Cara Transfer Uang Lewat Internet Banking dengan Key BCA

Diposting pada

Transfer uang tidak hanya bisa lewat ATM. Anda juga bisa transfer lewat internet banking. Cara transfer uang lewat internet banking BCA dengan bantuan alat Key BCA berikut akan membantu Anda.

Selain menggunakan layanan m-banking, transfer uang lewat internet Banking BCA juga menjadi pilihan terbaik untuk melakukan transaksi lebih mudah. Layanan ini juga akan mempermudah transaksi karena pengguna juga bisa melakukan berbagai transaksi dari ponsel atau perangkat gadget lainnya. Dengan begitu nasabah bisa melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja.

Untuk melakukan transaksi dengan internet banking juga hampir sama dengan transaksi m-banking. Nasabah harus mendaftar terlebih dahulu di ATM lalu melakukan aktivasi seperti prosedur pada m-banking. Keduanya sebenarnya memiliki keunggulan yang hampir sama. Perbedaan paling dasar mungkin hanya pada fitur yang disediakan saja. Anda bisa memilih salah satu layanan ini tergantung kebutuhan Anda.

Kali ini akan dibahas tentang internet banking dan bagaimana cara transfer lewat internet Banking BCA. Internet banking BCA ini memiliki fitur lebih lengkap dibandingkan m-Banking. Namun sebelum mulai menikmati layanan internet banking ini, Anda harus lebih dulu mendaftar di ATM seperti mendaftar m-Banking. Setelah itu, Anda harus mendapatkan Key BCA dulu agar transaksi internet banking bisa dilakukan. Bagaimana cara mendapatkannya? Berikut penjelasan dan langkah-langkahnya.

Cara Transfer Uang Lewat Internet Banking dengan Key BCA

Cara Mendapatkan Key BCA untuk Transfer dari Internet Banking

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, setelah mendaftarkan internet banking di ATM, Anda masih harus mendapatkan Key BCA agar bisa menikmati layanan internet banking dari BCA ini. Sayangnya, untuk mendapatkan Key BCA ini Anda harus datang langsung ke teller bank BCA sehingga proses pendaftaran internet banking Anda bisa diproses dan mendapatkan Key BCA.

Key BCA adalah sebuah perangkat atau alat yang fungsinya untuk melakukan transaksi berupa transfer uang dari layanan internet banking BCA. Inilah yang membedakan transfer dari internet banking dengan transfer dari layanan lain. Sistem kerja transfer lewat internet Banking BCA membutuhkan alat ini untuk memasukkan nomor unik yang didapat dari generate Key BCA, selain memasukkan jumlah uang dan nomor rekening penerima.

Jadi, setelah melakukan pendaftaran internet banking di ATM, Anda harus datang langsung ke teller. Disini teller akan memproses pendaftaran internet banking Anda sekaligus permintaan untuk mendapatkan Key BCA. Setelah itu pendaftaran Anda akan diproses dan Anda akan mendapatkan perangkat berukuran seperti ponsel. Perangkat inilah yang digunakan ketika melakukan transfer lewat internet Banking BCA nantinya.

Cara Melakukan Transfer Via Internet Banking BCA

Setelah mendaftar dan mendapatkan Key BCA, selanjutnya Anda harus tahu bagaimana cara transfer melalui internet Banking BCA. Jika sudah melakukan proses mendaftar internet banking dan mendapatkan Key BCA, berikut ini adalah cara transfer melalui internet banking BCA.

1. Masuk ke Laman KlikBCA Individual

Langkah pertama cara transfer lewat internet Banking BCA adalah Anda harus masuk ke laman KlikBCA terlebih dahulu, tepatnya di laman KlikBCA Individu. Anda bisa mengaksesnya di alamat https://ibank.klikbca.com/. Disana akan ada beberapa menu untuk melakukan transaksi, termasuk melakukan transfer.

Namun sebelumnya Anda harus Login dengan user ID dan PIN ATM.

2. Login dengan User ID dan PIN ATM

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, setelah masuk ke laman KlikBCA individual tadi, cara transfer lewat internet Banking BCA selanjutnya, pada halaman awal Anda akan diminta untuk login. Bagaimana cara loginnya? Cara loginnya adalah dengan memasukkan User ID beserta PIN ATM yang sebelumnya sudah Anda daftarkan saat mendaftar di teller bank. Pada saat mendaftar internet Banking BCA di ATM Anda akan mendapatkan User ID yang tercetak di struk.

