Doa Untuk Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal Dunia dalam Islam

Diposting pada

Sedang mengingat kembali doa untuk kedua orang tua yang sudah meninggal dunia Islam untuk diajarkan pada siswa-siswi? Berikut ini beberapa doa yang dimaksud.

Doa untuk kedua orang tua yang sudah meninggal dunia Islam. Kewajiban anak saat orang tua sudah tiada tidak berhenti. Karena anak memiliki kewajiban untuk mendoakan orang tua, agar mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan. Doa ini juga dimaksudkan agar Allah mengampuni segala dosa yang telah orang tua perbuat selama di dunia.

Doa Untuk Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal Dunia dalam Islam

Doa Untuk Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal Dunia Islam

Terdapat beberapa doa yang dapat diamalkan untuk mendoakan orang tua yang telah wafat. Doa ini dapat disampaikan dalam keadaan apapun, termasuk saat rindu. Berikut ulasannya,

1. Doa Untuk Orang Tua dan Saudara Seiman

Doa ini merupakan doa yang cukup lengkap untuk mendoakan saudara, orang tua ataupun orang lain. Adapun doa yang dimaksud sebagai berikut,

“Allahummaghfirlii, waliwaalidayya, war hamhumma, kama robbayaanii shagiiroo. Walijami’il muslimina, walmuslimaati, walmu’miniina, wal mu’minaati, al ahyaa’I minhum wal amwati, wataabi’ wabainanaa, wa bainahum bil khoitaati, robboghfir warham wa anta khoirur roohimiina, walaa quwwata, illa biilaahi ‘aliyyil adzim.”

Doa ini memiliki arti:

Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa kedua orang tuaku dan kasihanilah keduanya itu, sebagaimana beliau berdua merawatku ketika masih kecil. Begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang bermina, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup ataupun yang sudah meninggal. Dan ikutkanlah diantara kami dan mereka yang kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihan, karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.

2. Doa untuk Orang tua yang Telah Meninggal

Selain doa yang sebelumnya, anda dapat memanjatkan doa ini untuk orang tua yang telah meninggal. Bacakan doa ini saat usai berdoa, berikut doa yang dimaksud

“Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ mudkhalahu waghsilhu bilmaa’I wats tsalji wal baradi wa naqqihi minal khathaayaa kamaa nawwaitats tsaubal abyadla minad danasi wa abdilhu daaran khairan min daarihi wa ahlan khairan min ahlihi wa zaujan khairan min zaujihi wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min ‘adzaabil qabri au min ‘adzaabin naar”.

Yang berarti:

Ya Allah, ampunilah dosa-dosanya, kasihanilah ia, lindungilah ia dan maafkanlah ia, muliakanlah tempat kembalinya, lapangkan kuburnya, bersihanlah ia dengan air salju dan air yang sejuk. Bersihkanlah ia dari segara kesalahan. Sebagaimana Engkau telah membersihkan pakaian putih dari kotoran dan gantilah rumahnya (di dunia) dengan keluarga yang lebih baik an pasangan di dunia dengan yang lebih baik. Masukkanlah ia ke dalam surga-Mu dan lindungi ia dari siksa kubur atau siksaan api neraka.

3. Doa untuk Orang Tua yang telah Tiada

Surat berikutnya adalah surat dari QS. Nuh: 28. Surat ini berisikan doa untuk memohon ampun atas dosa-dosa yang telah diperbuat orang tua selama hidupnya,

“Robbigh firli wa Liwalidayya”

Artinya:

Tuhanku ampinilah aku, ibu dan bapakku.

Setiap doa yang disampaikan dapat diamalkan kapanpun dibutuhkan. Namun doa tanpa adanya keikhlasan dari hati tidak akan memberikan makna apapun. Selain menjalankan doa untuk kedua orang tua yang sudah meninggal dunia Islam, amalkanlah beberapa amalan lain. Karena amalan anak yang shaleh tidak akan berhenti dan dapat membantu menerangi jalan orang tua menuju surga firdaus, Amin.