Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, Udara dalam Islam

Diposting pada

Berdoa merupakan kegiatan untuk meminta perlindungan kepada Allah Swt. Didalam melakukan perjalanan baik berdoa naik kendaraan darat, laut, udara.

Terkadang kita sering melupakan berdoa ketika hendak bepergian. Alangkah baiknya kita membiasakan diri untuk selalu berdoa. Termasuk ketika sedang melakukan perjalanan hendaknya kita selalu berdoa memohon perindungan kepada sang pencipta supaya selamat sehat sampai dengan tujuan. Terutama saat naik kendaraan baik darat, laut, maupun udara. Kita tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi kedepan apabila kita tidak berdoa.

Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, Udara dalam Islam

Doa Ketika Hendak Naik Kendaraan

Sebagai umat muslim kita biasakan diri untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT supaya selalu dilindungi dimanapun berada. Berikut doa yang bisa anda ucpkan ketika hendak bepergian naik kendaraan darat, laut, udara.

Doa naik kendaraan darat:

“Bismillaah, alhamdulillaah, {subhaanal-ladzii sakh-khoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin. Wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun}. Alhamdulillaah (3x), Allaahu akbar (3x), subhaanakallaahumma innii zholamtu nafsii faghfir lii, fa-innahu laa yaghfirudz-dzunuuba illaa anta.”

Artinya:

“Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami” (di hari Kiamat). Segala puji bagi Allah (3x), Allah Maha Besar (3x). Maha Suci Engkau Ya Allah. Sungguh, aku telah menganiayanya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya, tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

Selain doa tersebut, terdapat doa lain yang bisa anda ucapkan ketika sedang berkendara. Saat sedang naik kendaraan di udara anda bisa mengucapkan doa berikut.

Doa naik kendaraan udara:

“Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Subhanalladzi sakkhoro lana hadza wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibun, allahumma inna nas’aluka fii safarinaa hadzal birro wat taqwa wa minal ‘amal maa tardho, allahumma hawwin ‘alaina safarona hadza wa athwi ‘annaa bu’dahu, allahumma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli, allahumma inni a’udzubika min wa’tsaais safari wa kaabatil mandzhori wa suuil munqolibi fil maali wal ahli”.

Artinya:

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha suci Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah lah kami kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridloi. Ya Allah, permudahkanlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah pendampingku dalam bepergian dan mengurusi keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan kepulangan yang buruk dalam harta dan keluarga.

Saat anda bepergian menggunakan armada laut, anda bisa berdoa menggunakan doa berikut ini:

Doa naik kendaraan laut:

“Bismillaahi majreehaa wa mursaahaa, inna rabbii laghafuurur-rahiim. Wa maa qadarullaaha haqqa qadrih.”

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S.Hud [11] ayat 41). “Dan mereka tidak menghormati Allah dengan penghormatan yang semestinya.” (Q.S. Al-An’am [6] ayat 91).

Kemudian terdapat surat (Az – Zukhruf ayat 13, 14) yang menyebutkan bahwa

“litastawuu ‘alaa zhuhuurihii summa tazkuruu ni’ mata robbikum izastawaitum ‘alaihi wa taquuluu sub-haanallazii sakhkhoro lanaa haazaa wa maa kunnaa lahuu muqriniin, wa innaaa ilaa robbinaa lamungqolibuun”

Artinya:

“agar kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya; dan agar kamu mengucapkan, “Maha Suci (Allah) yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

Demikian semoga bisa bermanfaat untuk anda yang hendak bepergian naik kendaraan darat, laut udara supaya selamat sampai tujuan.