Doa Sholat Hajat Islam Dilengkapi Cara dan Niat

Diposting pada

Pernah melaksanakan sholat hajat? Artikel ini akan membahas doa sholat hajat islam dilengkapi cara dan niat melaksanakanya.

Sholat hajat adalah salah satu bentuk sholat sunah yang ditunaikan bila anda memiliki hajat (keinginan) yang sangat diinginkan dan hendak disampaikan pada Allah. Untuk doa sholat hajat islam dilengkapi cara dan niat akan baik bila sholat hajat diamalkan di waktu yang tepat. Sholat hajat dapat dilakukan kapan saja, namun akan lebih baik jika anda menunaikanya di seperempat malam setelah menunaikan sholat tahajud.

Doa Sholat Hajat Islam Dilengkapi Cara dan Niat

Niat Sholat Hajat

Untuk niat sholat hajat anda bisa melafalkan atau mengucapkanya dalam hati, berikut niat sholat hajat :

Usolli sunnatal hajati rak’ataini lillahi taala

Artinya:

Sahaja aku sholat sunat hajat dua rakaat karena Allah Taala.

Doa Dan Cara Sholat Hajat

Sholat hajat hampir sama seperti sholat – sholat biasanya, sholat hajat memiliki jumlah dua rokaat. Berikut akan dijelaskan cara menunaikan sholat hajat, yaitu:

  1. Bacalah niat seperti niat yang sudah dipaparkan di atas, bil belum hafal anda bisa menghafakanya terlebih dahulu.
  2. Takbir mengucap Allahuakbar bersama dengan mengangkat kedua tangan setinggi telinga atau untuk wanita cukup setinggi dada.
  3. Anda dapat menyesuaikan doa iftitah seperti doa iftitah yang biasa anda gunakan.atau karna banyak jenis doa iftitah anda bisa memilih salah satu dari doa tersebut.
  4. Membaca Al- Fatihah, setelah selesai membaca surah Al Fatihah anda disarankan untuk membaca surah Al Kafirun sebanyak 10 kali. Dan untuk rokaat ke dua anda disunahkan untuk membaca surah Al Ikhlas juga sebanyak 10 kali.
  5. Lalu dilanjutkan dengan ruku dan ‘itidal dan juga sujud. Pada saat sujud anda harus membaca “subhahanallah walhamdulillah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula wa quwwata illaa billahil ‘aliiyil ‘adzim”sebanyak 10 kali. :Allahumma sholli ‘alaa sayyidina muhammad wa ‘alaa ali sayyidina muhammad” sebanyak 10 kali. Dan doa sapu jagad sebanyak 10 kali.
  6. Sholat dilakukan sebanyak dua rokaat dan setelah sujud terahir anda bisa melaksanakan atahiyatul ahir dan dilanjutkan dengan salam ( menoleh ke kanan lalu menoleh ke kiri).

Doa Setelah Sholat Hajat

Pertama membaca surah Al Fartihah terlebih dahulu sebelum memulai doa, surah An Naas dan ayat kursi sebanyak tiga kali. Dan dilanjutkan dengan Shalawat Nariyyah. Lalu barulah anda bisa berdoa sholat hajat.

لاَإِلهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ. سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. أَسْئَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَ عَزَائِمِ مَغْفِرَتِكَ وَ الْغَنِيْمَةِ مِنْ كُلِّ بِـرٍّ وَ السَّلاَمَةِ مِنْ كُلَّ إِثْم لاَ تَدَعْ لَنَا ذَنْبـًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَ لاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَ لاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَـا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbul ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaati rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birrin wassalaamata ming kulli itsmin. Laa tada’ lana dzanban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya:

Tidak ada tuhan melainkan Allah yang maha Penyantun dan pemurah. Maha suci Allah, tuhan pemelihara ‘Arasy yang Maha Agung.

Segala Puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu aku memohon sesuatu yang mewajibkan Rahmat-Mu dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu, dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa.

Janganlah Engkau biarkan dosa dari pada diriku, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan yang paling Pengasih dan Penyayang.

Demikian artikel tentang doa sholat hajat islam dilengkapi cara dan niat  semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.