Doa Pembacaan Alkitab atau Firman Tuhan Kristen Agar Bisa Menjadi Berkat

Diposting pada

Doa pembacaan Alkitab atau firman Tuhan Kristen perlu dipanjatkan sebelum membaca Alkitab agar firman Tuhan bisa benar-benar kita resapi.

Sebelum membaca Alkitab sangat disarankan untuk memanjatkan doa pembacaan Alkitab atau firman Tuhan Kristen. Hal ini agar firman yang dibaca bisa meresap dan memberi makna bagi kehidupan kita.

Doa Pembacaan Alkitab atau Firman Tuhan Kristen Agar Bisa Menjadi Berkat

Doa Sebelum Membaca Alkitab di Rumah

Doa pembacaan Alkitab atau firman Tuhan Kristen bisa dipanjatkan dalam ibadah bersama di gereja atau ketika sebelum Anda membaca Alkitab sendiri.

 Bapa di Surga, di malam ini kami mengucap syukur atas segala penyertaanMu sepanjang hari ini sehingga kami dapat menjalani hari dengan sukacita. Kali ini kami hendak membaca firman Tuhan bersama-sama. Jadikanlah firman Tuhan yang kami baca sebagai penguat dan penyemangat kami menjalani kehidupan. 

Bagi saudara-saudara kami di luar sana, berkatilah mereka sehingga mereka bisa seperti kami. Bisa berkumpul bersama keluarga untuk membaca firmanMu. Bantulah saudara kami meresapi firmanMu ya Bapa sehingga mereka bisa menjalani kehidupan sesuai kehendakmu. Semua ini kami panjatkan dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.

Doa Sebelum Membaca Alkitab di Gereja

Doa sebelum membaca Alkitab juga dipanjatkan di gereja. Contoh doa pembacaan Alkitab atau firman Tuhan Kristen seperti berikut.

Bapa di Surga, pada siang hari ini kami berterima kasih kepadaMu sehingga kami boleh berkumpul di gereja ini untuk memuliakan namaMu. Pada kesempatan ini, kami hendak mendengarkan firmanMu. Biarkanlah firman yang disampaikan oleh hambaMu bisa menjadi berkat dan bekerja dalam hidup kami sesuai dengan kehendakMu.

Semoga apa yang disampaikan sekiranya bisa menjadi kekuatan dan membantu kami dalam memahami persoalan kehidupan yang kian pelik. Bolehkan kami yang berkumpul di gereja ini bisa menjadi pendengar yang baik dan mampu memahami firman yang disampaikan. Terima kasih Tuhan, dalam namaMu kami berdoa. Amin.

Doa Membaca Alkitab Anak-Anak

Karena anak-anak suka hal yang sederhana, Anda bisa mengajarkan doa pembacaan Alkitab atau firman Tuhan Kristen yang sederhana berikut ini ketika si kecil membaca Alkitab di rumah.

Bapa yang mahabaik, bantulah aku dalam memahami firmanMu. Tumbuhkanlah kerinduan dalam hatiku untuk selalu ingin mendengarkan dan membaca firmanMu. Tuntunlah aku supaya bisa hidup sesuai dengan firmanMu. Semua ini aku mohon dalam nama Yesus, Tuhan dan pengantara kami. Amin.

Atau doa pembacaan Alkitab atau firman Tuhan Kristen bisa juga seperti ini :

Tuhan Yesus yang baik, kami hendak membaca firmanMu. Bantulah kami memahami firmanMu dan restuilah kami supaya bisa hidup menurut firmanMu. Berkatilah saudara-saudara kami yang belum memiliki kesempatan mendengarkan firmanMu agar beroleh berkat dan bisa menerima firmanMu di kemudian hari. Amin.

Doa Setelah Membaca Alkitab di Gereja

Di samping doa pembacaan Alkitab atau firman Tuhan Kristen yang dilakukan sebelum membaca Alkitab, Anda juga perlu memanjatkan doa setelah membaca Alkitab. Contohnya seperti ini.

Bapa di Surga, hari ini kami telah mendengar firmanMu. Biarkanlah firmanMu menjadi petunjuk serta pertolongan bagi kami dalam menjalani kehidupan. Berkati kami ya Bapa sehingga bisa selalu merindukan firmanMu. Berkati pula agar kami boleh menyampaikan firmanMu di kemudian hari dan menjadi terang bagi sesama kami. 

Berkati pula hambaMu yang membacakan firmanMu tadi. Berilah ia kesehatan dan berkah berkelimpahan. Berilah ia kekuatan agar boleh membacakan firmanMu kembali di kemudian hari. Terima kasih atas firmanMu hari ini ya Tuhan, dalam nama Yesus kami berdoa. Amin.

Membaca doa pembacaan Alkitab atau firman Tuhan Kristen penting untuk mempersiapkan diri ketika membaca firman Tuhan. Segala pikiran dan niat yang bersifat duniawi harus disingkirkan agar tak menjadi penghalang dalam menerima sabda Tuhan. Memanjatkan doa pembacaan Alkitab atau firman Tuhan Kristen juga membantu kita agar mudah menyerap firman Tuhan.