Cetak Ukuran Foto 4R - 12R

Cetak Ukuran Foto 4R – 12R Jika Diubah dalam Satuan cm, mm dan inchi

Diposting pada

Saat mencetak foto, biasanya Anda akan ditanyakan tentang ukuran foto yang ingin Anda cetak. Pertanyaan yang biasanya ditanyakan adalah “cetak ukuran berapa R?” Setelah itu Anda akan diberi tahu tentang ukuran-ukuran foto yang bisa Anda cetak dalam ukuran R. Ada ukuran 2R, 3R, 4R, 5R dan seterusnya. Apakah Anda pernah bertanya-tanya atau berpikir sebenarnya berapa ukuran foto dengan kode R , misalnya ukuran foto 4R jika diubah dalam satuan centi meter atau ukuran lainnya yang lebih standard? Berikut adalah penjelasannya.

Bagi Anda sering bekerja mengedit foto dengan aplikasi edit foto seperti Corel Draw, Photo Shop, atau Ms Publisher dan aplikasi editing lainnya, pasti tampilan editing yang muncul adalah tampilan dalam ukuran centi meter, mili meter ataupun inchi. Namun jika sudah dicetak, petugas yang mencetak pasti akan bertanya tentang ukuran dengan kode R, misalnya saja cetak ukuran foto 4R.

Nah, sebelum mengetahui ukuran foto dalam kode R seperti ukuran foto 4R, ada baiknya Anda mengetahui lebih dahulu tentang dunia percetakan foto. Seperti misalnya yang paling penting adalah jenis kertas yang digunakan untuk mencetak. Untuk mencetak foto, ada beberapa jenis kertas yang umumnya digunakan. Setiap kertas yang digunakan ini memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Misalnya saja dari segi harga. Semakin mahal harga kertas yang digunakan, maka kualitas cetak foto yang dihasilkan juga bisa semakin bagus. Beberapa contoh jenis kertas foto yang biasanya sering digunakan untuk mencetak foto adalah kertas Canvas, kertas Glossy, kertas Doff, kertas Double-side, kertas Inkjet dan kertas Laster. Yang paling banyak digunakan untuk mencetak foto biasanya adalah kertas jenis Glossy.

Kembali pada pembahasan ukuran cetak foto. Jika Anda mencetak dengan menggunakan kode R dan fotografer nya menggunakan jenis kamera tertentu atau menggunakan Fuji Film, maka ukuran yang keluar akan secara otomatis dalam ukuran R. Namun jika Anda menggunakan perangkat lain kemudian dicetak dengan perangkat yang berbeda, maka Anda harus mengatur sendiri ukurannya agar bisa menjadi ukuran R. Misalnya jika Anda ingin mencetak ukuran foto 4R, maka Anda harus tahu terlebih dahulu ukurannya dalam centi meter. Nah berikut ini adalah ukuran-ukuran foto dengan kode R jika diubah ke dalam satuan centi meter.

Ukuran-Ukuran Foto 4R – 12R Jika Diubah ke Dalam Satuan cm, mm dan inch

1. Ukuran 2R

Meskipun biasanya dalam dunia cetak foto, ukuran dalam kode R yang paling sering digunakan adalah ukuran foto 4R, namun ada juga ukuran 2R. Ukuran 2R ini memang lebih kecil dan bisa jadi paling kecil diantara ukuran cetak foto dengan kode R lainnya. Jika diubah ke dalam satuan lain seperti cm, mm maupun inchi, maka ukuran 2R akan menjadi berukuran 6×9 untuk satuan centi meter, 60×90 dalam satuan mili meter, dan 2,3 x 3.5 dalam satuan inchi.

2. Ukuran 3R

Ukuran selanjutnya adalah ukuran 3R yang juga menjadi ukuran mencetak foto favorit selain ukuran foto 4R. Ukuran ini masih lebi kecil jika dibandingkan dengan ukuran 4R namun sedikit lebih besar dibandingkan ukuran 2R. Jika diubah ke dalam satuan lain, foto 3R memiliki ukuran 8,9 x 12,7 dalam centi meter, 89 x 127 dalam satuan mili meter dan 3,5 x 5 dalam satuan inchi.

3. Ukuran 4R

Selanjutnya adalah ukuran foto yang paling banyak dicetak, yaitu ukuran 4R. Ukuran foto 4R ini biasanya banyak dipesan untuk mencetak foto karena ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Ukuran ini biasanya digunakan untuk hiasan meja atau untuk keperluan lain yang tidak terlalu membutuhkan banyak ruang. Jika diubah ke dalam satuan lain, ukuran foto 4R dalam cm ini menjadi 10,2 x 15,2 cm, 102 x 152 dalam satuan mm dan 4×6 dalam satuan inch.

4. Ukuran 6R

Ukuran selanjutnya yang juga sering digunakan untuk mencetak foto adalah ukuran 6R. Ukuran ini lebih besar dibandingkan ukuran foto 4R. Biasanya foto dicetak dengan ukuran 6R untuk tujuan sebagai hiasan dinding karena lebih besar. Ada juga yang membuatnya sebagai kalender dinding. Jika diubah ke dalam satuan lain, 6R memiliki ukuran 15,2 x 20,3 cm, 152 x 203 dalam mm dan 6×8 dalam inchi.

5. Ukuran 10R

Selanjutnya adalah ukuran 10R yang menjadi ukuran cetak foto favorit lain selain ukuran 4R. Ukuran 10R ini lebih besar dibandingkan dengan 6R dan biasanya foto yang dicetak dengan ukuran 10R hanya digunakan sebagai hiasan dinding. Selain hiasan dinding foto berukuran 10R juga biasanya digunakan untuk hiasan meja. Jika dikonversikan ke dalam satuan lain adalah 25,4 x 30,5 cm atau jika dalam satuan milimeter adalah 254 x 305 mm. Sedangkan dalam ukuran inchi adalah 10 x 12 inchi.

6. Ukuran 12R

Ukuran terakhir ini adalah ukuran paling besar yang digunakan untuk mencetak foto, yaitu 12R. Tidak seperti ukuran foto 4R yang cenderung lebih kecil dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan selain sebagai hiasan, misalnya untuk sampul note, kalender meja dan kebutuhan lain, ukuran 12R hanya bisa digunakan untuk pajangan dinding. Jika diubah ke satuan lain, ukuran 12R menjadi 20,5 x 38,1 cm. Sedangkan dalam satuan mm adalah 205 x 381 dan satuan inchi menjadi 8×15.

Itulah tadi berbagai ukuran cetak foto dalam kode R yang umumnya digunakan. Dengan ini Anda bisa tahu ukuran-ukuran lain yang biasanya digunakan untuk mencetak foto selain ukuran foto 4R bukan? Selain itu Anda juga bisa tahu ukuran sebenarnya jika kode-kode R yang digunakan untuk mencetak foto itu dikonversikan ke dalam satuan cm, mm dan inchi.