Contoh Proposal Penelitian Sekolah dan Universitas, Pedoman untuk Penelitian

Diposting pada

Dalam dunia akademik, pasti sudah tidak asing dengan proposal bukan? Ya, proposal adalah syarat utama yang harus dipenuhi ketika hendak melakukan penelitian. Tanpa adanya proposal, sebuah penelitian atau kegiatan apapun tidak akan bisa berjalan. Proposal pun terbagi ke dalam beraneka jenis, ada proposal kegiatan, proposal penelitian untuk thesis, disertasi dan skripsi serta beberapa jenis proposal lainnya. Contoh proposal penelitian sekolah adalah proposal yang paling sering dibuat oleh siswa terutama yang masih berjenjang sekolah menengah.

Apa Itu Proposal Penelitian

Sebelum membahas tentang contoh proposal penelitian sekolah lebih lanjut, terlebih dahulu harus memahami tentang apa itu proposal. Beberapa ahli memberikan pendapat yang berbeda tentang definisi Proposal. Sugiyono (2013) mendefinisikan proposal sebagai pedoman yang di dalamnya berisi tentang kegiatan dan langkah-langkah sistematis oleh peneliti dalam menjalankan penelitian tersebut. Definisi lain mengartikan proposal sebagai pedoman rencana kerja dimana pedoman tersebut terdiri dari unsur-unsur pokok yang ada dalam penelitian.

Sebagai sebuah pedoman yang disusun secara sistematis, proposal penelitian sudah pasti memiliki unsur-unsur atau struktur yang harus dipenuhi dalam pembuatannya. Seperti kebanyakan contoh proposal penelitian sekolah yang ada, struktur proposal penelitian ini setidaknya harus mencakup beberapa hal. Struktur itu harus mencakup judul, latar belakang, identifikasi masalah (yaitu mengemukakan berbagai masalah yang hendak diteliti dalam bentuk pertanyaan maupun pernyataan). Ada juga batasan masalah yang berfungsi untuk membatasi ranah dari penelitian itu sendiri dan rumusan masalah yang berupa pertanyaan-pertanyaan yang diajukan berkaitan dengan penelitian yang dilakukan.

Unsur atau struktur yang tak kalah penting dalam proposal penelitian adalah tujuan penelitian yang akan menjawab rumusan masalah yang diajukan sebelumnya dan manfaat hasil penelitian dalam pengembangan teoretis maupun secara praktis. Selanjutnya ada landasan teori yang digunakan dalam penelitian tersebut mengenai hal-hal yang akan diteliti serta variabel pendukungnya. Tak lupa juga unsur kerangka pemikiran, hipotesis, metode penelitian, populasi dan sampel yang digunakan serta teknik pengumpulannya, instrumen penelitian yang digunakan, teknik pengumpulan data dan terakhir lampiran. Struktur atau unsur-unsur tersebutlah yang harus ada dalam setiap pembuatan maupun contoh proposal penelitian sekolah.

Jenis-Jenis Proposal Penelitian

Saat menyusun proposal penelitian, unsur dan struktur yang sudah disebutkan di atas harus dicantumkan dan disusun terstruktur berdasarkan urutannya. Selain unsur dan struktur, dalam menyusun contoh proposal penelitian sekolah, Anda juga harus tahu jenis-jenis dari proposal penelitian itu sendiri. Secara umum, proposal penelitian dibagi ke dalam 4 jenis, yaitu:

1. Proposal Penelitian Pengembangan

Contoh proposal penelitian sekolah yang pertama adalah proposal penelitian pengembangan yang dibuat untuk mendukung kegiatan yang akan menghasilkan produk atau rancangan yang nantinya bisa menjadi solusi untuk masalah-masalah aktual. Dengan begitu, kegiatan pengembangan dan penelitian ini ditekankan untuk memanfaatkan teori, prinsip, konsep dan temuan yang dilakukan melalui penelitian untuk memecahkan sebuah masalah.

2. Proposal Penelitian Kajian Pustaka

Jenis selanjutnya yang juga menjadi contoh proposal penelitian sekolah adalah proposal penelitian kajian pustaka. Pada jenis proposal ini, penelitian yang dilakukan untuk memecahkan masalah itu bertumpu pada kajian mendalam dan kritis terhadap bahan pustaka yang relevan dengan penelitian tersebut. Penelitian seperti ini umumnya dilakukan dengan mengumpulkan data dan informasi yang relevan dari bermacam-macam sumber pustaka dan kemudian disajikan untuk keperluan baru atau dengan cara yang baru.

3. Proposal Penelitian Kualitatif

Setelah proposal penelitian pengembangan dan penelitian kajian pustaka, jenis dan contoh proposal penelitian sekolah selanjutnya adalah proposal penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan gejala yang ada secara kontekstual-holistik dengan cara mengumpulkan data dari latar alami. Penelitian ini biasanya memanfaatkan peneliti sebagai sebuah instrumen kunci. Penelitian ini bersifat deskriptif, yang mana analisis yang dilakukan menggunakan pendekatan induktif, dengan perspektif subjek lebih ditonjolkan. Ciri utama dari penelitian ini adalah penyusunannya dalam bentuk narasi.

4. Proposal Penelitian Kuantitatif

Jenis terakhir proposal penelitian dan contoh proposal penelitian sekolah adalah proposal penelitian kuantitatif. Jenis proposal ini menggunakan pendekatan deduktif-induktif yang berangkat dari kerangka teori, pemahaman peneliti dan gagasan para ahli untuk selanjutnya dikembangkan menjadi beberapa permasalahan dan pemecahannya untuk mendapatkan verifikasi yang berbentuk data empiris. Jika penelitian kualitatif hasil analisa berupa narasi, maka penelitian kuantitatif cenderung berupa angka, tabel dan diagram.

Selain 4 contoh proposal penelitian yang disebutkan di atas, masih ada berbagai jenis penelitian lainnya yang diklasifikasikan berdasarkan bentuknya maupun secara umum. Misalnya jika dilihat berdasarkan bentuknya, ada proposal formal, semi formal dan non formal. Dengan mengetahui jenis proposal dan struktur dalam pembuatan proposal, Anda akan bisa membuat proposal sesuai yang dibutuhkan dengan tepat. Hal tersebut karena struktur proposal sangat dipengaruhi oleh jenis proposal itu sendiri.

Membuat proposal penelitian adalah hal yang harus dilakukan saat hendak melakukan penelitian karena memiliki fungsi yang sangat penting ketika Anda hendak melakukan penelitian. Proposal inilah yang menjadi pedoman dalam menjalankan penelitian. Di dalam proposal terdapat struktur yang harus dipenuhi oleh peneliti saat melakukan penyusunan hasil penelitiannya. Itulah mengapa proposal disebut sebagai pedoman dalam penelitian. Contoh paling sederhana dari proposal penelitian ini pun banyak ditemukan. Sebut saja misalnya proposal penelitian sekolah. Contoh proposal penelitian sekolah pun bisa ditemukan dengan mudah di situs pencarian dengan berbagai topik lengkap dengan strukturnya. Dengan contoh proposal penelitian sekolah dan universitas yang saat ini mudah didapatkan ini akan semakin membnatu Anda dalam menyusun proposal penelitian.