Fungsi-Fungsi Input-Output Borland C++ (Bahasa C)

Fungsi-Fungsi Input-Output Borland C++ (Bahasa C)

Diposting pada

Proses I/O sering digunakan pada suatu aplikasi. Proses input akan memberikan sejumlah informasi terhadap aplikasi untuk nantinya diproses/diolah oleh aplikasi tersebut. Sedangkan proses output akan menampilkan hasil proses yang dilakukan oleh suatu aplikasi.

Detail Fungsi-Fungsi Input-Output Borland C++ (Bahasa C)

A. Output

Untuk menampilkan data ke monitor, bahasa C menyediakan berbagai macam fungsi. Diantaranya adalah fungsi printf(), puts(), dan putchar().

1. Fungsi printf()

Fungsi ini digunakan untuk menampilkan data-data terformat ke layar. Penentu format yang bisa digunakan telah dipaparkan pada artikel sebelumnya. Prototypenya:

printf(“string kontrol”, daftar argument);

2. Fungsi puts()

Fungsi ini digunakan untuk meletakkan data-data tidak terhormat. Tipe data yang ditampilkan adalah berupa string. Perbedaannya, fungsi ini akan secara otomatis pindah ke baris berikutnya setelah selesai dipanggil.

Baca Juga : Pengenalan dan Elemen Dasar Pemrograman Bahasa C (Borland C++)

B. Input

1. Fungsi scanf()

2. Fungsi gets()

Fungsi gets() digunakan untuk mengambil data tidak terformat ke variabel penampung. Data yang diambil bertipe string.

Baca Juga : Operator, Variabel, dan Tipe Data Borland C++ (Bahasa C)

3. Fungsi getch(), getche(), dan getchar()

Ketiga fungsi diatas berguna untuk menginput data tidak terformat ke variabel penampung. Data yang akan ditampung bertipe data char (karakter). Dengan melihat contoh dibawah, perhatikan perbedaan antara ketiga fungsi tersebut.

Demikianlah sedikit informasi mengenai fungsi-fungsi input-output di pemrograman Borland C++ (Bahasa C). Semoga apa yang dipaparkan diatas bisa bermanfaat bagi Anda.