Ini Dia Contoh Slip Gaji Karyawan Terbaru

Diposting pada

Slip gaji merupakan bukti rincian dari gaji yang diterima oleh setiap karyawan pada setiap bulannya. Slip gaji ini biasanya dibutuhkan untuk beberapa kebutuhan, seperti untuk memenuhi persyaratan kredit rumah, atau benda lainnya. Setiap perusahaan umumnya memiliki slip gaji karyawan dengan rincian yang berbeda-beda. Ada yang lengkap ada yang secara garis besarnya saja seperti gaji pokok dan uang lembur. Ada pula yang menampilkan rincian lengkapnya yang disertai dengan keterangan rincian seperti jumlah potongan, uang makan, uang transport dan lain sebagainya.

Rincian yang terdapat di dalam slip gaji karyawan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaannya. Misalnya dalam perusahaan tambang batu bara memerlukan rincian slip gaji seperti uang transport, uang makan, tunjangan komunikasi dan lain sebagainya. Sedangkan perusahaan lainnya seperti kantoran mungkin tidak akan memerlukan rincian uang transport atau uang tunjangan komunikasi.

Jenis-jenis Rincian Dalam Slip Gaji Karyawan Terbaru

Dalam slip gaji karyawan, selain terdapat rincian pendapatan biasanya terdapat juga rincian potongan. Rincian-rincian tersebut tentu sangat diperlukan agar setiap karyawannya bisa mengetahui gaji yang mereka terima setiap bulannya, serta untuk mengetahui potongan apa saja yang harus mereka bayar setiap bulannya. Tak hanya itu slip gaji juga sangat berguna untuk melakukan perhitungan anggaran belanja untuk kebutuhan rumah tangga Anda agar tidak over budget. Karena dengan informasi rincian dalam slip gaji Anda bisa mengetahui gaji pokok bersih yang akan Anda terima setiap bulannya.

Dalam slip gaji karyawan terdapat 2 jenis rincian yang memuat informasi rincian yang berbeda-beda. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

1. Rincian pendapatan

Dalam slip gaji karyawan biasanya terdapat rincian pendapatan seperti gaji pokok, upah lembur, uang makan, tunjangan jabatan, uang transport, tunjangan komunikasi (HP), bonus, tunjangan BPJS ketenagakerjaan dan kesehatan, insentif, dan lain sebagainya. Tentunya setiap perusahaan biasanya memiliki rincian pendapatan yang berbeda disesuaikan dengan kebutuhannya. Selain itu rincian pada slip gaji karyawan swasta dengan rincian slip gaji pada PNS akan berbeda. Dalam slip gaji PNS terdapat rincian seperti tunjangan anak, tunjangan terpencil, tunjangan istri/suami, tunjangan pajak, tunjangan beras, dan lain sebagainya.

2. Rincian potongan

Pada rincian potongan dalam slip gaji karyawan memuat beberapa rincian seperti potongan BPJS kesehatan, potongan BPJS ketenagakerjaan, asuransi perusahaan, pph21, pinjaman perusahaan, potongan tidak masuk kerja, potongan terlambat masuk kerja, dan lain sebagainya.

Contoh rincian  pendapatan dalam slip gaji karyawan tersebut selain berguna untuk kebutuhan karyawan, juga sangat berguna bagi Anda yang bekerja di staff HRD untuk membuat rincian slip gaji di perusahaan Anda. Tentunya sebelum membuat slip gaji, sangat penting untuk mengetahui contoh slip gaji karyawan di beberapa perusahaan sebagai referensi untuk pembuatan rincian slip gaji di perusahaan Anda. Pembuatan dan penghitungan rincian keuangan dalam slip gaji memang cukup memusingkan, terlebih lagi jika slip gaji yang Anda buat untuk ratusan hingga ribuan karyawan. Tentunya akan sangat menyita waktu dan memerlukan waktu yang lama untuk menghitung semua rincian pendapatan dan pengeluaran setiap karyawannya.

Untuk membantu mempermudah Anda dalam membuat slip gaji karyawan, Anda  bisa menggunakan aplikasi Microsoft Excel agar bisa menggunakan pengoperasian dengan rumus. Sedangkan dalam perusahaan dengan skala sangat besar biasanya sudah memiliki aplikasi buatan yang dikhususkan untuk membuat rincian slip gaji. Dengan begitu pekerjaan Anda bisa selesai dengan lebih cepat dan lebih akurat. Karena jika dilakukan dengan manual tentu resikonya sangat besar. Selain akan merugikan karyawan, tentunya perusahaan juga akan sangat dirugikan jika terdapat kesalahan dalam penghitungan slip gaji yang pembayarannya berlebih.

Cara Menghitung Rincian Slip Gaji Karyawan dengan Otomatis

Untuk membuat slip gaji karyawan dengan jumlah yang banyak, tentunya Anda memerlukan bantuan aplikasi untuk membuat pekerjaan Anda menjadi lebih cepat, mudah, dan lebih akurat dalam penghitungannya. Untuk melakukan penghitungan otomatis, jika perusahaan tempat Anda bekerja belum memiliki aplikasi khusus untuk penghitungan slip gaji, maka Anda bisa menggunakan Microsoft excel dengan menggunakan operasi rumus untuk pengurangan dan penjumlahan. Cara pengoperasiannya biasanya Anda tuliskan terlebih dahulu beberapa rincian pendapatan dan rincian pemotongan kemudian jumlahkan dengan menggunakan rumus. Dengan menggunakan bantuan rumus, penghitungan pendapatan dan pemotongan setiap bulannya akan terjumlah secara otomatis.

Cara Menghitung Uang Lembur dalam Slip Gaji Karyawan

Selain mengetahui cara pembuatan rincian dalam slip gaji, tentunya Anda juga perlu mengetahui cara menghitung upah lembur yang benar. Karena tentunya upah lembur tidak diberikan secara suka-suka. Tapi harus melalui perhitungan yang benar dan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam Undang-undang. Untuk itu pemberian uang lembur di perusahaan tidak bisa sembarangan. Aturan jam kerja normal adalah 1 hari 7 jam untuk 6 hari kerja dalam satu minggu, dan 1 hari 8 jam untuk 5 hari kerja dalam satu minggu. Jika jam kerja melebihi dari waktu kerja yang telah ditentukan maka harus diberikan uang lembur. Penghitungan uang lembur biasanya dihitung perjam dan disesuaikan dengan jumlah gaji pokok perbulannya.

Mengetahui setiap detail dalam informasi rincian dalam slip gaji karyawan tentunya sangat penting karena bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Selain untuk melakukan perhitungan untuk anggaran belanja setiap bulannya, dapat juga digunakan sebagai referensi untuk membuat slip gaji di perusahaan tempat Anda bekerja. Untuk membuat slip gaji yang benar dan tepat, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan perusahaan Anda.