Doa Kristen Untuk Orang Meninggal Baik Keluarga Maupun Kerabat Dekat

Diposting pada

Memanjatkan doa Kristen untuk orang meninggal bukan hanya mendoakan orang yang mengalami kematian, namun jugu menjadi sumber kekuatan bagi keluarga yang ditinggalkan.

Memanjatkan doa kristen untuk orang meninggal bukan hanya dilakukan ketika menghadiri upacara pemakaman. Anda bisa memanjatkan doa untuk orang meninggal ini setiap saat guna mendoakan anggota keluarga maupun sahabat yang telah lama dipanggil Tuhan.

Doa Kristen Untuk Orang Meninggal Baik Keluarga Maupun Kerabat Dekat

Doa Kristen Untuk Orang Meninggal

Doa Kristen untuk orang meninggal sangat dianjurkan baik untuk kerabat maupun yang bukan saudara. Doa ini penting untuk mengurangi beban penderitaan bagi orang yang meninggal maupun bagi yang ditinggalkan.

Allah Bapa pangkal kehidupan, Engkau telah memanggil saudara kami …(nama orang yang meninggal)…kembali ke hadiratMu. Dia sekarang telah berada di pangkuanMu, namun kami yakin hidupnya hanya diubah bukan dilenyapkan dan kini kediaman abadi di surga tersedia baginya. Dengan keyakinan ini kami tak lagi merasa takut ketika menghadapi maut karena Engkau telah menjanjikan kami hidup abadi bersamaMu di surga. 

Bapa, ampunilah segala dosa saudara kami dan perkenankanlah ia bangkit seperti Kristus. Kami pun berdoa bagi semua orang yang telah kau panggil semoga mereka memperoleh kebahagiaan abadi bersama para kudusMu. Semua ini kami haturkan kepadaMu dalam nama Yesus Kristus pengantara kami kini dan sepanjang masa. Amin. 

Bacaan Doa Bagi Keluarga yang Ditinggalkan

Doa Kristen untuk orang meninggal juga perlu ditujukan bagi keluarga yang ditinggalkan. Doa ini dipanjatkan agar keluarga yang ditinggalkan mendapatkan penghiburan dan kekuatan. Contoh sederhananya seperti ini :

Ya Allah Bapa yang Maha Pengasih, berikanlah karunia terindah bagi saudara kami yang kehilangan orang yang mereka cintai. Berikanlah penghiburan bagi hati mereka dan ubahlah gelap menjadi terang, sedih menjadi suka serta rasa putus asa menjadi harapan. Allah Bapa, dalam kedukaannya jangan biarkan umatMu merasa sendirian. 

Engkau adalah sumber penghiburan sejati dan kekuatan. Hiburlah hati saudara kami dan hapuslah air matanya. Tolonglah mereka untuk bisa mengawali hidup dengan impian mengarah padaMu. Kuatkanlah mereka dalam kesehariannya dan berikanlah mereka pengharapan bahwa peristiwa ini adalah awal bukan sebuah akhir. Semua ini kami mohon dalam nama Yesus Kristus Tuhan kami. Amin.

Doa Kristen Bagi Orang yang Sudah Meninggal Apakah Efektif?

Sebenarnya berdoa untuk orang yang sudah meninggal bukan hal yang dianggap alkitabiah. Doa kristen untuk orang meninggal dianggap tak memiliki dampak apapun bagi orang yang telah meninggal.

Hal ini karena takdir seseorang dalam kekekalan ditentukan melalui kematian. Entah dia akan menikmati sukacita dan ketenangan di Surga atau akan mengalami siksaan kekal di neraka akan ditentukan setelah kematian. Alkitab mengajarkan bahwa apa yang terjadi pada seseorang di dalam kekekalan akan ditentukan oleh tindakannya selama masih hidup.

Bisa dikatakan doa Kristen untuk orang meninggal tak memberikan pengaruh apapun kepada orang yang sudah mati. Jadi, tak seharusnya seseorang meyakini kelak akan ada orang yang mendoakannya setelah meninggal. Meski begitu, praktik memanjatkan doa Kristen untuk orang meninggal memang sering dilakukan oleh beberapa denominasi di dalam Kekristenan.

Sebagai contoh, penganut katolik Roma misalnya diperbolehkan berdoa bagi orang mati maupun berdoa atas nama mereka. Demikian pula dengan budaya atau adat masyarakat di Indonesia juga memperbolehkan memanjatkan doa bagi orang yang sudah meninggal. Namun, akan lebih baik lagi bila Anda juga mendoakan bagi keluarga yang ditinggal.

Jadi, meskipun doa Kristen untuk orang meninggal tak bisa berbuat banyak bagi orang yang sudah mengalami kematian, setidaknya bisa memberikan penghiburan bagi keluarga yang ditinggalkan. Orang-orang yang mengalami kedukaan inilah yang masih membutuhkan kekuatan dan semangat dalam melanjutkan perjalanannya di dunia.