Setelah mendapat User ID tersebut, maka selanjutnya tinggal mendaftarkannya ke teller bank. Inilah yang nantinya akan didaftarkan oleh teller bank sebagai ID Anda. Inilah yang juga harus Anda masukkan saat login.

3. Pilih Menu ‘Transfer Dana’

Setelah Login, Anda akan dialihkan pada halaman utama yang berisi menu-menu utama untuk melakukan transaksi. Pada halaman utama ini, pilih menu ‘Transfer Dana’. Setelah memilih menu ini akan muncul beberapa sub menu lagi.

Setelah masuk ke menu Transfer Dana, akan ada beberapa pilihan transfer atau tujuan transfer. Ada pilihan transfer ke Rekening BCA, ada pilihan transfer ke virtual account BCA dan ada jhga pilihan berisi daftar nomor tujuan jika Anda melakukan transfer ke rekening berbeda bank.

Jika Anda melakukan transfer ke bank yang berbeda, maka Anda membutuhkan nomor tujuan ini. Namun jika transfer ke sesama bank BCA, Anda tinggal pilih transfer ke rekening BCA atau ke virtual account BCA lalu masukkan nomor rekening tujuan.

4. Nyalakan Token Key BCA

Jika sudah, setelah itu jangan lupa menyalakan token Key BCA yang Anda dapatkan ketika mendaftarkan internet banking di teller sebelumnya. Ini adalah langkah yang paling penting dalam cara transfer lewat internet Banking BCA. Untuk menyalakannya, Anda tinggal tekan pada tombol bergambar segitiga di bagian paling bawah, di samping tombol angka 0.

5. Masukkan Nomor Rekening Tujuan, Jumlah Uang yang Akan Dikirim

Langkah transfer lewat internet Banking BCA selanjutnya adalah memasukkan nomor rekening tujuan serta jumlah nominal uang yang akan membantu ditransfer. Jangan lupa juga untuk memasukkan 8 digit nomor yang tertera pada tampilan key BCA Anda.

Setelah memasukkan 8 digit angka tadi, alat Key BCA ini akan langsung merespon berupa kode konfirmasi yang akan diberikan pada Anda. Jika sudah menerima kode konfirnasi, tekan angka 2 pada alat Key BCA Anda. Angka ini berfungsi untuk mengaktifkan ‘Respon Appli2’.

6. Masukkan Kode Konfirmasi

Setelah itu, selanjutnya Anda harus memasukkan kode konfirmasi yang sudah Anda terima sebelumnya pada kolom ‘Respon keyBCA Appli2’ yang disediakan. Jika sudah Anda akan melihat pilihan ‘Jenis Transfer’. Biarkan saja kolom ini apa adanya agar nantinya tidak terjadi eror saat proses transfer. Setelah itu klik ‘Lanjutkan’.

7. Tekan 1 pada Key BCA untuk Mengaktifkan Respon Appli1

Jika sudah, kembali ke alat KeyBCA Anda. Sekarang ganti tekan angka 1 untuk mengaktifkan ‘Respon Appli1’ pada menu transfer Anda. Setelah Anda mengaktifkannya akan ada deretan nomor yang tertera disana. Masukkan Nomor tersebut ke menu ‘Respon KeyBCA Appli1’.

Setelah melakukan langkah tersebut, maka proses transfer lewat internet Banking BCA dengan bantuan Key BCA pun selesai. Pastikan nama penerima dan jumlah yang dikirimkan sesuai sebelum mengakhiri proses transaksi Anda.

Internet banking adalah cara lain yang banyak digunakan oleh nasabah untuk memudahkan transaksinya. Sama seperti m-banking, internet banking juga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja selama ada koneksi internet yang mendukung. Salah satu layanan transaksi yang bisa dilakukan melalui internet banking ini adalah melakukan transfer.

Langkah dan cara transfer lewat internet banking BCA di atas bisa Anda ikuti untuk semakin memudahkan Anda dalam melakukan transaksi. Ditambah lagi dengan bantuan alat Key BCA, transfer dengan internet banking jadi lebih mudah tanpa perlu datang ke ATM lagi.