Dasar dan Rekomendasi Isi Doa Syukur Kristen

Diposting pada

Untuk menunjukan rasa terima kasih atas rahmat Tuhan Yesus, doa syukur Kristen tentu perlu dilakukan. Jika ingin tahu dasar dan doa syukur yang tepat, mari cek artikel berikut!

Dalam Kristen, doa syukur adalah kewajiban jika Anda merasakan berkah dari Tuhan Yesus. Hanya dengan mengucapkan rasa terima kasih dalam doa, Anda membuka koneksi pada-Nya. Doa ini tentu juga bisa menyamankan hati Anda dan bukti bahwa Yesus peduli pada Anda.

Jika Anda ingin tahu dasar dari doa syukur Kristen ini, mari melihat 4 sumber ayat Alkitab yang mengutarakan dasar-nya!

Dasar dan Rekomendasi Isi Doa Syukur Kristen

Dasar Doa Syukur Kristen Menurut Alkitab

Doa syukur pada dasarnya adalah ungkapan pasrah dan terima kasih atas segala hal yang Anda rasakan dalam hidup. Hal ini diperkuat dengan dengan dasar Alkitab berikut ini:

Filipi 4:6

Janganlah hendaknya kamu kawatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

Kolose 4:2

Bertekunlah dalam doa dan dalam pada itu berjaga-jagalah sambil mengucap syukur.

1 Tesalonika 5:18

Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

Kolose 3:17

Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.

Ayat – ayat di atas tentu memiliki inti sari yang kurang lebih sama. Inti dari ayat – ayat Alkitab tersebut menekankan bahwa ucapan syukur pada Allah adalah sebuah bentuk pasrah yang dapat mengurangi beban hidup Anda. Jika Anda selalu menyatakan doa syukur Kristen, Anda tentu akan lebih siap saat hari yang dijanjikan datang.

Orang yang tidak pasrah dan masih terikat pada kehidupan duniawi, tentu akan lebih sulit untuk menerima kenyataan saat Dia datang kembali ke dunia. Kehendak Allah tidak ada orang yang tahu. Jadi persiapan diri dan rasa pasrah adalah kunci untuk menikmati hidup sambil berjaga akan datangnya waktu yang dijanjikan.

Isi yang Harus Ada dalam Doa Syukur Kristen Anda

Untuk mengucapkan doa syukur, tentu Anda tidak bisa sembarangan. Sebagai panduan, pastikan doa syukur Kristen Anda minimal memiliki unsur berikut ini:

  • Mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan berdoa yang diberikan pada Anda.
  • Mengungkapkan rasa syukur pada Tuhan yang memenuhi janji keselamatan dalam Alkitab dan atas pengampunan dosa.
  • Mengungkapkan rasa syukur atas suka cita yang manusia alami seperti yang dinyatakan pada Alkitab tentang sukacita.
  • Mengungkapkan syukur atas pemenuhan kebutuhan hidup Anda sehari – hari.
  • Mengungkapkan syukur atas kepercayaan iman akan janji Tuhan yang terus menyertai Anda. Ucapan syukur ini juga bisa mengandung kekuatan kepercayaan yang Anda rasakan dalam kesusahan dan kekurangan.
  • Mengungkapkan rasa syukur atas keberadaan orang lain dalam hidup Anda.
  • Mengucap syukur atas apa saja yang terjadi dalam kehidupan Anda dan orang – orang di sekitar Anda.

Untuk kebutuhan kata – kata, hal ini tergantung dari Anda sendiri. Tuhan tidak akan merendahkan orang hanya karena kemampuan berbahasanya. Anda bisa menambahkan banyak kata ataupun sedikit kata, yang penting tujuan hati Anda dalam berdoa tetap memiliki rasa syukur yang tulus.

Tips untuk Lakukan Doa Syukur Kristen yang Lebih Baik

Jika ingin doa Anda lebih sakral, Anda bisa gunakan beberapa tips berikut ini:

  • Berdoalah di waktu khusus. Misalnya saja di tengah malam dengan lilin di kamar yang gelap.
  • Ucapkan doa syukur lalu diikuti dengan pembacaan ayat – ayat yang relevan dengan doa Anda.
  • Lakukan doa syukur bersama dengan keluarga. Saat doa bersama, berikan giliran untuk setiap anggota keluarga untuk mengucapkan doa syukur secara individu lalu dilanjutkan dengan doa sebagai keluarga.

Sekian bahasan tentang doa syukur Kristen. Mudah – mudahan dengan bahasan ini, Anda bisa melakukan doa syukur dengan lebih baik demi menyadari kebesaran Tuhan dalam setiap detail hidup Anda.