Doa Akhir Tahun Hijriyah dan Keunikan dari Kalender Hijriyah

Diposting pada

Akhir tahun hijriah adalah momentum genapnya dua belas bulan yang berhasil kita lewati. Maka dari itu akan baik bagi kita untuk berdoa akhir tahun hijriyah.

Kalender hijriah adalah kalender yang terkenal dengan agama islam. Karna kalender ini juga digunakan oleh orang islam untuk sistem penaggalan acara- acara besar umat islam. Kalender hijriah ditemukan pertama kali di Arab, sebelum mengguankan kalender Hijriyah bangsa Arab menggunakan sistem penanggalan lunisolar yang tahunnya dihubungkan dengan beberapa  peristiwa penting dalam tahun itu.

Doa Akhir Tahun Hijriyah dan Keunikan dari Kalender Hijriyah

Doa Akhir Tahun Hijriyah

Membaca doa akhir tahun hiriyah ini harus dilakukan sebelum matahari terbenam karena menunjukan berakhirnya hari tersebut. Doa akhir tahun, yaitu:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِى عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَىَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِى وَدَعَوْتَنِى اِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَا ئَتِى عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّى اَسْتَغْفِرُكَ فَغْفِرْلِى وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَاَسْأَلُكَ اَللَّهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَ الْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلاَ تَقْطَعَ رَجَائِى مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim, Wa shallallaahu ‘ala sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma maa ‘amiltu fi haadzihis-sanati mimmaa nahaitani ‘anhu falam atub minhu wa lam tardhahu wa lam tansahu wa halamta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa uquubati wa da’autani ilattaubati minhu ba’da jur’ati alaa ma’siyatika fa inni astaghfiruka fagfirlii wa maa ‘amiltu fiihaa mimma tardhaahu wa wa’adtani ‘alaihits-tsawaaba fas’alukallahumma yaa kariimu yaa dzal-jalaali wal ikram an tataqabbalahuu minni wa laa taqtha’ rajaai minka yaa karim, wa sallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa ‘aalihii wa sahbihii wa sallam

Artinya:

Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau. Ya Allah! Apa yang saya lakukan pada tahun ini tentang sesuatu yang Engkau larang aku melakukannya, kemudian belum bertaubat, padahal Engkau tidak meridloi (merelakannya), tidak melupakannya dan Engkau bersikap lembut kepadaku setelah Engkau berkuasa menyiksaku dan Engkau seru aku untuk bertaubat setelah aku melakukan kedurhakaan kepada-MU, maka sungguh aku mohon ampun kepada-MU, ampunilah aku! Dan apapun yang telah aku lakukan dari sesuatu yang Engkau ridloi dan Engkau janjikan pahala kepadaku, maka aku mohon kepada-MU ya Allah, Dzat Yang Maha Pemurah, Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, terimalah persembahanku dan janganlah Engkau putus harapanku dari-MU, wahai Dzat Yang Maha Pemurah! Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.

Keunikan Dari Kalender Hijriyah

Kalender hijriah didasarkan pada pergerakan bulan mengelilingi bumi, berbeda dengan kalender masehi yang didasarkan pada pergerakan bumi mengitari matahari. Berikut informasinya:

1. Pemilihan Nama – Nama Bulan

Pemilihan nama – nama bulan pada kalender hijriah adalah hasil dari melihat kondisi bangsa Arab masa itu di setiap pergantian bulan. Setiap nama bulan memiliki arti yang mencirikan sedang terjadi, sedang musim atau peristiwa penting pada masa itu.

2. Acuan Kalender Hijriah

Berbeda dengan kalender masehi yang mengguakan matahri sebagai acuan dalam menentukan hari, tanggal, bulan maupun tahun. Kalender hijriah mengguankan acuan bulan untuk mentukan hari, bulan dan periode tahunnan.

3. Kelebihan Hari

Karna acuan yang digunakan oleh kalender hijriah dan kalender masehi berbeda maka, pasti ada perbedaan lain, perbedaan lain disini adalah jumlah hari dalam satu tahun. Pada kalender tahun Hijriah berkisar antara 354 hingga 355 hari,sedangkan untuk kalender masehi 365 hari, kecuali tahun kabisat, 366 hari.

Demikian artikel tentang doa akhir tahun hijriyah dan keunikan kalender hijriah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.