Doa Shalat Istikharah Untuk Jodoh Sesuai Sunnah

Diposting pada

Doa shalat istikharah untuk jodoh sesuai sunnah dapat anda jadikan solusi saat bingung memilihnya. Bagaimanakah isi doa-doa dalam shalat istikharah tersebut?

Doa shalat istikharah untuk jodoh sesuai sunnah. Menurut iman Islam, semua yang diinginkan akan didapat dengan usaha dan doa. Salah satunya melalui doa shalat istikharah. Melalui doa ini, anda akan meminta, mendapatkan petunjuk dan keberkahan kepada Allah. Masalah apa pun asalkan bukan perkara haram, disyariatkan untuk mengerjakan shalat sunnah ini.

Doa Shalat Istikharah Untuk Jodoh Sesuai Sunnah

Tata Cara Doa Shalat Istikharah untuk Jodoh Sesuai Sunnah

Di bawah ini akan dijelaskan tata cara untuk menjalankan shalat istikharah untuk mendapatkan jodoh. Ikuti sesuai tata cara ini dan dapatkan manfaatnya,

1. Mulai dengan Niat

Langkah awal yang harus dijalankan adalah mengamalkan niat untuk menjalankan istikharah. Niat yang dimaksud adalah sebagai berikut,

“Ushollii sunnatal istikhooroti rok’atani lillaahi ta’aalaa”

Yang memiliki arti, Aku niat shalat sunnah istikharah dua raka’at karena Allah Taa’aalaa.

2. Bacaan Shalat Istikharah

Berikutnya adalah membaca doa yang diinginkan. Tidak ada bacaan surat khusus dalam shalat ini. Jadi, setelah membaca surat Al-Fatihah, anda diperbolehkan untuk membaca surat apapun. Namun disunahkan untuk membaca surat Al-Kafirun setelah membaca Al-Fatihah di rakaat pertama. Dan membaca surat Al-Ikhlas setelah membaca Al-Fatihah di rakaat kedua.

3. Doa Istikharah

Selanjutnya anda dapat membaca atau melafalkan doa istikharah yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Jabir bin Abdullah. Adapun doa yang dimaksud:

“Alloohumma innii astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudrotik, wa as-aluka min fadhlikal adhiim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lami wa laa a’lamu wa anta ‘alaamul ghuyuub. Allohumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro khoirun fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii faqdurhu lii wayassirhu lii tsumma baariklii fiih. Wa in kunta ta’alami anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii fashrifhu ‘anni washrifnii anhu waqdur lil khoiro haitsu kaana tsumma ardlinii”.

Doa ini memiliki arti, Ya Allah sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu. Aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kondrat-Mu. Dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung. Karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa. Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib. Ya Tuhan, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini baik untukku, dalam agamaku, kehidupanku dan akibatnya baik bagiku. Maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku. Kemudian berkahilah aku dalam urusan ini. Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini tidak baik untuk diriku, dalam agamaku, kehidupanku dan akibatnya bagiku. Maka jauhkanlah urusan ini dariku dan jauhkanlah aku dari urusan ini. Dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.

4. Meminta Petunjuk

Jika anda memiliki dua pilihan calon pasangan, sebaiknya mintalah petunjuk selagi berdoa. Saat membaca doa sampaikanlah keinginan tersebut. Hal ini juga berlaku untuk yang sedang kebingungan dalam memilih pekerjaan, jurusan untuk kuliah, ataupun pilihan-pilihan lainnya. Dari doa istikharah sesuai sunnah ini, harapannya didapatkan petunjuk untuk memilih pekerjaan ataupun pasangan terbaik untuk hidup.

Itulah tata cara dalam menjalankan doa istikharah. Dalam menjalankan doa sholat istikharah untuk jodoh sesuai sunnah dapat dilakukan berulang kali. Artinya, tidak ada batasan untuk menjalankan shalat ini. Jika kemantapan hati belum sempurna, tapi Allah telah menakdirkan pilihan setelah shalat, inilah jawaban atau hasil istikharah anda. Jadi, bersabarlah hingga didapatkan jawaban terbaik setelah shalat.