Contoh Proposal Kegiatan Sekolah yang Baik dan Benar

Diposting pada

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai proposal kegiatan sekolah, kita kenali terlebih dahulu apa itu proposal dan seberapa penting perannya dalam acara-acara yang diselenggarakan di sekolah. Proposal merupakan sebuah rencana kegiatan yang dituangkan dalam bentuk tulisan yang sangat rinci dan sistematis. Dalam proposal biasanya memuat rincian kegiatan yang akan dilakukan beserta estimasi biaya yang akan dibutuhkan selama kegiatan. Proposal ini biasanya akan diberikan kepada pihak sekolah untuk dianalisis. Jika sudah disetujui maka kegiatan dan dana yang dibutuhkan dapat segera cair dan digunakan oleh pihak yang bersangkutan.

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah yang Benar dalam Format Word

Setiap sekolah pada dasarnya selalu mengadakan berbagai kegiatan yang diselenggarakan atas inisiatif dari para guru atau dari murid-muridnya. Untuk mewujudkan kegiatan tersebut bisa terselenggara dengan baik, maka Anda perlu membuat proposal kegiatan sekolah terlebih dahulu untuk memaparkan tentang tujuan dari kegiatan sekolah yang Anda ajukan beserta dengan rincian ajuan dana yang akan dibutuhkan.  Dalam membuat proposal sekolah, sebelumnya Anda harus sudah memiliki susunan kepanitiaan yang nantinya akan ikut membantu dalam menyelenggarakan acara.

Proposal kegiatan sekolah ini biasanya banyak dibutuhkan oleh guru atau siswa yang ikut organisasi sekolah seperti OSIS.   Proposal yang sah dan dianggap sudah disetujui adalah proposal yang sudah ditandatangani oleh Kepala Sekolah dan anggota inti OSIS seperti sekretaris, ketua panitia, dan ketua OSIS. Namun perlu ditekankan sekali lagi, bahwa sebelum mengajukan atau membuat proposal, Anda harus membentuk terlebih dahulu susunan kepanitiaan untuk membantu merencanakan kegiatan dan anggaran. Setelah susunan kepanitiaan terbentuk, langkah selanjutnya adalah membuat proposal dengan menggunakan Microsoft Word.

Saat ini banyak contoh proposal kegiatan sekolah dalam format word yang bisa didownload untuk memudahkan Anda dalam membuat draft proposal. Pada dasarnya rancangan kegiatan dalam proposal sebagian besar isinya sama, yang membedakan hanyalah jenis kegiatan, acara, dan jumlah anggarannya. Untuk itu agar Anda tidak salah dalam membuat format proposal kegiatan sekolah, Anda bisa mendownload contoh-contohnya dengan mudah melalui internet. Contoh proposal yang disediakan sangat lengkap mulai dari proposal untuk sekolah SD, SMP, hingga SMA/SMK bisa Anda download file wordnya secara online.

Cara Membuat Format Proposal Kegiatan Sekolah yang Benar

Untuk membuat sebuah proposal kegiatan sekolah yang benar, Anda harus mengetahui format yang wajib ada dalam sebuah proposal. Format ini sebetulnya tidak hanya berlaku untuk proposal dalam kegiatan sekolah saja, tapi juga bisa digunakan untuk keperluan proposal lainnya misalnya untuk pengajuan proposal kegiatan di RT dan RW, Desa, Kecamatan, atau keperluan lainnya. Berikut adalah beberapa poin yang wajib ada dalam sebuah proposal:

1. Pendahuluan

Dalam proposal yang baik dan benar wajib ada pendahuluan. Dalam bab pendahuluan harus memuat beberapa hal yaitu latar belakang kegiatan dan tujuan kegiatan. Latar belakang kegiatan harus berisi landasan yang membahas mengapa kegiatan tersebut penting dan harus diadakan di sekolah. Contohnya jika Anda akan membuat proposal kegiatan sekolah untuk acara pentas seni, Anda bisa mengembangkan gagasan di latar belakang bahwa para siswa akan lebih muncul kepercayaan dirinya saat menampilkan karya seni yang mereka senangi.

Selain latar belakang, di dalam bab pendahuluan juga harus terdapat tujuan proposal. Dalam tujuan proposal harus memuat pembahasan mengenai untuk apa acara tersebut dibuat. Contoh tujuan proposal acara pentas seni sekolah adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa, menumbuhkan rasa kerja sama dan semangat siswa dalam menampilkan karya seni, dan lain sebagainya.

2. Isi proposal

Di dalam bab Isi proposal kegiatan sekolah, terdapat beberapa hal yang harus ditulis yaitu tema, macam-macam kegiatan, peserta, peralatan atau inventaris yang dibutuhkan, serta waktu dan tempat pelaksanaan. Dalam isi Anda dapat menuliskan dengan terperinci mengenai tema kegiatan dan kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan beserta dengan tempat dan waktu acaranya. Selain itu Anda juga harus menuliskan list inventaris yang akan dibutuhkan selama kegiatan berlangsung.

3. Susunan acara

Setelah menuliskan tema kegiatan, waktu dan tempat, serta peralatan yang dibutuhkan, selanjutnya adalah menuliskan susunan acara kegiatan. Dalam proposal kegiatan sekolah, susunan acara sangat penting dan harus disusun sebaik dan sematang mungkin agar acara bisa terorganisir dengan baik. Rincian acara memuat waktu dan tempat dari awal kegiatan hingga kegiatan selesai.

4. Susunan kepanitiaan

Dalam susunan kepanitiaan, Anda harus menentukan ketua panitia, sekretaris, bendahara, seksi acara, seksi humas, seksi keamanan, seksi publikasi dan dokumentasi, seksi peralatan, dan lain sebagainya yang sekiranya akan dibutuhkan untuk kegiatan.

5. Anggaran dana

hal lain yang penting dan wajib ada dalam proposal kegiatan sekolah adalah rincian anggaran dana. Dalam bab ini Anda harus merinci anggaran yang akan dibutuhkan untuk kegiatan sekolah tersebut. Untuk kegiatan rutin sekolah, biasanya sekolah sudah menganggarkan biaya sendiri, sehingga Anda harus menuliskan rincian biaya pemasukan dan pengeluaran. Sedangkan jika kegiatan yang diajukan adalah inisiatif dari guru dan siswa yang tidak rutin diadakan di sekolah, maka cukup menuliskan rincian pengeluarannya saja. Setelah menuliskan rincian anggaran dana, elemen terakhir yang harus ada dalam proposal adalah penutup yang memuat kesimpulan dari rincian kegiatan yang diajukan kepada sekolah.

Jika sudah memuat beberapa elemen di atas, maka Anda sudah membuat proposal kegiatan sekolah yang baik dan benar.  Selain menulis format proposal yang benar, sangat dibutuhkan kerjasama tim untuk memperkirakan anggaran dana yang tepat agar dana bisa cair sesuai dengan kebutuhan acara.