini akan ditampilkan nama penerima beserta jumlah uang yang akan ditransfer. Pastikan kembali nama penerima dan jumlah uang yang akan ditransfer benar. Jika sudah sesuai tinggal klik ‘Benar’ dan tunggu sampai proses transaksi selesai. Setelah itu ambil struk transaksi dan ATM Anda. Proses transfer pun selesai.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang bagaimana cara transfer uang dari ATM BCA ke sesama BCA lewat ATM baik dengan transfer tunai maupun dengan transfer saldo. Dengan beragam cara transfer ini akan semakin memudahkan transaksi perbankan Anda.