Doa Penutup Ibadah Kristen Untuk Ibadah di Gereja Maupun di Rumah

Diposting pada

Doa penutup ibadah Kristen merupakan doa yang dipanjatkan menjelang akhir ibadah di gereja. Isi doa ini bisa pendek maupun panjang.

Ketika mengikuti ibadah di gereja, pasti umat memanjatkan doa penutup ibadah yang dibacakan oleh pendeta. Nah, berikut ini beberapa doa penutup ibadah Kristen yang singkat dan seringkali dibacakan saat selesai beribadah.

Doa Penutup Ibadah Kristen Untuk Ibadah di Gereja Maupun di Rumah

Doa Penutup Ibadah yang Singkat

Doa penutup merupakan doa yang dipanjatkan untuk menutup rangkaian ibadah Kristen. Doa penutup ibadah Kristen biasa dipanjatkan di ibadah sekolah minggu, ibadah penghiburan dan lainnya. Contohnya seperti ini.

Tuhan yang welas asih, terima kasih atas penyertaanMu sehingga ibadah yang kami langsungkan hari ini bisa berjalan dengan lancar. Setelah ini, kami akan pulang ke rumah masing-masing, kiranya Bapa berkenan menyertai perjalanan kami sehingga selamat sampai di rumah. Semoga ibadah yang kami laksanakan hari ini bisa menumbuhkan rasa rindu kami untuk selalu memanjatkan pujian kepadaMu. Semua ini kami mohon dalam nama Tuhan Yesus pengantara kami kini dan selamanya. Amin.

Selain contoh doa penutup ibadah Kristen yang singkat di atas, Anda juga bisa memanjatkan doa penutup ibadah singkat yang lain seperti berikut ini.

Terima kasih Tuhan atas tuntunan dan penyertaanMu selama ibadah kali ini sehingga bisa berjalan dengan baik. Setelah ibadah ini selesai kami akan kembali ke rumah masing-masing, sekiranya Engkau berkenan menuntun kami agar boleh sampai di rumah dengan selamat membawa damai sejahtera. Kiranya kasih dan karuniaMu menyertai kita semua kini dan selama-lamanya. Amin.

Doa Penutup Ibadah Kristen yang Panjang

Selain doa penutup ibadah yang singkat, Anda juga bisa memanjatkan doa penutup ibadah Kristen yang panjang. Contohnya seperti ini.

Bapa di Surga, terima kasih atas penyertaanMu dalam ibadah kali ini sehingga bisa berjalan dengan baik dan lancar. Terima kasih telah menuntun kami dari awal rangkaian ibadah hingga akhir ibadah  hari ini. Kini kami akan pulang bersama-sama menuju ke rumah masing-masing. Kami mohon Engkau berkenan melindungi kami sehingga perjalanan kami lancar dan bisa selamat sampai tujuan.

Kiranya, Bapa berkenan pula untuk memberkati saudara-saudara kami yang belum bisa turut serta beribadah bersama kami hari ini. Semoga Engkau selalu menumbuhkan rasa rindu di hati kami dan saudara-saudara kami untuk semangat melaksanakan kegiatan ibadah. Semua ini kami mohon dalam nama Yesus Kristus juru selamat kami. Amin.

Doa penutup ibadah Kristen selalu dipanjatkan dengan rasa syukur. Rasa syukur tersebut bisa dilihat dari doa penutup ibadah berikut ini.

Allah Bapa kami yang kami muliakan, terima kasih buat kasih setiaMu sepanjang ibadah hari ini sehingga boleh berakhir dengan baik dan lancar. Sertai kami terus ya Bapa agar kami selalu merasa rindu untuk memuliakan namaMu. Jangan biarkan kuasa kegelapan menguasai kami dan membuat kami melupakanMu. 

Tak lupa pula berkatilah semua pelayan Tuhan yang sudah melakukan tugasnya demi membuat ibadah ini bisa berjalan dengan baik. Perkenankanlah kami untuk selalu bisa merasakan cinta dan kemurahanMu sepanjang hari dan biarlah kami mengucap syukur dan memuliakan namaMu setiap hari. Tuhan, Engkau menyinari kami dan selalu memberi kami kasih karunia. Tuhan, Engkau memberkati kami dan melindungi kami. Tuhan, Engkau memberi kami damai sejahtera. Amin.

Doa penutup ibadah Kristen di atas bisa Anda contoh dan diterapkan ketika berdoa atau beribadah bersama keluarga di rumah maupun di gereja. Doa penutup ibadah Kristen tersebut sudah banyak dipakai oleh para pendeta. Rangkaian doa penutup ibadah bisa berbeda. Namun, tujuan doanya tetap sama yakni ditujukan pada Tuhan Yesus Kristus.