Doa Iftitah yang Benar dalam Sholat

Diposting pada

Terdapat doa-doa yang harus diucapkan pada saat kita melaksanakan sholat. Termasuk doa iftitah  yang harus dibaca sebelum mengucapkan doa Al-Fatihah.

Tenyata bacaan doa iftitah bisa kita temukan berbeda-beda dari satu orang ke orang lain. Ada yang panjang juga ada yang pendek. Meski memiliki makna yang sama, doa iftitah bertujuan untuk berdoa kepada Allah SWT.

Doa Iftitah yang Benar dalam Sholat

Doa-Doa Iftitah yang bisa Digunakan Dalam Sholat

Baik secara singkat maupun panjang, doa bacaan iftitah wajib hukumnya untuk dibaca pada saat sholah setelah takbir. Berikut doa-doa iftitah yang bisa anda ucapkan saat sedang sholat.

Doa-doa iftitah:

“Allahuakbari wajjahtu wajhiya lilladzii fatarassamawaa ti wal ardza khanifammusliman wa maa anaa minal musyrikiin, inna sholaatii wanusukii wamakhyaaya wamamaatii lillahirabbil ‘aalamina laa syariikalahu wabidzalika umirtu wa anaa awwalulmuslimiin, allahumma antalmaliku laa ilahaillaa anta subkhaanaka wabikhamdika”

Artinya:

“Aku hadapkan wajahku kepada Dzat yang Maha Pencipta langit dan bumi sebagai muslim yang ikhlas dan aku bukan termasuk orang yang musyrik. Sesungguhnya shalatku, sembelihanku, hidupku dan matiku, hanya semata-mata untuk Allah Rabb semesta alam. Tidak ada sekutu bagi-Nya.Oleh karena itu aku patuh kepada perintahNya, dan aku termasuk orang yang aku berserah diri. Ya Allah, Engkaulah Maha Penguasa. Tidak ada Ilah yang berhak disembah selain Engkau. Mahasuci Engkau dan Maha Terpuji”. (HR. An Nasa-i, 1/143. Di shahihkan Al Albani dalam Sifatu Shalatin Nabi 1/251)”

“Subkhaanakallahumma wabikhamdika tabaarokas mukawata ‘alaa jadduka walaa ilaha ghoiruka”

Artinya:

“Maha suci Engkau, ya Allah. Ku sucikan nama-Mu dengan memuji-Mu. Nama-Mu penuh berkah. Maha tinggi Engkau. Tidak ilah yang berhak disembah selain Engkau” (HR.Abu Daud 1/124, An Nasa-i, 1/143, At Tirmidzi 2/9-10, Ad Darimi 1/282, Ibnu Maajah 1/268.

“Allahuakbary kabiiraa, walkhamdulillahi kasiiraa, wasubkhaanallahibukratawwa ashilaa”

Artinya:

“Allah Maha Besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, Maha Suci Allah, baik waktu pagi dan petang” (HR. Muslim 2/99)

“Allahumma rabbajabraaiil, wamiikaa iil, wa israafiil, fathirassamaawaati wal ardhi, ‘aalima; ghaiibi wassyahaadati, antatakhkumu biina ‘ibadika fiimaa kaanuufiihi yakhtalifuun, ahdinii limaakhtulifa fiihiminal khaqqi bi idznika, innaka tahdii mantasyaa u ilaa shiraathin mustaqiim”

Artinya:

“Ya Allah, Rabb-nya malaikat Jibril, Mikail, dan Israfil. Pencipta langit dan bumi. Yang mengetahui hal ghaib dan juga nyata. Engkaulah hakim di antara hamba-hamba-Mu dalam hal-hal yang mereka perselisihkan. Tunjukkanlah aku kebenaran dalam apa yang diperselisihkan, dengan izin-Mu. Sesungguhnya Engkau memberi petunjuk menuju jalan yang lurus, kepada siapa saja yang Engkau kehendaki” (HR. Muslim 2/185)

“inna shalaatii wanusukii wamakhyaaya wamamaatii lillahi rabbil ‘alamina laa syariikalahu, wabidzalika umirtu wa anaa minalmuslimiin, allahummahdinii li akh sanil a’ maaliwa akhsanil akhlaaqi laa yahdii li akhsanihaa illaa anta, waqinii sayyi al a’amaali wasayyia al akhlaaqi laa yaqii sayyinahaa illaa anta”

Artinya:

“Sesungguhnya shalatku, sembelihanku, hidupku dan matiku, hanya semata-mata untuk Allah Rabb semesta alam. Tidak ada sekutu bagi-Nya. Oleh karena itu aku patuh kepada perintahNya, dan aku termasuk orang yang aku berserah diri.Ya Allah, tunjukilah aku amal dan akhlak yang terbaik. Tidak ada yang dapat menujukkanku kepadanya kecuali Engkau. Jauhkanlah aku dari amal dan akhlak yang buruk. Tidak ada yang dapat menjauhkanku darinya kecuali Engkau”. (HR. An Nasa-i 1/141, Ad Daruquthni 112)

Demikian doa – doa Iftitah yang bisa anda gunakan saat sedang sholat. Doa iftitah apapun akan selalu di terima dan dikabulkan oleh Allah SWT apabila dikerjakan dengan sungguh – sungguh dan mengharapkan pahala dari Allah SWT.