Cara UBL (Unlock Bootloader) Xiaomi Tanpa Root dengan Lengkap

Diposting pada

Cara ubl  (unlock bootloader) Xiaomi tanpa root harus diketahui oleh semua pengguna Xiaomi. Berikut ini langkah dan caranya.

Cara ubl  (unlock bootloader) Xiaomi tanpa root banyak dicari oleh pengguna smartphone Xiaomi, terutama bagi mereka yang menggunakan Xiaomi seri terbaru. UBL memang satu langkah wajib yang harus dilakukan jika ingin mengganti ROM smartphone Xiaomi dari ROM bawaannya menjadi versi ROM lainnya.

Di artikel ini akan dijelaskan tentang trik ubl  (unlock bootloader) Xiaomi tanpa root dan juga ada beberapa informasi mengapa kamu harus melakukan UBL di smartphone Xiaomi. Simak baik-baik penjelasannya di bawah ini. Dengan mengetahui cara dan langkah-langkahnya, kamu bisa lebih nyaman menggunakan gadget Xiaomi milikmu ke depannya.

Cara UBL (Unlock Bootloader) Xiaomi Tanpa Root dengan Lengkap

Alasan Mengapa UBL Xiaomi Harus Dilakukan

Bagi mereka yang masih awam perihal smartphone Android, terutama soal Xiaomi, pasti mereka tidak begitu paham akan istilah UBL ini, apalagi mengetahui alasannya. Nah, berikut ini akan dijelaskan alasan mengapa UBL Xiaomi harus dilakukan. Pahami dulu manfaatnya sebelum melihat langkah-langkah cara ubl  (unlock bootloader) Xiaomi tanpa root.

1. Bisa Memasang Custom ROM

ROM di sistem operasi Xiaomi memang unik. ROM bawaannya adalah versi MIUI. Namun, ada juga smartphone Xiaomi yang memiliki ROM buatan Tiongkok abal-abal. Nah, bagi yang ingin mengganti ROM versi apapun ke versi yang lain, contohnya ke ROM versi global yang lebih umum dan kinerjanya lebih baik, mereka harus melakukan UBL. Tanpa UBL, pergantian ROM tidak akan bisa dilakukan karena pada dasarnya sistem HP dalam keadaan terkunci.

2. Lebih Mudah Melakukan Root

UBL di sini bermanfaat untuk mempermudah sistem rooting pada HP Xiaomi. Jadi, jika ingin melakukan root di Xiaomi tanpa terkendala apapun, proses UBL harus lebih dahulu dilakukan. Inilah mengapa banyak orang yang ingin mengetahui cara ubl  (unlock bootloader) Xiaomi tanpa root terlebih dahulu.

Cara UBL (Unlock Bootloader) Xiaomi Tanpa Root

Nah, karena alasan mengapa UBL Xiaomi harus dilakukan sudah dijelaskan di atas, sekarang saatnya kamu mengetahui bagaimana cara ubl  (unlock bootloader) Xiaomi tanpa root. Perhatikan dengan baik langkah-langkah di bawah ini sehingga proses UBL bisa berjalan lancar dan semestinya. Jadi, HP tidak akan mengalami masalah dan eror karenanya. Berikut langkah-langkahnya.

1. Mendaftar dan Memiliki Akun MIUI

Untuk cara ubl  (unlock bootloader) Xiaomi tanpa root yang pertama, kamu harus terlebih dahulu memiliki akun MIUI. Kalau belum punya, lakukan pendaftaran terlebih dahulu. Akun MIUI dibutuhkan untuk meminta ijin pada pihak Xiaomi sebelum melakukan UBL.

2. Masuk Situs Xiaomi dan Login

Jika sudah memiliki akun MIUI yang terverifikasi nomor HP dan emailnya, buka situs Xiaomi di PC kemudian login dengan akun MIUI milikmu. Jika username dan password yang dimasukkan sudah benar, kamu bisa langsung mengakses halaman website.

3. Cari Opsi “Unlock Bootloader”

Sekarang, cari pada pilihan “Unlock Bootloader”. Pada dasarnya, ketika smartphone belum di-unlock atau belum pernah ada proses UBL yang dilakukan di HP, maka akan ada link yang mengarahkan untuk proses UBL. Klik link tersebut.

4. Melakukan Verifikasi Nomor HP

Cara ubl  (unlock bootloader) Xiaomi tanpa root selanjutnya adalah melakukan verifikasi nomor HP yang digunakan. Pastikan nomor HP masih aktif dan terinstal di ponsel sehingga bisa menerima SMS. Pastikan juga HP yang berisi nomor tersebut berada di jangkauanmu sehingga begitu nanti ada SMS masuk dari pihak Xiaomi, kamu bisa membaca isi pesan tersebut sesegera mungkin.

Setelah melakukan verifikasi, kamu juga akan ditanyai soal mengapa kamu ingin melakukan UBL. Ketik saja alasannya karena kamu mengalami masalah dengan versi MIUI yang sekarang ini dan ingin melakukan pergantian atau melakukan downgrade.

5. Menunggu SMS Verifikasi dari Xiaomi

Sekarang, kamu tinggal menunggu masuknya SMS dari Xiaomi. Di dalam SMS tersebut akan berisi persetujuan jika smartphone milikmu sudah boleh di-unlock atau proses UBL sudah bisa dilakukan. Biasanya di SMS tersebut juga sudah ada link untuk mengunduh MiUnlocker. Unduh dan instal MiUnlocker ini ke PC atau laptop milikmu.

SMS dari Xiaomi ini memakan waktu yang cukup lama untuk diterima, sekitar 2 sampai 3 jam. Jadi, jangan panik ketika tidak ada SMS masuk dengan segera sesaat setelah kamu mengajukan permintaan UBL ke situs Xiaomi tadi.

6. Menyambungkan HP ke PC

Langkah selanjutnya dalam cara ubl  (unlock bootloader) Xiaomi tanpa root adalah menyambungkan HP ke PC. Sambungkan kedua perangkat ini dengan menggunakan bantuan kabel data. Pada saat disambungkan, HP sudah harus berada dalam keadaan fastboot (pencet tombol volume down dan tombol power bersamaan). Setelah tersambung, buka aplikasi MiUnlocker tadi, kemudian pilih “Unlock”.

Itu dia tadi penjelasan selengkapnya tentang cara ubl  (unlock bootloader) Xiaomi tanpa root. Caranya cukup mudah, bukan? Asalkan kamu teliti dan sabar, semua langkah-langkah di atas bisa dilakukan tanpa bantuan profesional. Kamu tidak perlu lagi membayar pihak servis ponsel jika hanya ingin melakukan unlock UBL di smartphone Xiaomi milikmu.