Doa Setelah Sholat Taubat Nasuha dalam Islam

Diposting pada

Bagaimana kita melaksanakan taubah nasuha? Apa doa setelah sholat taubat nasuha dalam islam? Mari kita simak artikel berikut ini.

Manusia memang letaknya salah dan membuat kesalahan. Kita tidak bisa memungkiri bahwa banyak diantara kita untuk sebagian bahkan banyak orang pasti pernah melakukan kesalahan. Terlebih jika kita adalah seorang umat beragama yang telah berbuat kesalahan yang merupakan larangan dari Allah SWT. Tak jarang diantaranya pula mendapat hidayah untuk bertaubat meminta ampunan kepada Allah SWT.

Doa Setelah Sholat Taubat Nasuha dalam Islam

Waktu yang Tepat untuk Sholat Taubat Nasuha

Saat hendak melakukan taubat, ada waktu tertentu yang dianggap waktu yang bisa anda gunakan untuk melaksanakan sholat dengan khusyuk dan bersungguh – sungguh meminta ampunan yaitu pada saat terbit fajar dari pukul 06.00 – 07.00 pagi, waktu dzuhur 11.30 – 12.00, dan maghrib 17.30 – 18.00.

Niat Sholat Taubat Nasuha

“ushalli sunnatat taubati rak’ataini lillaahi ta’alaa. allahu akbar.”

Artinya:

“Aku niat shalat sunat taubat dua raka’at karena Allah ta’ alaa. Allahu Akbar.”

Sholat taubat dilakukan sebanyak dua rakaat. Rakaat pertama surat pendek yang dibaca adalah surat Al Kafiruun.

“1. Qul yaa ayyuhaa alkaafiruuna,

2. laa a’budu maa ta’buduuna,

3. walaa antum ‘aabiduuna maa a’budu,

4. walaa anaa ‘aabidun maa ‘abadtum,

5. walaa antum ‘aabiduuna maa a’budu,

6. lakum diinukum waliya diini.”

Artinya:

“1. Katakanlah: Hai orang-orang kafir,

2. Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah,

3. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah,

4. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah,

5. Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah,

6. Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku.”

Dan yang pada rakaat kedua harus diucapkan surat Al – Ikhlas.

“qul huwallāhu aḥad, allāhuṣ-ṣamad, lam yalid wa lam yụlad,

wa lam yakul lahụ kufuwan aḥad”

Artinya:

“Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa, Allah tempat meminta segala sesuatu, (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.”

Doa setelah Sholat Taubat Nasuha

Setelah salam, yang harus dilakukan setelah sholat taubat adalah membaca doa ampunan.

“Astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi.”

Artinya:

Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Memperbanyak istighfar, yang dibaca sebanyak 100 kali dalam hati dengan sungguh-sungguh dan khusyuk. Setelahnya membaca doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW seperti berikut:

“Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. A’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuua laa yaghfirudz dzunuuba illa anta.”

Artinya:

“Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.”

Setelah mengerjakan sholat taubat nasuha dan berdoa akan lengkap apabila memulai untuk berbuat kebaikan kepada sesama manusia atau sesama muslim dimanapun berada. Amalan dengan menjauhi dan tidak mengulangi perbuatan dosa atau maksiat. Serta banyak – banyak bersedekah untuk yatim piatu, atau bersedekah memberikan harta kepada yang tidak berkecukupan.