Cara Transfer Uang dari BCA ke BRI Lewat ATM Lengkap

Diposting pada

Cara transfer uang dari BCA ke BRI lewat ATM sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu memperhatikan beberapa hal termasuk dengan kode dan biaya.

Transfer uang dari BCA ke BRI lewat ATM merupakan salah satu layanan dari BCA untuk memberikan kemudahan kepada para nasabahnya. BCA atau Bank Central Asia merupakan salah satu bank swasta terbesar di Indonesia yang memiliki banyak nasabah. Berbagai transaksi bisa dilakukan dengan bank BCA misalnya seperti transaksi penarikan, transfer, setor tunai, dan lain-lain.

Tidak hanya sesama nasabah BCA saja, Anda juga bisa melakukan transfer kepada nasabah BRI. BRI atau Bank Rakyat Indonesia merupakan salah satu bank milik pemerintah Indonesia yang memiliki banyak nasabah hingga ke pelosok desa. Transfer dari BCA ke BRI terkadang dibutuhkan karena tidak semua orang memiliki rekening dari bank yang sama. Berikut ini adalah cara transfer uang dari BCA ke BRI lewat ATM beserta biaya, lama proses, serta kode.

Cara Transfer Uang dari BCA ke BRI Lewat ATM Lengkap

Biaya Transfer Uang dari BCA ke BRI Lewat ATM

Biaya transfer uang yang dikenakan oleh BCA tidak hanya berlaku pada BRI saja namun juga berlaku pada semua bank penerima lainnya. Saat ini biaya transfer uang dari BCA ke BRI lewat ATM yaitu sebesar Rp. 6.500,-. Biaya tersebut akan dipotong dari saldo rekening BCA Anda, jadi pastikan saldo cukup sebelum transfer ke BRI atau bank lainnya.

Meskipun transfer dari BCA ke BRI lewat ATM dikenakan biaya, namun ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Berikut ini adalah keuntungan dari ATM BCA.

  1. Menyediakan akses layanan selama 24 jam dalam sehari serta 7 hari dalam seminggu. Layanan ATM tidak akan berhenti jika tidak ada kerusakan atau mati listrik.
  2. Memiliki jaringan yang luas sehingga mudah ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia.
  3. Semua transaksi yang dilakukan melalui ATM BCA bersifat real time online sehingga cepat dan tepat.
  4. Tersedia banyak jenis ATM BCA yang dapat menyesuaikan kebutuhan nasabah. ATM BCA yang disediakan diantaranya adalah ATM Non Tunai, ATM Multifungsi, ATM Setor Tunai, serta ATM Setor Tarik. Banyaknya jenis ATM BCA yang menyesuaikan kebutuhan nasabah dapat mengurangi antrian yang mungkin terjadi.
  5. Dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan layanan transaksi perbankan. Layanan tersebut seperti transfer antar bank, cek saldo, penarikan tunai, mengisi pulsa, pembayaran dan pembelian, mengubah PIN ATM BCA, dan lain sebagainya.

Lama Proses Transfer Uang dari BCA ke BRI Lewat ATM

Setelah melakukan transaksi transfer uang dari BCA ke BRI lewat ATM, mungkin Anda akan bertanya-tanya berapa lama prosesnya hingga sampai ke pihak penerima. Hal tersebut karena ada beberapa kejadian dimana uang yang ditransfer tidak langsung terkirim oleh penerima. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini diberikan lama proses transfer uang dari BCA ke BRI jika melalui ATM BCA.

1. Transfer di Hari Senin Hingga Hari Jumat

Jika Anda melakukan proses transaksi transfer uang dari BCA ke BRI lewat ATM di hari Senin hingga Jumat maka lama proses pengiriman adalah 0 hari. Maksudnya adalah uang akan terkirim pada penerima di hari yang sama dengan Anda melakukan transaksi transfer ke BRI. Misalnya Anda transfer di hari Senin maka uang tersebut akan diterima pada hari Senin pula. Tunggulah beberapa jam dari proses transaksi yang dilakukan. Jangan lupa selalu menyimpan bukti transfer jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

