Doa Puasa Kristen dan Kegiatan Menempa Jiwa

Diposting pada

Doa puasa Kristen tentu penting jika Anda ingin lebih membangun hubungan dengan Allah. Mari lihat bagaimana cara yang benar melakukan doa puasa ini agar lebih baik dan sakral.

Dalam ibadah, Anda pasti pernah melakukan puasa dan doa puasa Kristen. Setiap agama memiliki versi sendiri – sendiri dalam melakukan hal ini. Tujuan puasa dalam hal ini adalah merefleksikan diri agar terasa lebih dekat dengan derita yang dialami banyak manusia. Puasa ini adalah simbol prihatin dan juga meniru apa yang dilakukan Yesus di padang pasir pada Luk 2:37 dan Luk 5:33 di Alkitab.

Doa Puasa Kristen dan Kegiatan Menempa Jiwa

Bagaimana Melakukan Doa Puasa Kristen?

Melakukan doa saat puasa pada dasarnya mirip dengan doa harian, tapi dengan emphasis pada penderitaan yang dialami oleh banyak manusia dan kekuatan iman diri dalam menahan dorongan hasrat. Dosa bisa muncul menggoda tiap saat jika manusia tidak bisa mengontrol diri dan tentunya puasa adalah refleksi diri untuk melatih jiwa agar tidak mudah lepas kontrol.

Dalam melakukan doa puasa, Anda tentu harus sesuaikan dengan jenis puasa yang Anda lakukan. Dalam Kristen Anda bisa memilih 40 hari puasa makan tapi dengan masih minum, puasa 3 hari tanpa makan dan minum dan puasa sebagian yang mengharuskan Anda makan cukup 3 kali sehari (tidak ngemil) tapi dengan menu sederhana (contoh saja hidangan tanpa daging).

Doa yang Anda rangkai perlu lebih serius jika puasa yang Anda lakukan lebih berat. Contoh pada puasa 3 hari tanpa makan dan minum, Anda perlu mohon berkat agar puasa ini dapat kembali membersihkan jiwa dari kontrol roh jahat. Ucapkan syukur atas kekuatan iman yang diberikan Tuhan pada Anda selama menjalaninya.

Anda juga sebaiknya melakukan doa puasa Kristen dengan rutin. Biasanya doa ini dilakukan setiap Anda berbuka. Jadi pada puasa 3 hari dengan pantangan, Anda cukup berdoa setiap sebelum makam. Penyampaian doa tentunya lebih baik jika dilakukan bersama persekutuan umat lain ataupun minimal dengan keluarga.

Tips Melakukan Doa Puasa Kristen yang Baik

Karena tujuan puasa adalah mengontrol diri dan membersihkan pengaruh jahat dari jiwa, tentu Anda tidak cukup hanya sekedar melakukan puasa dan berdoa. Berikut adalah tips – tips yang akan membantu Anda mendapatkan efek puasa lebih baik bagi jiwa iman Anda:

Perbanyak sedekah

Dalam Kristen sedekah adalah hal yang baik. Tuhan Yesus juga mengajarkan bahwa sedekah ini adalah bentuk pengorbanan diri. Dalam Matius 6:2, Anda akan temukan pembahasan bagaimana seharusnya Anda bersedekah dengan baik.

Pastikan tidak menyombong saat berpuasa

Tuhan sangat benci tindakan menyombong hanya untuk dipandang religious. Dalam Alkitab, orang Yahudi adalah contoh melakukan tindakan baik hanya untuk mendapat pujian dan tanpa alasan yang tulus. Menyombong bahwa Anda melakukan puasa dan menarik perhatian atas hal ini adalah tindakan yang mirip dengan orang Yahudi dan tentunya dibenci oleh Tuhan.

Jangan malas walaupun melakukan puasa

Puasa yang baik adalah yang tidak diketahui orang lain. Hal ini merupakan kebalikan dari menyombong saat berpuasa. Anda beraktivitas normal dan tidak menunjukan kelemahan saat melakukan puasa. Perbuatan seperti ini tentu lebih diakui oleh Tuhan.

Tips di atas adalah hal – hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat puasa dan doa Anda lebih baik. Tapi tentu masih banyak hal lain yang bisa Anda lakukan untuk membuat puasa lebih bermakna bagi jiwa. Hal seperti ziarah adalah contoh kegiatan yang bisa digunakan untuk menempa jiwa dan iman Anda menjadi lebih baik.

Sekian bahasan doa puasa Kristen dalam artikel ini. Mudah – mudahan dengan bahasan tersebut, iman dan ibadah puasa Anda menjadi lebih mendekatkan Anda pada Tuhan Yesus.