Doa Malam Lailatul Qadar Islam dan Amalan yang Disunahkan

Diposting pada

Malam lailatul Qadar atau sering disebut juga sebagai malam seribu bulan, ini adalah malam yang sangat mulia. Artikle ini akan menampilkan tentang doa malam lailatul qadar Islam dan amalan yang disunahkan.

Lailatul Qadar nama yang sering kita dengar saat bulan Ramadhan. Lailatul Qadar ini turun di 10 hari terahir bulan Ramadhan dan pada hari ganjil puasa Ramadhan. Lailatul Qadar ini adalah satu malam yang paling penting di bulan Ramadhan, ini karena pada malam inilah diturunkanya Al Quran. Artikel ini akan membahas doa malam lailatul qadar Islam dan amalan yang disunahkan.

Doa Malam Lailatul Qadar Islam dan Amalan yang Disunahkan

Doa Malam Lailatul Qadar Islam

Sebagai hamba yang bertaqwa maka sudah seharusnya kita berdoa pada Allah di malam Lailatul Qadar. Berikut doa malam lailatul qadar Islam berserta artinya :

اللَّـهُـمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُـحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii

Artinya:

“Yaa Allah, sesungguhnya Engkau Dzat Yang Maha Pemaaf dan Pemurah maka maafkanlah diriku.”

Karena malam lailatul qadar adalah malam yang sangat mulia sudah sepantasnya pada malam tersebut kita melakukan amalan amalan yang disunahkan oleh baginda agung Rasulullah SAW.

Amalan Yang Disunahkan Pada Malam Lailatul Qadar

Baginda agung Rasulullah SAW menyunahkan beberapa amalan agar kita dapat melakukan amalan tersebut dalam menanti datangnya malam lailatul qadar, yaitu:

1. Iktikaf

Itikaf adalah berdiam diri di masjid, disini orang orang banyak melakukan amalan amalan baik seperti berzikir dan mengaji. Itikaf ini dilakukan agar seorang hamba selalu senantiasa mengingat pada penciptanya. Untuk melakukan Iktikaf perlu ada niat yang sungguh-sungguh untuk bersujud pada Allah. Tetapi sebenarnya Iktikaf tidak diwajibkan bagi setiap umat Islam.

2. Berselawat

Doa mustajab adalah yang dengan berselawat atas Nabi Muhammad SAW, maka dianjurkan untuk dilaksanakan untuk menyambut malam Lailatul Qadar.

3. Berdoa

Berdoa adalah sarana komunikasi manusia dengan penciptanya, pada kessempatan yang langka ini, kesempatan yang hanya bisa dijumpai satu tahun sekali, sudah sepatutnya di kesempatan yang mulia ini seorang hamba dalam keadaan mengingat tuhannya, agar ia mendapat ganjaran yang sebesar- besarnya.

Banyak doa doa yang bisa anda minta pada Allah SWT, baik itu terkait keinginan anda, keserasahan anda, dan juga doa malam lailatul qadar sendiri.

4. Salat Hajat

Solat hajat biasanya dilakukan saat seseorang mengingankan sesuatu. Melakukannya di malam turunnya Lailatul Qadar membuat doa kita kemungkinan besar dikabulkan.

5. Salat Tahajud

Salat tahajud adalah salat malam yang bisa dilaksanakan setelah bangun tidur, dan waktu yang paling tepat adalah di sepertiga malam. Karna salat tahajud juga termasuk dalam salah waktu dikabulkanya doa, maka akan sangat baik bila anda menunaikan solat tahajud pada malam lailatul qadar ini, dan akan sangat baik lagi bila anda mengamalkan solat tahajud pada setiap malam di bulan ramadhan.

6. Mengaji

Tadaraus atau mengaji adalaha amalan yang sangat baik dilakukan di bulan ramadhan ini, terlebih lagi pada bulan ramadhan ini Allah berjanji untuk melipatkangadan setiap pahala kebaikan. Maka dari itu mengaji termasuk kedalam sunah saat menanti malam lailatul qadar. Dan juga biasanya para umat mengisi waktu itukaf mereka dengan memeperbanyak zikir, memeperbanyak tadarus, memeperbanyak berdoa dan yang paling utama adalah memperbanyak mengingat Allah SWT.

7. Salat Tarawih

Seperti yang kita ketahui bahwa ramadhan identik dengan menunaikan solat tarawih setelah solat isya. Solat tarawih sendiri tergolong dalam ibadah sunnah yang dilakukan hanya pada bulan ramadhan saja, maka akan sangat baik bila kita mengamalkan ibadah sunah solat terawih setelah solat isya.

Demikian artikel tentang doa malam lailatul qadar Islam dan amalan yang disunahkan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.