Doa Qunut Shalat Subuh Untuk Imam dan Makmum

Diposting pada

Qunut termasuk amalan sunah yang dianjurkan. Untuk itu kami akan membagikan ulasan mengenai Doa qunut shalat subuh untuk imam dan makmum yang akan kami jelaskan dalam artikel ini.

Ada tiga macam qunut yang disunahkan untuk diamalkan, qunut subuh, qunut witir pada separuh akhir ramadhan dan qunut nazilah. Doa qunut nazilah dibaca setiap shalat ketika ada umat Islam yang sedang ditimpa musibah, baik berupa peperangan, wabah penyakit atau yang semacamnya. Qunut subuh dan witir dibaca ketika i’tidal raka’at kedua. Kali ini kami akan membagikan ulasan mengenai bacaan dan tata cara doa qunut shalat subuh untuk imam dam makmum untuk anda semua.

Doa Qunut Shalat Subuh Untuk Imam dan Makmum

Bacaan Doa Qunut Shalat Subuh Untuk Imam dan Makmum

Pada ulasan kali ini kami akan memberikan bacaan doa qunut untuk imam, berikut adalah bacaan doa qunut untuk imam :

1. Bacaan Doa Qunut Untuk Imam

اللَّهُمَّ اهْدِنِى فِيمَنْ هَدَيْتَ. وَعَافِنِى فِيمَنْ عَافَيْتَ. وَتَوَلَّنِى فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ. وَبَارِكْ لِى فِيمَا أَعْطَيْتَ

وَقِنِى شَرَّ مَا قَضَيْتَ. إِنَّكَ تَقْضِى وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ. وَإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ. وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ

Artinya:

Ya Allah berilah aku petunjuk sebagaimana orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku perlindungan sebagaimana orang yang Engkau lindungi. Sayangilah aku sebagaimana orang yang telah Engkau sayangi. Berikanlah berkah terhadap apa-apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Jauhkanlah aku dari kejelekan apa yang Engkau telah takdirkan. Sesungguhnya Engkau yang menjatuhkan hukum dan tidak ada orang yang memberikan hukuman kepada-Mu. Sesungguhnya orang yang Engkau bela tidak akan terhina. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Mahasuci Engkau, wahai Rabb kami Yang Mahatinggi”.

2. Bacaan Doa Qunut Untuk Makmum

Jika anda menjadi makmu dan imam membaca doa qunut yang sudah tertera di atas, maka sebaiknya anda mengikuti bacaan doa qunut dari imam. Mendahului bacaan imam merupakan perbuatan yang dilarang oleh agama, oleh karena itu ketika imam membaca doa qunut maka makmu dianjurkan untuk mengaminkan doa qunut tersebut ketika dibacakan dengan suara keras dan membaca doa qunut secara ringkas dan I’tidal disertai dengan doa yang mengandung makna pujian dan istighfas ketika imam mengecilkan suaranya.

Tata Cara Qunut Untuk Imam dan Makmum Shalat Subuh

Ada beberapa pendapat yang berbeda mengenai hal ini, ada ulama yag mengatakan bahwa makmum tidak mengikuti bacaan doa qunut imam, dan ada pula ulama yag mengatakan bahwa makmu mengikuti bacaan doa imam. Namun begitu walaupun berbeda pendapat, tapi kedua cara tersebut tidak akan disalahkan selama masih mengikuti tata cara yang benar. Kali ini kami akan membagikan sikap atau tata cara makmum saat imam membacakan doa qunut. Berikut kami akan membagikannya di bawah ini :

  • Saat imam membacakan doa qunut, dianjurkan mengubah lafal “ihdini” (beriklah aku petunjuk) menjadi “ihdina” (berilah kami petunjuk)
  • Apabila imam mengeraskan suara saat membaca doa qunut, dianjurkan imam untuk mangaminkan doa tersebut disertai dengan mengangkat kedua tangan seperti cara berdoa pada umumnya
  • Saat imam membacakan doa qunut untuk menolak musibah, dianjurkan makmum untuk mengangkat kedua tangan dan punngung tangan menghadap ke atas

Demikian ulasan singkat dari kami mengenai doa qunut shalat subuh untuk imam dam makmum untuk anda semua. Semoga ulasan dari kami ini dapat bermanfaat bagi anda serta membantu anda dalam melakukan doa qunut secara berjamaah.