2. Transfer di Hari Sabtu dan Minggu

Sedangkan jika Anda melakukan proses transaksi transfer uang dari BCA ke BRI lewat ATM di hari Sabtu atau Minggu maka lama proses adalah 1 hingga 2 hari atau akan terkirim di hari Senin. Misalnya Anda melakukan transaksi di hari Sabtu maka uang akan terkirim di hari Senin, begitu juga jika Anda melakukan transaksi di hari Minggu maka uang akan tetap terkirim di hari Senin. Hal tersebut terjadi karena hari Sabtu dan Minggu bukan hari kerja dari BCA serta bank lainnya. Sehingga proses transaksi transfer uang yang Anda lakukan akan diproses pada hari kerja yaitu hari Senin.

Kode Transfer Uang dari BCA ke BRI Lewat ATM

Transfer uang dari BCA ke BRI lewat ATM harus menambahkan kode bank tujuan saat melakukan transaksi. Jika Anda tidak memasukkan kode BRI maka uang tidak akan terkirim ke tujuan yang diinginkan. Kode bank pada umumnya terdiri dari 3 digit nomor yang harus dimasukkan sebelum nomor rekening. Untuk transfer dari BCA ke BRI, berikut ini kode yang harus ditambahkan.

1. BRI

Kode transfer yang harus dimasukkan jika akan mengirim ke bank BRI adalah 002. Kode tersebut berlaku untuk semua jenis tabungan yang dikeluarkan BRI.

2. BRI Syariah

Bank BRI Syariah merupakan lembaga perbankan yang mengedepankan nilai syariah dalam setiap proses transaksinya. Bank ini merupakan anak perusahaan Bank Rakyat Indonesia dengan fokus yang berbeda. Meskipun BRI Syariah merupakan bagian dari BRI, namun kode transfer uang dari BCA ke BRI lewat ATM yang dimiliki tidak sama. Untuk penerima dengan rekening BNI Syariah kode yang harus Anda masukkan adalah 422.

Cara Transfer Uang dari BCA ke BRI Lewat ATM

Setelah mengetahui kode transfer, lama proses, serta biaya transfer dari BCA ke BRI, selanjutnya Anda harus mengetahui cara melakukannya dengan benar. Berikut ini cara mudah transfer uang dari BCA ke BRI lewat ATM langkah demi langkahnya.

  1. Masukkan kartu ATM BCA Anda ke mesin ATM dengan logo BCA.
  2. Ketikkan PIN ATM BCA sebanyak 6 digit dengan hati-hati.
  3. Untuk melakukan transfer uang pilihlah Transaksi Lainnya. Jika Anda menggunakan mesin ATM jenis Setoran Tunai maka pilih Penarikan Tunai/Transaksi Lainnya.
  4. Selanjutnya pilihlah menu Transfer.
  5. Kemudian menu Ke Rek Bank Lain di pojok kiri bawah.
  6. Selanjutnya Anda akan disuruh untuk memasukkan kode bank. Masukkan 002 jika bank penerima adalah BRI dan 422 jika bank penerima adalah BRI Syariah.
  7. Kemudian tekan pilihan Benar.
  8. Masukkan nominal uang yang akan Anda transfer ke rekening BRI. Minimal jumlah uang yang bisa ditransfer adalah Rp. 10.000, jadi pastikan saldo Anda cukup untuk nominal yang ditransfer dan biaya transfer sebesar Rp. 6.500.
  9. Selanjutnya Anda akan diminta untuk menginputkan nomor rekening BRI dari penerima.
  10. Akan ditampilkan halaman Konfirmasi. Pada halaman tersebut, pastikan nominal uang sudah sesuai dan nama pemilik rekening sudah benar.
  11. Jika nominal uang dan nama pemilik sudah benar maka tekan Benar.
  12. Mesin ATM akan memproses permintaan transaksi Anda. Jika transaksi berhasil akan keluar bukti transfer berupa struk.

Itulah informasi mengenai cara mudah transfer uang dari BCA ke BRI lewat ATM beserta dengan lama proses, kode transfer, serta biayanya. Cara tersebut juga sama dengan cara melakukan transfer uang lewat ATM dari BCA ke Mandiri. Semoga informasi tersebut membantu Anda untuk mengirim uang dari BCA ke BRI dengan mudah.