Doa Selamat dalam Agama Islam Lengkap, Disertai Artinya

Diposting pada

Keselamatan adalah dambaan bagi semua manusia, keselamatan dari musibah, keselamatan dari hal hal yang tidak diharapkan. Artikel ini akan membahas tentang doa selamat agama Islam disertai artinya.

Berdoa adalah salah satu cara kita berkomunikasi dengan tuhan kita. Terutama dalam islam berdoa adalah saran terbaik saat umat hendak memohon atau meminta sesuatu. Doa keselamatan agama islam banyak jenisnya, hal ini disesuaikan dengan keinginan anda selamat dari hal apa.

Doa Selamat dalam Agama Islam Lengkap, Disertai Artinya

Doa Keselamatan Agama Islam

Doa agar selamat dalam agama islam ada bermacam macam. Biasnaya doa doa ini dilantunkan setelah kita menunaikan solat fardu 5 waktu yakni subuh, zuhur, ashar, magrib dan isya. Berikut doa doa yang sering dilantunkan selepas solat fardu:

Alloohumma Innaa Nas-Aluka Salaamatan Fid Diini Wa ‘Aafiyatan Fil Jasadi Wa Ziyaadatan Fil ‘Ilmi Wa Barokatan Fir Rizqi Wa Taubatan Qoblal Mauti Wa Rohmatan ‘Indal Mauti Wa Maghfirotan Ba’dal Mauti

Artinya:

Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.

Rabbanaa Aatinaa Fiddunnyaa Hasanah, Wa Fil Aakhirati Hasanah, Waqinaa ‘Adzaa Ban Naar.

Artinya:

Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.

Alloohumma Hawwin ‘Alainaa Fii Sakaraatil Mauti Wannajaata Minan Naari Wal ‘Afwa ‘Indal Hisaabi

Artinya:

Ya Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa, selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan.

Rabbanaa Laa Tuzigh Quluubanaa Ba’da Idz Hadaitanaa Wahab Lanaa Mil Ladunka Rahma, Innaka Antal Wahhaab

Artinya:

Ya Allah, janganlah Kau goyahkan hati kami setelah Kau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi

Keutamaan Berdoa Pada Allah

Allah SWT berfirman dalam surah Al Mu’minun ayat 60 yang artinya“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (QS. Al Mu’min: 60). berikut keutamaan berdoa pada Allah :

1. Ibadah

Bedoa adalah salah satu bentuk ibadah kita, Rasulullah SAW bersabda, “Doa adalah ibadah”, kemudian beliau membaca ayat, “Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu”. [Ghafir : 60].

2. Menenangkan Hati

Pernahkah anda merasa gelisah akan suatu hal atau sedang banyak pikiran? Maka solatlah dan berdoalah pada Allah, maka setelah anda melakukan hal tersebut anda akan mendapatkan rasa tenang.

3. Senjata Orang-orang Yang Terzolimi

Doa adalah solusi bagi orang orang yang putus harapan, terzolimi, dan orang lemah. Setelah usaha yang sudah dilakukan, berdoalah dan serahkan segalnya pada Allah. Serahkanlah pada Allah atas segala kemungkinan, percayalah Allah pasti akan memberi yang terbaik bagi umatnya.

4. Penolak Bencana

“Tidak ada yang dapat menolak ketentuan Allah Swt. kecuali doa “(HR. Tirmidzi, 2139)

Doa juga merupakan hal baik yang dilakukan karena bisa menolak takdir yang tidak bisa dilakukan dengan cara lain selain berdoa. Maksud dari kata takdir di sini adalah bergantung dari doa seperti berdoa agar tidak terkena musibah dan sebagainya.

Demikian artikel tentang doa keselamatan agama islam yang kami berikan dengan banyak pilihan untuk referensi anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Amin.